Cara Memperbaiki TV Sharp Tidak Bisa Menyimpan Channel & Menangkap Siaran

Cara memperbaiki TV tidak bisa menyimpan channel itu memang bukan hal mudah, akan tetapi sebenarnya bukan tidak mungkin dilakukan. Kerusakan pada TV itu memang ada banyak jenisnya, salah satunya adalah TV LG tidak bisa menyimpan program yang sudah ditemukan. Gangguan TV seperti ini memang merupakan gangguan yang menjengkelkan, jadi cara memperbaiki TV Sharp tidak bisa menyimpan channel harus diketahui.

 Cara Memperbaiki TV Tidak Bisa Menyimpan Channel

Jadi kasusnya adalah kemungkinan channel pada TV semua hilang, dan akhirnya orang akan melakukan pencarian otomatis lagi. Pada saat pencarian muncul beberapa saluran TV, akan tetapi setelah selesai tidak ada yang bisa dipilih karena memang tidak tersimpan. Berikut kami akan jelaskan apa yang menjadi penyebab tv tidak bisa menangkap siaran dan cara mengatasinya.

Baca Dulu : Cara Mencari Chanel TV Sharp Dengan Remote

Penyebab TV Tidak Bisa Menangkap Siaran

Penyebab dari TV mungkin tidak bisa menangkap siaran atau juga tidak bisa menyimpan channel itu harus diketahui terlebih dahulu. Kalian tidak akan mungkin bisa mengatasinya kalau kalian tidak tahu penyebabnya.

Penyebab yang sebenarnya paling mungkin membuat tv tidak bisa menyimpan siaran itu adalah kerusakan pada memori EEPROM. EEPROM ini adalah sebuah IC yang akan menyimpan berbagai data dari televisi termasuk Firmware, setting, sampai channel TV.

EEPROM ini adalah bagian yang sangat penting dalam televisi, karena berhubungan dengan semua fungsi dari televisi tersebut. Bila EEPROM ini mengalami kerusakan atau ada sedikit data yang eror saja akan bisa beberapa fungsi televisi akan terganggu. Berikut ini beberapa ciri dari kerusakan EEPROM yang ada pada sebuah televisi yang sering terjadi pada TV keluaran baru.

  1. TV tidak mau menyala
  2. Suara dari TV hilang atau tidak ada suaranya
  3. Warna dari gambar di TV itu mengalami perubahan
  4. Televisi tidak bisa menyimpan channel atau siaran televisi yang sudah ditemukan

Jadi penyebab tv tidak bisa menyimpan channel itu ada 2, berikut ini penyebabnya.

  1. EEPROM mengalami kerusakan
  2. Firmware EEPROM mengalami kerusakan

Artikel Terkait :

Cara Memperbaiki TV Tidak Bisa Menyimpan Channel

Cara Memperbaiki TV Tidak Bisa Menyimpan Channel

Untuk memperbaiki TV yang tidak bisa menyimpan channel itu memang tergantung dari kerusakan atau eror yang terjadi pada TV.

Cara Memperbaiki TV Sharp Tidak Bisa Menyimpan Channel

Berikut ini beberapa pilihan cara yang bisa kalian pakai untuk memperbaiki permasalahan tersebut di TV Sharp maupun TV yang lain.

1. Menginstal Ulang Firmware

Cara yang pertama adalah kalian bisa menginstal ulang Firmware, secara konsep sebenarnya sama seperti install ulang komputer. Tapi di EEPROM itu sedikit berbeda karena kalian akan membutuhkan alat khusus dengan nama USB Programmer. Alat ini yang kemudian akan bisa menyuntikkan program Firmware baru yang sehat ke IC EEPROM.

Kalian harus mempersiapkan software terlebih dahulu yang akan dimasukkan ke dalam EEPROM dari tv tersebut. Firmware yang harus dipakai itu harus yang memang sesuai dengan tipe tv, tipe EEPROM, dan harus benar-benar sama dan sesuai. Kalau ada perbedaan sedikit saja akan membuat tv pun tidak akan bisa beroperasi lagi.

Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk bisa install ulang Firmware.

2. Jepitkan USB Programmer ke EEPROM dan kemudian detect

3. Buka file Firmware yang sesuai dan klik auto dan proses upload akan langsung berjalan

4. Jika sudah 100% maka TV sudah siap untuk dicari ulang

5. Mengganti EEPROM

Baca Juga :

Cara yang terakhir adalah kalian mengganti EEPROM kalau memang terjadi kerusakan pada IC EEPROM.

Demikianlah beberapa informasi penyebab dan cara mengatasinya.

Categories TV