Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas

Pernahkah Anda mengalami kulkas yang tidak dingin dan kompresor tersebut panas? Atau kompresor kulkas hidup tetapi tidak dingin?

Cara Memperbaiki Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas

Hal tersebut tentu saja akan membuat khawatir jika ingin menyimpan makanan dan minuman. Oleh karena itu, pada artikel ini akan membahas mengenai cara mengatasi masalah kompresor kulkas agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan dapat mendinginkan kulkas kembali. Yuk simak artikel ini hingga selesai!

Artikel Terkait : Penyebab Kompresor Kulkas Overload

Ciri-ciri showcase tidak dingin kompresor panas

Masalah pada kulkas Anda perlu diketahui sejak dini untuk meminimalisir adanya kerusakan lebih parah. Pada umumnya, gejala awal jika mengalami kerusakan yaitu dilihat pada kipas di depan kompresor, lampu showcase, dan kipas di dalam showcase tetap menyala, tetapi di ruangan showcasenya tidak dingin.

Hal tersebut perlu diwaspadai karena kemungkinan terdapat beberapa komponen yang rusak.

Cara mengatasi kompresor kulkas panas

Cara mengatasi kompresor kulkas panas

Apakah Anda pernah mengalami kulkas pada bagian freezer tidak dingin padahal kulkas tersebut masih hidup?

Salah satu masalah yang menyebabkan hal tersebut yaitu pada kompresor kulkas yang panas. Oleh karena itu perlu diperbaiki pada beberapa komponen kulkas. Salah satu komponen yang perlu diganti yaitu PTC atau Positive Temperature Coefficient dimana alat yang berfungsi sebagai relay yang bekerja berdasarkan temperatur.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini merupakan cara untuk mengatasi kompresor kulkas panas menjadi kembali dingin dengan mengganti PTC. Yuk simak berikut ini!

1. Mengambil PTC terlebih dahulu

Letak PTC sendiri yaitu di bawah overload kulkas. Mengambil PTC dengan mencongkel dan menggunakan obeng.

2. Memasang PTC terbaru

Untuk menggantikan PTC terbaru perlu diperhatikan bahwa posisi kaki harus sama karena akan dipasang pada bagian yang sama dengan PTC sebelumnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui posisi kaki dari PTC dan membawa contoh PTC lama untuk membeli yang baru.

Sebelum dipasang, sebaiknya PTC diperiksa dahulu ke Amperemeter apakah jika dimasukkan ke kedua lubang PTC akan tersambung atau tidak.

3. Dicek dengan menggunakan tang ampere

Jika pada kondisi kulkas sebelumnya saat dipasangkan tang ampere langsung menunjukkan ampere sebesar 2 Ampere, maka jika sudah dipasang PTC dan diperiksa dengan tang ampere akan menunjukkan meningkatnya nilai ampere hingga 4 Ampere dan akan langsung turun menjadi kurang dari 2 Ampere.

4. Kompresor akan bergetar

Dengan ciri kompresor bergetar tersebut maka, akan menandakan bahwa kompresor tidak rusak lagi dan akan panas dimana menandakan kompresor tersebut hidup serta dapat mendinginkan kembali kulkas.

Perlu diketahui bahwa PTC tersebut merupakan salah satu komponen yang dapat rusak. Jika PTC tersebut mengeluarkan bunyi saat digoncangkan masa mungkin saja PTC tersebut patah. Nah, dengan begitu tadi cara untuk mengatasi kompresor kulkas yang panas. Semoga dengan cara tersebut dapat teratasi kulkas yang sebelumnya tidak dingin karena kompresor panas.

Baca Juga :

Cara mengatasi kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin

Cara mengatasi kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin

Lalu bagaimana jika kompresor kulkas hidup, tetapi tidak dingin?

Penyebabnya yaitu bocornya pada kondensor yang terbuat dari besi dimana melewati di bawah pintu kulkas karena pada area tersebut merupakan tempat yang lembab.

Berikut merupakan solusinya. Yuk simak di bawah ini!

1. Mengganti kondensor yang diletakkan pada bagian luar

Penggantian kondensor luar perlu dilakukan sehingga kondensor body tidak digunakan. Pasang kondensor pada bagian belakang kulkas terutama di atas kompresor dan rangkaikan kondensor tersebut.

2. Melakukan pemvakuman

Setelah merangkaikan kondensor tersebut maka dilakukan pemvakuman dengan kompresor dari luar. Hal ini ditujukan untuk menghilangkan udara yang terdapat dalam kulkas.

3. Melakukan pengisian gas freon

Salah satu penyebab kompresor hidup tetap tidak dingin juga disebabkan oleh menipisnya gas freon pada kulkas. Oleh karena itu, perlu adanya pengisian gas freon. Isi freon pada kulkas sedikit demi sedikit untuk adanya sirkulasi. Jika sudah stabil, maka dapat dihentikan pengisian freon.

4. Nyalakan kembali kulkas

Setelah itu coba menyalakan kulkas yang sudah diperbaiki. Hal ini untuk memeriksa apakah kulkas sudah dapat dingin kembali atau tidak.

Anda perlu mewaspadai jika terdapat bagian di kulkas yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena bisa mengindikasikan adanya kerusakan. Namun, tidak perlu khawatir karena pada artikel di atas telah membahas mengenai cara untuk memperbaiki kulkas yang tidak dingin dan disertai dengan kompresor panas. Semoga dengan cara tersebut dapat berlaku juga pada kulkas Anda.

Ketahui :

Dengan demikian artikel kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Leave a Comment