Cara Memasang & Memperbaiki Rumah Sekoci Mesin Jahit Portable Butterfly

Mesin jahit merupakan salah satu mesin yang berukuran kecil, oleh karena itu bukan hal yang mengherankan jika di dalamnya terdapat banyak sekali komponen berukuran kecil. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara memasang sekoci mesin jahit portabel, bagaimana cara memasang sekoci mesin jahit butterfly, cara memasang sekoci mesin jahit typical, dan bagaimana cara memperbaiki rumah sekoci mesin jahit portabel.

Cara Memasang Sekoci Mesin Jahit Portable

Baca Dulu : Bagian-bagian Mesin Jahit Portable

Cara Memasang Sekoci Mesin Jahit Portabel, Butterfly, dan Typical

Cara memasang sekoci mesin jahit portabel, butterfly typical sama saja, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama adalah dengan menyiapkan spul dan sekoci terlebih dahulu. Spool merupakan sebuah tempat gulungan.
  2. Langkah yang kedua adalah dengan membuka bagian penutup dari rumah sekoci yang letaknya berada di bagian bawah jarum. Setelah itu ambil sekoci yang terpasang di bagian dalam dari rumah sekoci.
  3. Langkah ketiga adalah dengan memperhatikan arah benang yang ada di kumparan yang sebelumnya sudah kalian ambil. Arahnya haruslah ke bawah, sedangkan arah benang yang ada pada sekoci sebaliknya.
  4. Langkah keempat adalah dengan menyelipkan bagian bawah penekan benang, kemudian benang tersebut arahkan menuju lubang sekoci.
  5. Langkah kelima yaitu memegang bagian tuas sekoci atau bobbin case finger supaya kumparannya tidak terlepas.
  6. Langkah keenam yaitu membuka okat rumah sekoci dengan tetap memegang ujung tuas ketika memasukkan sekoci dalam mesin jahit. Hal yang harus kalian perhatikan adalah bagian ujung sekoci yang posisinya berada di ujung sekoci menghadap ke atas.
  7. Langkah ketujuh adalah memasangkan sekoci di mesin jahit hingga berbunyi klik yang menandakan bahwa sekoci sudah terpasang dengan baik dan benar.

Cara Memperbaiki Rumah Sekoci Mesin Jahit Portable

Cara Memperbaiki Rumah Sekoci Mesin Jahit Portable

  1. Hal pertama yang harus kalian persiapkan adalah menyiapkan alat serta bahan yang akan dibutuhkan seperti obeng kembang, obeng pipih, pinset, gunting kecil, kuas kecil, oli sebagai pelumas, dan air.
  2. Kemudian bukalah penutup luar menggunakan obeng kembang dan obeng pipih sesuaikan dengan tipe baut yang akan kalian gunakan. Jangan lupa untuk membukanya dengan hati – hati ya!
  3. Sebelum membuka body jahit, bukalah penutup gigi atau penutup gear yang letaknya berada di bagian bawah dari lubang jarum dengan cara membuka baut yang ada terlebih dahulu menggunakan obeng pipih. Jika sudah maka lepaskan sekoci dan bobinnya.
  4. Apabila bobin dan sekoci sudah terbuka, maka cabutlah bagian body jahit yang letaknya ada di bagian tengah mesin. Caranya adalah dengan membuka menuju bagian depan sampai bagian bawah tempat jahit. Nah, di sini adalah part yang paling penting karena kalian harus mengeceknya apakah ada potongan jarum yang patah atau tidak. Selain itu perhatikan juga apakah ada lilitan benang yang melingkar pada area hook rotary tersebut. Jika ada semuanya maka segera lepas dan segera ambil.
  5. Langkah selanjutnya adalah membuka bagian tuas pengunci yang letaknya berada di bagian atas rumah sekolah yang terhubung dengan badan mesin jahit setelah itu buka maka hook akan berputar. Nah, bagian ini bisa kalian bersihkan dengan menggunakan kuas kecil. Akan tetapi, jika kotoran yang ada pada bagian ini ada banyak maka kalian bisa menggunakan kain yang diberikan sedikit air.
  6. Langkah terakhir adalah dengan membersihkan rumah sekoci dari debu dengan cara melepaskan rumah sekoci terlebih dahulu.

Ketahui :

Cara Memasang Sekoci Mesin Jahit Portable, Butterfly, dan Typical sudah dijelaskan secara lengkap. Selamat membaca!

Leave a Comment