Cara Menghidupkan & Mengatur Suhu AC Sharp Tanpa Remot

Perangkat elektronik AC saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan penting yang ada dalam sebuah tempat tinggal. Apalagi setelah beberapa waktu belakangan ini, suhu udara panas melanda hampir sebagian besar wilayah di Indonesia. Salah satu kendala yang dialami oleh para pengguna AC adalah ketika tidak bisa menyalakan AC karena remot yang hilang atau terselip di suatu tempat, sehingga sangat dibutuhkan untuk cara menghidupkan AC Sharp tanpa remot dengan mudah dan efektif untuk dilakukan.

Cara menghidupkan AC Sharp tanpa remot

Baca Juga : Cara Setting Remote AC Panasonic

Cara Menghidupkan AC Sharp Tanpa Menggunakan Remote dengan Mudah dan Efektif

Perlu Anda ketahui bahwa AC yang tidak dapat dinyalakan adalah karena terjadinya beberapa faktor internal maupun eksternal. Faktor yang pertama adalah karena tidak adanya respon atau sambungan yang terjadi antara sensor remote dengan sensor yang terdapat pada PCB modul AC. Faktor yang kedua adalah karena remote AC yang biasa digunakan hilang rusak atau lupa meletakkan di mana sehingga otomatis tidak bisa menggunakan remote AC untuk menyalakan AC sesuai kebutuhan.

Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Menghidupkan AC secara manual

Menghidupkan AC secara manual

Untuk menghidupkan AC secara manual Anda bisa menggunakan tombol yang ada di panel AC indoor. Meski untuk memanfaatkan tombol tersebut Anda hanya akan bisa menjalankan fungsi secara terbatas seperti untuk menyalakan atau mematikan AC yang ada di ruangan Anda tersebut. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyalakan AC dengan menggunakan tombol manual;

  1. Gunakan tangga untuk mencapai perangkat AC indoor yang terpasang di tembok ruangan
  2. Buka panel AC indoor Anda untuk mendapatkan akses ke tombol manual yang ada salah satu bagian tersebut. Umumnya produsen AC yang pintar akan menyembunyikan letak tombol manual AC Sharp dengan tujuan menjaga segi estetika yang dimiliki AC.
  3. Tekan atau pencet tombol manual AC Sharp tersebut untuk menyalakan AC secara manual dan kemudian AC akan menyala untuk mendinginkan ruangan tersebut.
  4. Cara menyalakan AC dengan bantuan perangkat ponsel Android

Baca Juga :

2. Dengan Ponsel Android

Cara menyalakan AC dengan bantuan perangkat ponsel Android

Kemudian untuk cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan layanan aplikasi yang ada di dalam perangkat ponsel Android Anda.

Diketahui ponsel Android memiliki 1 keunggulan yaitu untuk dimanfaatkan sebagai pengganti remote baik itu remote televisi maupun AC yang ada di rumah Anda. Untuk bisa menggunakannya tentu saja Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi yang dibutuhkan terkait dengan fitur untuk cara mengatur suhu AC Sharp tanpa remote bawaan dari AC itu sendiri.

Untuk bisa menggunakan ponsel Android sebagai remote AC di rumah Anda terlebih dahulu pastikan ponsel Android tersebut memiliki dukungan sensor inframerah di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan ponsel Android sebagai remote AC sesuai kebutuhan Anda.

  1. Buka ponsel Android Anda kemudian akses layanan aplikasi Play Store
  2. Unduh dan install aplikasi remote universal untuk perangkat AC di ponsel Anda
  3. Setelah aplikasi terinstal dengan benar, buka aplikasi untuk melakukan pairing atau pengaturan terkait seri atau tipe AC yang Anda miliki. Anda akan mendapatkan beberapa jenis pengaturan di mana masing-masing harus dicoba secara manual untuk mendapatkan pengaturan yang sesuai dengan tipe AC yang Anda miliki.

Perangkat AC akan memberikan respon berupa mengeluarkan bunyi atau menyala sesuai keinginan Anda jika pengaturan yang Anda lakukan berhasil dan sukses. Kini ponsel Android Anda sudah bisa berfungsi sebagai remote universal AC di rumah Anda. Jika Anda ingin cara menyalakan AC tanpa remote yang diganti dengan aplikasi remote Android di rumah Anda, maka sebelumnya perhatikan hal penting berikut ini:

  • Pastikan ponsel Android yang Anda gunakan sebagai remote AC memiliki dukungan sensor inframerah untuk memudahkan kinerja remote AC. Jika Anda menemukan fakta bahwa ponsel Android Anda tidak mendukung sensor inframerah maka solusinya adalah dengan menggunakan sensor inframerah eksternal. Yang mana saat ini produk tersebut sudah dijual bebas di berbagai toko elektronik sekitar Anda.
  • Cara menyalakan AC dengan android akan memberikan keuntungan di mana Anda tak akan kebingungan lagi ketika terlupa meletakkan remote AC yang asli. Selain itu menggunakan ponsel Android sebagai remote AC juga akan memudahkan Anda untuk melakukan pengaturan suhu pada perangkat AC tanpa harus mengambil remote AC di tempatnya atau menggunakan senter dan lainnya agar supaya bisa melakukan pengaturan dengan baik dan benar.
  • Kemudian Anda juga harus memastikan untuk menggunakan aplikasi remote AC yang sekiranya akan cocok dengan perangkat AC yang Anda gunakan. Setidaknya ada banyak kasus dimana beberapa aplikasi tak bisa digunakan untuk menjadi remote AC untuk tipe atau merek tertentu.

Bahwa perangkat AC yang tidak bisa di lakukan pengaturan dengan remote bisa dikarenakan faktor servis atau pencucian filter yang dilakukan pada AC sebelumnya. Penyebabnya secara umum adalah ketika mata sensor AC terkena cipratan air pada saat dilakukan pencucian filter AC.

Ketahui :

Maka solusi yang harus dilakukan adalah untuk mengatasi sensor AC yang terkena cipratan air sehingga sulit untuk diatur dengan menggunakan alternatif pengganti remote. Sekian ulasan tentang cara menyalakan AC tanpa menggunakan remote yang semoga bisa menambah wawasan Anda.

Leave a Comment