Cara Menyambung Kabel Dinamo Kipas Angin yang Putus

Kipas angin menjadi salah satu alat elektronik yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia. Terutama pada kota-kota tertentu yang memiliki cuaca lebih panas. Namun, terkadang kipas angin mengalami kendala pada kabel dinamonya. Berikut merupakan cara menyambung kabel dinamo kipas angin yang putus dengan mudah.

Cara Menyambung Kabel Dinamo Kipas Angin yang Putus

1.     Membongkar Kipas Angin

Cara pertama yaitu dengan membongkar alat kipas angin. Untuk mengetahui letak masalah pada kipas anging, tentu Anda harus membongkarnya terlebih dahulu bukan? Hal ini dilakukan supaya proses pemeriksaan dan perbaikan lebih mudah, sekaligus kipas angin bisa dibersihkan sambil proses perbaikan.

Cara menyambung kabel dinamo kipas angin

Anda harus berhati-hati saat membongkar seperangkat kipas angin. Karena khawatir jika tidak berhati-hati justru akan merusak komponen pendukung kipas angin seperti contohnya baling-balingnya.

Bongkarlah semua kover atau pelindung kipas angin dan baling-balingnya juga, sehingga nantinya akan tersisa pada tempat dinamonya. Sambil memeriksa pada bagian dinamo, Anda bisa meminta tolong seseorang untuk sekalian membersihkan baling-baling dan kover kipas angin.

Baca Dulu : Diagram Kipas Angin

1. Periksa Dinamo

Selanjutnya adalah memeriksa dinamo kipas angin. Bukalah tempat dimana kabel dinamo terpasang, kemudian cari letak kabel dinamo yang mengalami masalah. Jika terdapat kerusakan seperti kabel yang putus, maka Anda harus mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Tentukan warna kabel dinamo yang tepat, jangan sampai salah menentukan warna kabel. Karena jika salah, maka kipas tetap tidak akan berfungsi normal.
  • Tentukan arah dan fungsi kabel. Ketahui kabel dinamo untuk merek kipas Anda berwarna apa. Dengan begitu, cara menyambung kabel dinamo kipas angin yang putus pun akan lebih mudah dilakukan.
  • Silangkan dua kabel dinamo yang putus. Hati-hati saat melakukan proses ini, sebab masih ada kemungkinan aliran listrik di dalamnya. Jadi, mintalah bantuan orang yang lebih memahami dalam hal ini.

2. Memasang Kembali Semua Komponen

Memasang Kembali Semua Komponen Kipas Angin

Jika proses penyambungan kabel sudah selesai, maka Anda harus merapikannya kembali seperti semula. Tutup bagian dinamo dan mulai pasang baling-baling kipas dan kovernya kembali. Pastikan semuanya sudah tersambung sempurna sehingga saat dinyalakan tidak longgar.

3. Mengecek Kipas Angin

Saat sudah selesai memperbaiki kabel dinamo dan merapikannya kembali, maka periksalah kondisi kipas angin Anda dengan cara menyalakannya. Silakan colokkan kabel ke stop kontak dan tekan tombol powernya agar kipas bisa menyala. Jika kipas menyala normal, maka cara menyambung kabel dinamo kipas angin yang telah dilakukan benar.

Pada umumnya, semua merek kipas angin memiliki model dan desain yang hampir sama. Begitu pula pada merek Cosmos contohnya, cara menyambung kabel dinamo kipas angin Cosmos pun sama seperti diatas karena kipas angin memiliki sistem kelistrikan yang sama.

Baca Juga :

Cara Menentukan Kabel Kapasitor Kipas Angin

Cara Menentukan Kabel Kapasitor Kipas Angin

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui bagaimana cara menyambung kabel dinamo kipas angin, maka selanjutnya adalah cara menentukan kabel kapasitor kipas angin.

Kipas angin memiliki beberapa jenis warna kabel yang sesuai dengan fungsinya masing-masing pada setiap warna. Pada merek Cosmos khususnya, memiliki kabel kapasitor yang berwarna kuning (untuk kipas angin 5 kabel).

Kapasitor memiliki fungsi yang berbeda dari kabel antara saklar dengan motor listrik, sehingga dalam penerapannya Anda bisa langsung mengetahui mana yang merupakan kapasitor.

Tetapi, perlu diketahui bahwa tidak semua jenis kipas angin mempunyai ukuran 1,5 mirko farad, namun ada juga yang memiliki 1,2 hingga 2 atau 1 mikro farad. Hal tersebut tergantung pada ukuran dan juga merek dari kipas angin tersebut.

Saat melakukan pemeriksaan atau perbaikan pada kipas angin, sebaiknya Anda pelru berhati-hati sebab masih terdapat aliran listrik di dalamnya yang mungkin bisa menyengat Anda jika tidak berhati-hati.

Nah, selain itu juga, jika Anda tidak memahami masalah kipas angin atau bahkan memperbaikinya. Anda bisa langsung membawanya ke tukang servis atau teknisi untuk dapat diperbaiki disana, dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi jika harus memeriksa dan memperbaikinya sendiri.

Ketahui :

Dari uraian di atas, Anda sudah mengetahui sedikit tentang bagaimana cara menyambung kabel dinamo kipas angin yang putus. Langkah-langkahnya memang terbilang cukup mudah, namun tentu harus ditangani dengan hati-hati dan teliti.

Leave a Comment