Cara Mengetahui & Menyambung Kabel Kipas Angin 6 Kabel Tanpa Saklar

Kipas angin sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, terutama untuk menyejukkan ruangan. Penggunaan kipas angin biasanya digunakan di rumah atau apartemen, namun tidak menutup kemungkinan juga digunakan untuk tempat-tempat umum lainnya seperti rumah makan.

Cara menyambung kabel kipas angin 6 kabel

Terkadang kipas angin mengalami kendala di bagian kabel, bisa jadi rusak atau bahkan putus. Di bawah ini ada cara menyambung kabel kipas angin 6 kabel dengan mudah lengkap dengan informasi warna dan fungsi kabelnya. Simak terus artikelnya di Electronicevo.com.

Baca Dulu : Cara Pasang Kabel Kipas Angin

Cara Mengetahui Warna Kabel Kipas Angin

Cara Mengetahui Warna Kabel Kipas Angin

Sebelum membahas ke pembahasan cara menyambung kabel kipas angin 6 kabel. Sebaiknya, Anda ketahui terlebih dahulu cara mengetahui warna kabel kipas angin. Berikut ini merupakan warna-warna dan juga fungsi dari setiap kabel pada kipas angin.

1. Hitam

Kabel warna hitam pada kipas angin umumnya adalah sebagai kabel power. Kabel ini memiliki fungsi untuk menghubungkan tombol ON/OFF ke sumber listrik. Dengan adanya kabel ini, maka kipas angin dapat dinyalakan atau dimatikan dengan mudah.

2. Kuning

Kabel warna kuning merupakan kabel kapasitor. Kabel ini terhubung langsung antara kapasitor denga generator listrik atau dinamo. Adanya kabel warna ini sangat penting agar kipas angin dapat berfungsi normal.

3. Biru

Biru adalah kabel dengan kecepatan 1. Ini adalah kabel yang menghubungkan antara tombol speed 1 dengan dinamo, sehingga nantinya saat Anda menekan tombol speed 1, kipas akan menyala dengan kecepatan rendah.

4. Putih

Putih adalah kabel speed 2. Kabel ini berfungsi untuk mengontrol kecepatan sedang. Namun, pada sejumlah kipas ada yang tidak memiliki tipe ini, terutama pada kipas yang hanya memiliki 2 kecepatan saja.

5. Merah

Kabel ini berfungsi untuk dapat mengontrol atau mengatur kecepatan maksimal dari kipas angin. Kabel ini juga terhubung langsung dari tombol speed 3 ke generator.

Pada setiap warna kabel, tentunya memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Setiap kabel berwarna tersebut diletakkan di dalam dinamo yang nantinya berfungsi untuk menghidupkan kipas angin agar bisa mengubah energi listrik menjadi energi gerak.

Anda perlu mengetahui warna dan fungsi dari setiap kabel tersebut supaya jika terjadi masalah atau kendala, Anda bisa memeriksa sekaligus memperbaikinya. Bahkan, jika Anda mempelajarinya lebih dalam, Anda bisa memperbaiki masalah kipas angin sendiri tanpa harus pergi ke tukang servis.

Ketahui :

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 6 Kabel

Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 6 Kabel

Sebenarnya, cara menyambung kabel kipas angin 6 kabel hampir sama dengan cara menyambung kabel di kipas angin yang 3, 4, atau 5 kabel. Langkah-langkahnya pun cukup mudah. Berikut merupakan penjelasannya.

1. Tentukan Warna Kabel

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda harus mengetahui warna kabel pada kipas angin beserta fungsinya. Dalam tahap yang pertama Anda harus menentukan warna kabel, carilah kabel yang sekiranya putus atau rusak supaya bisa lebih mudah untuk memisahkannya dari kabel lainnya.

2. Tentukan Arah dan Fungsi Kabel

Cara menyambung kabel kipas angin 6 kabel berikutnya yaitu menentukan arah dan fungsi kabel. Silakan cari kabel dinamo dan juga kabel yang harus disambungkan. Ketahui juga fungsi dari warna kabel tersebut supaya proses pemasangan lebih mudah.

Jika Anda sudah mengetahui atau bahkan memahaminya, pasti proses pemasangan akan lebih mudah dan terbayangkan harus menyambungkan ke arah mana kabelnya. Dengan begitu, akan mempercepat pekerjaan Anda juga dalam menyambung kabel kipas angin.

3. Menyambungkan Dua Kabel

Setelah itu, langkah ini adalah menyambungkan dua kabel. Jika Anda sudah mendapatkan dua kabel yang putus atau yang sekiranya mengalami masalah. Lakukan penyambungan dengan cara menyilangkannya. Nantinya jika sudah selesai, Anda bisa mengeceknya.

Jadi, sebaiknya Anda menggunakan alat pelindung diri yang terbuat dari karet yang dapat meminimalisir terjadinya setruman-setruman ini. Tentu ini menjadi langkah antisipasi saat melakukan penyambungan kabel pada kipas angin.

Artikel Terkait :

Jika sudah benar, maka masalah pun selesai. Anda bisa menghubungi teknisi apabila merasa kesulitan dalam menangani masalah ini. Maka teknisi akan melakukan cara menyambung kabel kipas angin 6 kabel sesuai dengan prosedur dan juga keamanannya.

Leave a Comment