Cara Menangkap Siaran TV Luar Negeri Gratis Dengan Parabola Biasa

Menonton televisi sudah banyak dilakukan sebagai hiburan sekaligus untuk mengisi waktu luang. Hanya saja, kamu mungkin bosan dengan siaran tv yang itu-itu saja sehingga kemudian mencoba untuk menonton siaran TV dari luar negeri. Lantas, bagaimana cara menangkap siaran tv luar negeri gratis yang mudah?

Acara TV Luar Negeri yang Menarik

Kalau bosan dengan acara-acara tv dalam negeri, kamu juga bisa kok menggunakan sejumlah teknologi sederhana untuk menonton puluhan bahkan ratusan channel siaran tv dari seluruh dunia, apalagi ada banyak acara tv yang menarik dari luar negeri.

cara menangkap siaran tv luar negeri gratis

Sebut saja Cartoon Network, National Geographic, hingga sejumlah reality show dan berita dari berbagai negara. Acara-acara tv yang tentunya berbeda dengan yang ada di Indonesia tentu mempunyai data tarik tersendiri jika bisa dinikmati secara langsung.

Atau jika kamu ingin langsung menonton serial drama Korea atau anime favorit tanpa perlu menunggu waktu tayang yang berbeda, bisa saja. Yang penting, pastikan kamu sudah mempunyai akses siaran tv dari luar negeri terlebih dahulu.

Mudahnya Cara Mencari Siaran Luar Negeri dengan Parabola Biasa

Untuk bisa mendapatkan siaran tv dari luar negeri, biasanya kamu membutuhkan sejumlah perangkat, salah satunya parabola. Parabola inilah yang akan membantu sistem televisi untuk dapat menangkap frekuensi dan sinyal dari suatu pemancar untuk nantinya didistribusikan ke pesawat televisi sehingga akan menampilkan suara dan gambar dari berbagai channel.

cara menangkap siaran tv luar negeri gratis

Pemasangan parabola biasanya sudah jadi satu paket dengan langganan tv satelit. Jadi jika kamu berlangganan pada layanan televisi satelit, maka kamu akan mendapatkan layanan parabola sekaligus. Meskipun ini bukan termasuk cara menangkap siaran tv luar negeri gratis, namun kamu bisa menikmati siaran dari luar negeri yang lebih jernih dan channel yang beragam.

Berapa Frekuensi TV Luar Negeri di Telkom 4

Teknologi untuk menangkap siaran tv dari luar negeri sebenarnya sudah dimiliki oleh Indonesia, yakni terlihat dari Satelit Telkom-4 atau Satelit Merah Putih. Satelit yang diluncurkan pada Agustus 2018 ini memang digunakan untuk melayani siaran tv dengan kualitas tinggi, komunikasi GSM, serta layanan internet.

Satelit Telkom-4 sejatinya merupakan satelit dengan frekuensi transponder aktif yang cukup banyak. Tidak mengherankan kalau ada puluhan channel tv yang tersedia, baik siaran lokal hingga nasional. Meski demikian, bukan berarti satelit ini tidak menyediakan siaran tv luar negeri, sebab satelit ini ditempati oleh sejumlah provider layanan tv berbayar yang menyediakan sejumlah channel luar negeri.

frekuensi tv luar negeri di telkom 4
Frekuensi TV luar negeri di Telkom 4

Di beberapa frekuensi transponder Telkom-4, telah tersedia sejumlah channel TV dari luar negeri, terutama dari negara-negara Asia. Berikut beberapa frekuensi yang dapat menangkap siaran tv mancanegara tersebut.

  • Frekuensi 3980 V: Asia Travel, CTV (Taiwan), CCTV 4 Asia, CNA
  • Frekuensi 4145 H: GMN, Nacional FM (Timor Leste)
  • Frekuensi 4080 H 32677: MTA 3 Al Arabiya (Timur Tengah)

Gratisnya Menangkap Siaran TV Luar Negeri

Setelah membahas cara menangkap siaran tv dari luar negeri yang berbayar menggunakan antena parabola, kini ada baiknya kalau kamu juga tahu bagaimana mengakses siaran luar negeri tanpa biaya yang mahal. Berikut beberapa cara yang bisa digunakan.

1.      Menggunakan set top box

Cara pertama yang bisa kamu jalankan adalah dengan menggunakan set top box DVB-T2. Merupakan alat semacam tunner untuk menghubungkan dan membantu antena UHF/CHF agar dapat mengonversi sinyal tv digital ke tv biasa.

Kalau kamu masih mempunyai tv analog, kamu bisa menggunakan set top box ini untuk menangkap siaran tv dari luar negeri. Akan tetapi, kalau kamu sudah mempunyai tv digital dengan tunner DVB-T2, kamu hanya memerlukan antena untuk menangkap sinyal.

2.      Antena dan TV

Seperti yang sudah disampaikan di atas, antena dan tv yang mendukung tentu bisa membuatmu bisa menonton siaran tv dari luar negeri tanpa perlu berlangganan. Kalau kamu ingin beralih menggunakan tv digital terbaru, pastikan tunner yang dipakai sudah DVB-T2 supaya sinyal dapat dijangkau dengan baik.

Baca Dulu: Cara Menyalakan TV Samsung Tanpa Remote

Demikian beberapa cara menangkap siaran tv luar negeri gratis yang mudah. Bagaimana, tertarik mencoba?

Categories TV

Leave a Comment