Cara Cek Dinamo Pengering Mesin Cuci Dengan Multitester Digital Tanpa Dibongkar

Mesin cuci memang menjadi salah satu kebutuhan orang saat ini, karena bisa mencuci pakaian kotor dengan cepat dan mudah. Namun terkadang mesin cuci itu mengalami kerusakan, salah satu part yang mungkin bisa rusak itu adalah dinamo mesin cuci. Cara cek dinamo pengering mesin cuci dengan multitester pun jadi salah satu hal yang penting untuk diketahui pemilik mesin cuci.

Cara cek dinamo pengering mesin cuci dengan multitester

Dengan melakukan pengecekan tersebut, Anda jadi tahu apakah memang dinamo pengering mesin cuci tidak berputar karena rusak atau masalah yang lainnya. Karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan informasikan bagaimana cara untuk melakukan pengecekan dinamo tersebut.

Baca Dulu : Penyebab Dinamo Pengering Mesin Cuci Cepat Panas

Persiapan Melakukan Pengecekan Dinamo

Dalam melakukan pengecekan dinamo sendiri memang ada banyak sekali caranya, bahkan tanpa multitester pun Anda bisa melakukannya. Namun bila Anda ingin menggunakan multitester, maka ada beberapa langkah persiapan yang harus Anda lakukan dengan benar. Sehingga nantinya pengecekan yang Anda lakukan itu benar-benar akan valid dan bisa menjadi acuan dalam perbaikan mesin cuci.

Berikut ini beberapa persiapan yang harus Anda lakukan.

  1. Persiapan yang paling pertama itu sudah pasti adalah memastikan Anda memiliki alat multitester yang bisa berfungsi dengan baik.
  2. Persiapan yang kedua adalah Anda harus lakukan kalibrasi pada multitester terlebih dahulu dengan menempelkan kedua kabel di multitester tersebut. Pada saat Anda hubungkan keduanya, pastikan ada di nilai 0, bila belum maka Anda harus kalibrasikan. Itu akan menggeser nilai pada saat dua kabel dihubungkan ke titik 0, jadi bisa untuk menerapkan cara cek dinamo mesin cuci dengan multitester digital.

Cara Melakukan Pengecekan Dinamo Pengering Mesin Cuci

Cara Melakukan Pengecekan Dinamo Pengering Mesin Cuci

Untuk melakukan pengecekan dinamo sendiri memang ada langkah yang harus Anda lakukan, dan tidak selamanya perlu Anda bongkar terlebih dahulu. Memang lebih baik bila melakukan pengecekan dinamo itu dengan dibongkar, sehingga akan jauh lebih mudah untuk melakukan pengecekan. Dan berikut ini kami akan jelaskan langkah untuk mengecek dinamo tersebut dengan baik dan benar.

  1. Langkah yang pertama Anda harus cari dulu 3 kabel yang terhubung dengan dinamo mesin cuci tersebut. Karena kabel inilah yang nantinya akan bisa digunakan ke mesin multitester untuk melihat apakah dinamo masih bekerja atau tidak. Apabila Anda memakai cara cek dinamo pengering mesin cuci tanpa di bongkar, maka Anda cari tempat kabel dinamo terhubung.
  2. Langkah yang kedua adalah Anda ambil satu kabel dari dinamo dan tempelkan ke salah satu kabel multitester, bisa warna hitam atau merah.
  3. Langkah yang ketiga adalah Anda hubungkan kabel multitester yang lainnya ke kabel yang lainnya dari kabel dinamo tersebut. Bila semua masih ada hambatan, maka berarti dinamo masih bekerja dengan baik.
  4. Langkah yang keempat adalah Anda tukar kabel multitester yang pertama Anda tempel ke kabel dinamo yang lainnya, kemudian sambungkan lagi kabel multitester yang lainnya ke kedua kabel dinamo yang lainnya.
  5. Lakukan semua itu sampai semua kabel sudah di tes, dan ketika masih ada kenaikan dan tidak mencapai 0, maka berarti sudah aman
  6. Anda lakukan juga pengecekan setiap kabel dengan bodi dinamo, ini untuk mengetahui kemungkinan adanya kebocoran arus listrik. Inilah cara mengecek dinamo dengan multitester.

Apabila Anda melakukan pengecekan tanpa membongkar dinamo, maka Anda harus melihat ke bagian yang menempel ke kabel dinamo. Biasanya ada di bagian kapasitor dan juga ke bagian listrik AC dan ke sistem. Anda tinggal tempelkan saja satu per satu ke bagian tersebut untuk mengecek arusnya masih ada atau tidak dan melihat kondisi dinamo, dan ini juga cara cek dinamo mesin cuci konslet.

Jangan lupa Anda pun perlu mengecek kapasitor dari dinamo, karena siapa tahu hanya kapasitornya saja yang rusak bukan dinamonya. Dan pengecekan kapasitor pun bisa dilakukan dengan multitester ini, dan Anda pun harus tahu langkahnya bagaimana. Berikut ini kami akan jelaskan langkah untuk mengecek kapasitor dari dinamo pengering mesin cuci tersebut.

  1. Langkah pertama tetap pastikan multitester bekerja baik dan sudah dikalibrasi dengan benar
  2. Langkah yang kedua adalah pasangkan kabel probe dari multitester ke kedua terminal kapasitor yang ada
  3. Apabila multitester bergerak ke kanan kemudian kembali ke kiri, maka kapasitor masih bagus. Namun bila hanya bergerak ke kanan dan tidak kembali, maka kemungkinan kapasitornya itu rusak

Artikel Terkait :

Harga Dinamo

Harga Dinamo

Ketahui :

Apabila kerusakan ada pada dinamo, maka tentunya Anda tinggal melakukan penggantian pada dinamo tersebut. Setelah itu Anda pasang dengan benar, maka tentunya mesin cuci akan bisa kembali berjalan seperti biasanya. Dan untuk harga dinamo pengering mesin cuci sendiri memang cukup mahal ya, ada di kisaran 150 ribu sampai dengan 250 ribu.

Leave a Comment