Cara Menyambungkan Kabel Dinamo Kipas Angin Gantung Putus

Sebagian  orang yang sering menggunakan kipas angin ini sebenarnya  belum tentu mengetahui pasti cara menyambungkan kabel dinamo kipas angin yang baik dan benar. Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan, apalagi bila membahas mengenai barang elektronik pasti akan menimbulkan risiko tersendiri bila tidak secara hati-hati.

cara menyambungkan kabel dinamo kipas angin

Adapun sebagian besar orang memang cenderung lebih sekedar memakainya saja, sehingga ketika kipas angin mengalami kerusakan, tentu tidak tau apa harus dilakukan.

Cara Menyambungkan Kabel Dinamo Kipas Angin

Kalau Anda memahami lebih dalam dari setiap komponen pada kipas angin, pada dasarnya semua itu adalah bagian-bagian yang saling memiliki hubungan agar kipas angin tersebut dapat berjalan dengan lancar, khususnya kabel pada dinamo yang biasa disebut sebagai inti penggerak baling-baling.

Pemasangan Dinamo Kipas Angin

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk menyambungkan dinamo adalah menyiapkan satu set sepul dinamo kipas angin terlebih dahulu. Pastikan arah pada putaran dapat berjalan seperti pada umumnya. Memang selain kipas angin tidak berfungsi karena masalah dinamo, biasanya kipas angin kabel putus adalah sesuatu yang sering terjadi. Untuk itu, ada baiknya kalau sering dirawat atau dibersikan tiap waktu.

cara menyambungkan kabel dinamo kipas angin

Untuk lebih mempermudah, lebih bagus jika Anda membuka sambungan kawat yang biasanya terletak pada pangkal kawat di gulungan utama. Bisa juga dilakukan dengan menggunakan alat bantu seperti potongan bambu. Ketika Anda telah melakukannya dengan benar, lanjut untuk langkah berikutnya adalah mempersiapkan mesin gulung dinamo yang memiliki dua jenis antara lain jarum dan angka.

Kalau Anda perhatikan mesin gulung yang ada di pasaran, biasanya tidak dilengkapi dengan dudukan untuk lilitannya. Langkah mudahnya Anda harus membuat dudukan sendiri dengan menyiapkan timah, mika, dan solder yang bertujuan untuk merekatkan solder ke kabel atau  biasanya sering dipakai untuk cara menyambung kabel kipas angin. Tidak lupa ketika setelah direkatkan pastikan untuk masukkan lilitan tadi ke kern. Agar lilitan tidak berantakan, ada baiknya kalau Anda tambahkan dengan lakban plastik karena biasanya tidak menempel ke kawat.

Kemampuan dalam memahami setiap masalah sambungan kabel memang menjadikan dasar ketika Anda mempunyai barang elektronik. Apalagi yang namanya barang elektronik pasti akan berhubungan dengan arus listrik. Untuk lebih memahami lebih dalam mengenai cara-cara pemasangan dinamo yang lebih spesifik, tentu Anda dapat memperbanyak untuk membaca buku paduan atau melihat di internet.

Masalah Sambungan Kabel Kipas Angin Gantung

Pada dasarnya untuk sebagian orang yang memakai kipas angin gantung memang cenderung memiliki alasan karena mudah dan menghemat posisi ruang. Akan tetapi ada juga yang harus Anda perhatikan seperti cara menyambung kabel kipas angin gantung yang baik dan benar. Hal ini penting untuk diperhatikan agar Anda tidak membuang uang untuk memanggil tukang memasangkan kipas angin gantung tersebut.

Langkah awal yang dilakukan adalah pastikan aliran arus listrik dalam keadaan mati agar tidak kesetrum. Kemudian Anda dapat memasangkan fitting kipas di bagian langit-langit dengan cara mengganti fitting lampu.  Untuk sambungan pada kabel, ketika Anda memasang kipas angin gantung pastikan juga telah membuat lubang kotak listrik terlebih dahulu.

cara menyambung kabel kipas angin gantung

Selanjutnya ketika cara menyambung kabel kipas angin gantung sudah terpasang dengan baik, secara otomatis Anda dapat menambahkan kotak kipas yang sesuai dengan buku panduan didalamnya. Sebagai catatan, ketika melakukan pemasangan kotak kipas angin, pastikan baling-baling sudah seimbang agar nantinya ketika dinyalakan tidak menimbulkan suara berisik.

Baca Juga: Cara Baca Kode Kompresor Kulkas

Cara-cara tersebut biasanya telah disajikan kedalam bentuk buku panduan, akan tetapi bila Anda tidak ingin membayar tukang untuk jasa pemasangan, alangkah baiknya jika membaca buku panduan tersebut secara lengkap dan jelas.

Nah, itulah beberapa cara menyambung kabel dinamo kipas angin semoga bermanfaat.

Leave a Comment