Penyebab Kerusakan AC Daikin Inverter Outdoor Mati Hidup

Dari sekian banyaknya produsen AC, Daikin Inverter ternyata banyak dipilih oleh sebagian besar orang. Namun sebagai pengguna, Anda juga harus mengetahui penyebab dari AC Daikin Inverter outdoor mati hidup tersebut. Hal ini sangat penting karena agar masalah tersebut dapat diatasi dengan segera sehingga tidak menimbulkan masalah lebih parah lagi.

AC Daikin Inverter Outdoor Mati Hidup

Mungkin kedengarannya, AC mati dan menyala disebabkan karena masalah indoornya, tetapi ternyata unit outdoor justru berpengaruh terhadap masalah tersebut. Sebenarnya kondisi tersebut bukanlah masalah yang besar, bahkan Anda mungkin dapat melakukan perbaikannya sendiri. Oleh sebab itulah Anda wajib mencaritahu dahulu penyebab dari masalah tersebut.

Baca Dulu : Cara Menyalakan Outdoor AC Inverter Tanpa Indoor

Penyebab AC Daikin Inverter Outdoor Mati Hidup

Penyebab AC Daikin Inverter Outdoor Mati Hidup

Ketika Anda sudah memutuskan memasang AC sebagai pendingin udara di rumah, maka harus mempersiapkan diri terkait dengan berbagai macam masalah yang mungkin dapat terjadi. Seperti sudah diketahui, kerusakan AC Daikin Inverter sendiri memang ada berbagai macam. Baik itu unit outdoor ataupun indoor.

Dari sekian banyaknya permasalahan yang sering terjadi unit outdoor pada Daikin Inverter ini sendiri sering mengalami mati hidup bahkan sampai tidak menyala loh. Oleh sebab itulah wajib rasanya buat mencaritahu penyebab dari AC tersebut mengalami masalah tersebut diantarnya adalah sebagai berikut.

1. Coba Lakukan Pemeriksaan Pada Timer

Tidak banyak pengguna AC tahu bahwa fitur timer didalam perangkat tersebut kadang terpencet secara tidak sengaja sehingga lupa buat mengaktifkannya kembali ataupun lupa buat mematikan timer.

Oleh sebab itulah untuk memastikan apakah fitur timer off, maka silahkan cek pada mesin indoor dimana tidak akan menunjukkan adanya indikator lamp timer berkedip-kedip. Untuk melakukan settingnya itulah, Anda dapat menggunakan remot AC. Apabila AC masih tetap mati hidup mungkin masalahnya tidak dari ini.

Artikel Terkait :

2. Periksa Status Thermistor AC

Bagaimana status thermistor dari AC Daikin Inverter anda tersebut? perangkat ini sendiri mempunyai fungsi cukup penting yakni digunakan buat mengelola suhu secara otomatis didalam mesin AC. Sehingga apabila komponen tersebut mengalami masalah menyebabkan kompresor dapat mati serta hidup sendiri.

Cara terbaik buat mengatasi masalah satu ini adalah saat thermistor terhubung dengan adanya controller maka lakukan pengecekan dengan multimeter menggunakan mode VCD. Kemudian Anda dapat memasang kabel probe pada sambungan dari thermistornya.

3. Kerusakan Pada Bagian PCB Modul

Kerusakan yang terjadi pada bagian PCB Modul inilah dapat menjadi penyebab AC Daikin Inverter tidak mau nyala atau justru mengalami mati hidup. Kerusakan pada komponen inipun ternyata dipicu oleh tegangan listrik seperti konsleting, lonjakan tegangan ataupun sambaran petir.

Cara mengatasi masalah satu ini adalah Anda dapat memasang penggunaan stabilizer buat menjaga adanya kemungkinan naik turun tegangan yang sangat berisiko. Bahkan risikonya juga terdapat pada peralatan elektronik didalamnya nanti.

4. Tekanan pada Refrigerant atau Freon

Apabila Freon AC berkurang ternyata juga dapat menyebabkan mesin outdoor mengalami on off bahkan Anda dapat merasakan adanya proses pendinginan tidak berlangsung dengan cepat. Ada beberapa penyebab kenapa freon tersebut berkurang dengan cepat.

Mulai dari kebocoran halus pada bagian pipa instalasi, nepel kendor karena adanya getaran mesin hingga penyambungan pipa kurang sempurna. Jika outdoor dari Daikin tersebut mati hidup karena masalah ini maka silahkan freon ditambahkan terlebih dahulu. Jangan lupa gunakan alat gauge manifold buat mengetahui tekanan pada freon.

Ketahui :

Brand AC inipun memang paling banyak dipilih oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena berbagai macam kelebihan yang ditawarkan. Jika Anda adalah penggunanya, silahkan cari penyebab mengapa AC Daikin Inverter outdor mati hidup.

Leave a Comment