Cara Memperbaiki Tombol Serta Putaran Mesin Cuci Sharp yang Dol

Mesin cuci merupakan jenis peralatan elektronik yang fungsi dasarnya mempermudah pekerjaan manusia, dalam hal mencuci. Mesin cuci memiliki banyak komponen, salah satunya adalah putaran mesin. Lalu bagaimana cara memperbaiki putaran mesin cuci yang dol?

Cara Memperbaiki Putaran Mesin Cuci yang Dol

Biasanya, terdapat beberapa putaran mesin cuci yang memiliki fungsi berbeda – beda. Ada fitur putaran untuk timer wash atau waktu pencucian, ada putaran untuk pengering, ada juga kombinasi untuk kedua fitur dalam satu putaran, dan fungsi lainnya.

Baca Dulu : Dinamo Mesin Cuci Lemah

Bagaimana Cara Memperbaiki Putaran Mesin Cuci yang Dol?

Putaran mesin cuci memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk mengatur bagaimana proses pencucian. Putaran mesin cuci yang dol artinya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, berikut cara perbaikannya.

1. Hubungi Service Centre

Cara ini bisa kamu lakukan jika mesin cuci kamu masih bergaransi. Jika terjadi kerusakan, maka segera hubungi service centre dari merek mesin cuci yang kamu beli, misalkan merek Sharp. Karena bisa saja kerusakan terjadi karena kesalahan pada proses produksi.

Petugas servis resmi dari Sharp akan membantu memperbaiki putaran mesin cuci kamu yang dol. Penggantian sparepart untuk putaran mesin bisa saja dikenakan biaya. Karena biasanya, garansi penuh diberikan untuk mesin atau motor mesin cucinya saja.

2. Coba Perbaiki Sendiri

Jika kamu ingin mencoba memperbaiki putaran mesin kamu sendiri, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Misalkan saja cara memperbaiki tombol mesin cuci Sharp yang dol pada bagian timer wash.

Untuk memperbaiki timer wash memang tidak mudah, maka jika timer wash rusak, lebih baik diganti dengan yang baru. Proses penggantian timer wash juga terbilang tidak terlalu sulit jika dibandingkan dengan memperbaiki kerusakannya.

Begini cara mengganti timer wash mesin cuci yang rusak :

  • Lepas bagian timer pada mesin cuci, gunakan obeng, dan lakukan dengan hati-hati.
  • Saat akan membongkar kabel, foto terlebih dahulu untuk mengetahui posisi kabel, sehingga tidak keliru saat menyambungkan atau memasangkan ulang, karena biasanya ada 3-6 kabel.
  • Bawa timer rusak tersebut ke toko elektronik, agar bisa mendapatkan merek timer yang sama, seperti yang digunakan di mesin cuci sebelumnya.
  • Kemudian pasangkan timer yang baru dengan posisi yang benar. Jangan lupa sambungkan kabel sesuai dengan urutan sebelumnya.
  • Setelah itu cobalah apakah timer wash yang baru kamu pasang berfungsi atau tidak.

Artikel Terkait :

Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Bunyi Berisik

Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Bunyi Berisik

Kita sering menemui mesin cuci yang bunyinya kencang atau sangat berisik. Bahkan ada mesin cuci yang berpindah tempat saat proses penggilingan atau pengeringan baju. Hal tersebut tentu menyebabkan ketidaknyamanan, oleh karena itu perlu diperbaiki.

Mesin cuci yang menghasilkan suara berisik dan bergeser atau bergetar secara berlebihan biasanya disebabkan karena posisi mesin cuci yang tidak seimbang. Solusinya adalah dengan menempatkan mesin cuci di permukaan yang rata.

Untuk mendapatkan posisi sejajar, kamu bisa menggunakan tatakan atau level dari kayu. Selain itu cek juga bagian transit apakah terpasang dengan benar. Pastikan juga posisi pakaian di dalam tabung mesin cuci seimbang, terutama saat proses pengeringan.

Ketahui :

Itulah beberapa informasi mengenai cara memperbaiki putaran mesin cuci yang dol, yang bisa kamu praktikkan sendiri. Namun jika kerusakan sudah parah, dan setelah diperbaiki sendiri tidak berhasil. Akan lebih baik jika kamu menggunakan jasa tukang service mesin cuci profesional.

Leave a Comment