Cara Menyambung Kabel Serta Pasang Dinamo Kipas Angin 4 & 5 Kabel

Penggunaan kipas angin memang memberi manfaat dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk membuat angin terasa lebih adem. Namun seringkali kipas angin mengalami masalah pada kabel. Di bawah ini merupakan cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel dengan mudah untuk Anda.

Cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel

Baca Dulu : Skema Kipas Angin Miyako

Kabel Kipas Angin 4 Warna

Kabel Kipas Angin 4 Warna

Sebelum membahas cara menyambung kabel kipas angin 4 warna, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu kabel kipas angin 4 warna itu apa saja. Berikut ini merupakan penjelasannya lengkap dengan fungsi-fungsi setiap warna pada kabel.

1. Hitam

Kabel warna hitam pada kipas angin umumnya adalah sebagai kabel power. Kabel ini memiliki fungsi untuk menghubungkan tombol ON/OFF ke sumber listrik. Dengan adanya kabel ini, maka kipas angin dapat dinyalakan atau dimatikan dengan mudah.

2. Biru

Kabel warna biru merupakan kabel dengan kecepatan 1 pada kipas angin 4 kabel. Fungsinya tentu untuk menghubungkan tombol kecepatan 1 ke sumber listrik. Kecepatan yang dihasilkan dari putaran baling-baling adalah rendah.

3. Putih

Selanjutnya adalah kabel warna putih. Kabel ini adalah kabel kecepatan 2 atau sedang. Jika Anda menekan tombol kecepatan 2, maka kabel ini yang akan bekerja dan menghasilkan kecepatan kipas yang sedang.

4. Merah

Kabel warna merah adalah kabel dengan kecepatan tinggi yaitu 3. Berfungsi untuk mengontrol kecepatan maksimal pada kipas angin. Kabel ini juga terhubung langsung ke generator listrik.

Baca Juga :

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 4 Kabel

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 4 Kabel

Berikut ini merupakan cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel dengan mudah. Silakan simak langkah-langkahnya dengan baik di bawah ini.

1. Menentukan Warna Kabel

Pertama, Anda harus menentukan warna kabelnya terlebih dahulu. Ada 4 kabel yang ada di kipas angin, carilah kabel dinamo. Saat mencarinya jangan sampai salah, sebab jika salah maka bisa berakibat kipas angin tidak dapat berfungsi. Sleain itu, di dalam dinamo tersebut juga lah sebagai tempat kabel-kabel berada.

2. Menentukan Arah atau Fungsi Kabel

Setiap kabel yang terhubung memiliki fungsinya masing-masing. Cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel adalah mencari kabel yang merupakan kabel dinamo. Ketahui juga apa fungsi dari kabel tersebut supaya proses penyambungan berjalan dengan baik karena Anda sudah mengetahui fungsinya.

3. Menyilangkan Dua Kabel

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, selanjutnya adalah menyambungkan kabelnya. Silangkan dua kabel yang ada di dinamo tersebut yang terputus, lakukan dengan hari-hati saat menyambungnya. Sebab, jika tidak berhati-hati, maka bisa mengakibatkan adanya setruman listrik walaupun bertegangan kecil.

Jadi, sebaiknya Anda menggunakan alat pelindung diri yang terbuat dari karet yang dapat meminimalisir terjadinya setruman-setruman ini. Tentu ini menjadi langkah antisipasi saat melakukan penyambungan kabel pada kipas angin.

4. Memasangkan Kembali

Memasang komponen kipas angin

Jika langkah ketiga sudah selesai dan kabel sudah tersambung sempurna, sebaiknya pasangkan kembali semua komponen yang sudah dilepas satu persatu. Rapikan kembali sesuai prosedur awal mulai dari dinamo hingga kover kipas angin.

Rapikan dengan baik dan rapi, saat memasang baling-baling kipas juga sebaiknya diperhatikan jangan sampai kendor atau tidak kencang. Karena jika tidak kencang, maka saat kipas angin dinyalakan baling-baling bisa terlepas. Tentu ini sangat berbahaya.

Periksa kembali apakah kipas angin sudah dapat menyala dan berjalan dengan normal atau belum. Hubungkan kabel utama pada kipas angin ke sumber listrik (stop kontak), lalu tekan tombol powernya.

Jika sudah menekan tombol power, perhatikan apakah kipas angin bisa berputar normal atau tidak. Anda juga harus jeli dalam mendengar suara yang dihasilkan, seharusnya tidak muncul suara-suara aneh yang mengganggu saat kipas angin dinyalakan.

Perhatikan juga pergerakan kipas angin apakah normal atau tidak. Jika sudah memastikan kipas angin berjalan normal, berarti cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel barusan sudah dilakukan dengan baik dan benar.

Artikel Terkait :

Jika sudah benar, maka masalah pun selesai. Anda bisa menghubungi teknisi apabila merasa kesulitan dalam menangani masalah ini. Maka teknisi akan melakukan cara menyambung kabel kipas angin 4 kabel sesuai dengan prosedur dan juga keamanannya.

Leave a Comment