Apa Saja Bagian Bagian Mesin Jahit Portable? Fungsinya Apa Saja?

Mesin jahit merupakan salah satu jenis peralatan elektronik yang biasa digunakan oleh ibu rumah tangga untuk sekedar mengisi waktu atau hobi. Namun apakah kalian mengetahui apa saja bagian – bagian dari mesin jahit?

Bagian Bagian Mesin Jahit Portable

Bagian-Bagian Mesin Jahit Portable dan Fungsinya

Bagi kalian yang bertanya – tanya apa saja bagian – bagian dari mesin jahit? Di sini lah jawabannya, karena pada bagian ini akan Bagian-bagian mesin jahit dan fungsinya.

Bagian-Bagian Mesin Jahit Portable

1. Body Mesin Jahit

Body mesin jahit atau badan mesin jahit merupakan komponen paling luar dari mesin jahit. Fungsi dari body mesin jahit sebagai tempat komponen – komponen melekat. Ukuran dan bentuk body mesin berbeda – beda tergantung pada merk dan jenis apa yang dipergunakan.

2.  Roda imbang

Roda imbang merupakan salah satu komponen yang memiliki bentuk seperti stir yang letaknya berada di bagian kanan dari mesin jahit baik itu tipe manual atau tipe klasik. Fungsi utama dari roda imbang adalah untuk mengatur segala gerakan gerakan mesin supaya bisa berjalan atau berhenti sesuai dengan kemauan. Komponen satu ini terhubung dengan pedal mesin jahit.

Sistem kerjanya adalah ketika roda berputar, kaki kalian harus menggoyang – goyangkan pedal. Sedangkan pada mesin elektrik, roda imbang sudah tidak dipergunakan lagi, karena kontrolnya berada di pedal jahit.

3. Jarum jahit

Jarum jahit memiliki spesifikasi yang berbeda dengan jarum tangan pada umumnya. Untuk jarum jahit, lubangnya berada di ujung jarum dan kepala jarum. Adapun beberapa jenis jarum jahit di antaranya adalah jarum bordir, jarum obras, jarum jahit kembar, jarum mesin semi otomatis, jarum mesin manual, hingga jarum mesin otomatis.

4. Pedal jahit

Pedal jahit merupakan salah satu komponen mesin jahit yang berfungsi untuk menggerakkan roda imbang. Apabila mesin jahit tidak memiliki komponen satu ini, maka mesin tidak akan berjalan. Cara kerjanya adalah dengan cara mengalirkan energi dari pijakan kaki yang kemudian disalurkan ke roda imbang.

5. Sekoci

Sekoci atau hook rotary merupakan salah satu komponen mesin jahit yang memiliki ukuran yang kecil. Walaupun memiliki ukuran yang kecil, komponen ini memiliki peran yang sangat penting guna menyimpan kumparan benang. Nah, kumparan benang yang sebelumnya sudah di gulung pada bagian spul harus dimasukkan ke dalam sekoci sehingga benang dapat terus menerus ditarik.

6. Dudukan jarum

Dudukan jarum memiliki fungsi untuk tempat memasang jarum dan menggerakkan jarum ke bawah atau pun ke atas jika mesin sedang dijalankan. Ada bagian yang bernama penahan jarum yang berguna untuk menyesuaikan dengan panjang atau pendeknya jarum. Kemudian pada bagian bawah terdapat sepatu mesin jahit yang memiliki fungsi untuk menjepit kain supaya tidak bergeser ke sana kemari.

7. Tuas untuk mengatur setikan

Tuas untuk mengatur setikan ini terletak di badan mesin yang memiliki fungsi untuk mengatur setikan. Semakin kecil angkanya, maka akan semakin rapat setikannya. Sedangkan semakin besar angkanya akan semakin lebar setikannya.

8. Gear atau gigi

Gear atau gigi memiliki fungsi untuk menggerakkan kain menuju arah depan. Letaknya berada di bagian bawah dudukan jarum yang memiliki bentuk seperti gerigi. Namun, hal yang perlu kalian ingat adalah bagian ini seringkali mengalami kendala macet sehingga kain akan menumpuk pada satu bagian kain saja. Oleh karena itu perlu diberikan pelumas.

Bagian-Bagian Mesin Jahit Butterfly

Bagian-Bagian Mesin Jahit Butterfly

Mesin jahit butterfly merupakan jenis mesin manual yang memiliki bagian sebagai berikut:

  1.  Sekrup pengatur tegangan benang.
  2. Pengungkit benang.
  3. Sepatu mesin
  4. Rumah jarum
  5. Tuas penekan sepatu.
  6. Sekrup pengatur tekanan pada bahan jahitan.
  7. Tiang kelos benang.
  8. Tempat akhir benang atas.
  9. Sekoci tempat spul
  10. Gigi mesin.
  11. Penggulung benang untuk spul
  12. Spul.
  13. Sekoci.
  14. Plat tutup rumah sekoci.
  15. Roda pengatur.
  16. Tombol untuk menentukan dan menurunkan gigi mesin.
  17. Alur tali penghubung injakan mesin.
  18. Injakan mesin.
  19. Pengunci roda putar pada waktu menggulung benang untuk spul.
  20. Tali mesin.
  21. Mur pengatur jarak setikan.
  22. Tiang pengatur maju mundur setikan.

Ketahui :

Bagi kalian yang bertanya apakah mesin jahit mini cepat rusak? Jawabannya adalah tergantung penggunaan, kualitas, hingga merek yang kalian gunakan.

Bagian-bagian mesin jahit portable wajib kalian ketahui jika ingin menggunakan mesin jenis ini.

Leave a Comment