Cara Merubah Kulkas Inverter ke Manual & Tes Kompresor Tanpa Modul

Kulkas inverter merupakan sebuah inovasi terbaru dari sistem dasar mesin pendingin yang semestinya. Namun adakah cara merubah kulkas inverter ke manual kembali? Tentunya ada, hanya saja Anda tetap harus mengganti beberapa komponen yang diperlukan dalam bentuk sistem yang manual.

Cara Merubah Kulkas Inverter Ke Manual

Orang yang memilih mengubah kulkasnya dalam bentuk manual pasti terkendala karena komponen kulkas inverter sangat mahal daripada yang manual. Harga kompresor kulkas inverter saja dengan kondisi barunya sudah setara dengan harga kulkas model standar yang baru.

Baca Dulu : Skema  Kompresor Kulkas Inverter

Cara Merubah Kulkas Inverter ke Manual, Dijamin Bekerja

Perbaikan kulkas inverter yang mengalami kerusakan pada kompresor inverter bisa Anda lakukan dengan mudah. Informasi ini akan memandu Anda dalam proses perbaikan dan komponen apa saja yang harus diganti.

Cara merubah kulkas inverter ke manual
Cara merubah kulkas inverter ke manual

 

Saat mengganti dalam bentuk manual, maka kita harus menonaktifkan sistem kerja inverternya. Hanya saja inverter tetap digunakan untuk menyambungkan ke bagian defrost saja. Perlu diingat, cara ini hanya direkomendasikan untuk kulkas inverter yang sudah mengalami kerusakan di kompresornya.

Untuk peralatan yang akan Anda butuhkan antara lain :

  • Tang Amphere
  • AVOmeter
  • Gas Freon
  • Selang dan manifold
  • Las
  • Kawat tembaga
  • Pemotong untuk pipa
  • Flaring

Komponen yang perlu diganti, yaitu :

  • Kompresor standar

Anda bisa gunakan kompresor kulkas yang non inverter atau bisa juga gunakan yang tegangan AC sebagai pengganti kompresor dari bawaan kulkas yang berarus DC.

  • Timer kulkas

Pengganti sistem inverter yang dinonaktifkan bisa menggunakan timer kulkas.

  • Kipas evaporator dengan arus AC

Butuh pergantian kipas inverter yang menggunakan arus DC dengan kipas yang menggunakan arus AC.

  • Defros

Sistem defrost dari kulkas inverter dengan kulkas manual berbeda, sehingga perlu pergantian komponen. Dengan begitu proses pencairan tetap bisa dilakukan dan kulkas tetap bekerja dengan normal.

Langkah yang akan Anda lakukan, antara lain:

  1. Ganti kipas dengan membuka atau mencongkel penutup evaporator. Lepas kipas inverter dan ganti dengan kipas arus AC. Pastikan arah angina menyembur keluar.
  2. Selanjutnya pergantian dari defrost. Anda perlu menemukan fuse dan komponen bernama Thermistor, kulkas manual tidak akan menggunakannya, sehingga Anda perlu melakukan pemotongan kabel. Selanjutnya dilakukan pergantian dengan menyambungkan ke defrost.
  3. Siapkan dua kabel untuk kipas evaporator
  4. Siapkan timer yang akan menggantikan inverter. Potong kabel defrost dan kabel kipas dan sambungkan pada timer.
  5. Sambungkan kabel heater pada kabel dengan tegangan netral pada inverter.
  6. Lanjutkan dengan menyambungkan salah satu kabel kipas dengan tegangan netral dan yang lainnya pada konektor timer untuk jalur kompresor. Ketika kompresor menyala maka kipas seharusnya ikut menyala.
  7. Lakukan pengetesan timer dengan memutar timer searah jarum jam dan nyalakan kulkas.
  8. Lakukan pengujian pada tang meter sela kabel timer pada skala 200 A. selanjutnya pegang timer, maka akan terasa getaran karena kita memutar searah jarum jam.
  9. Sambungkan defrost yang belum di isolasi dan lihat kembali tang meter. Jika terdapat arus maka heater bekerja dan timer sudah tidak ada getaran.
  10. Matikan kulkas dan sambung kabel kipas dengan ruang freez
  11. Nyalakan kembali kulkas
  12. Setelah semua sudah pas sesuai dengan rangkaiannya, maka Anda bisa lanjut dengan merapikan pemasangan dan mengisi gas Freon pada kulkas.

Untuk memastikan apakah benar bekerja dengan baik, maka Anda butuh membiarkannya semalaman dan diisi dengan beban untuk membuktikan apakah terbuat es atau tidak. Proses dikatakan berhasil jika terbentuk es.

Artikel Terkait :

Cara Tes Kompresor Kulkas Inverter Tanpa Modul, Cek Dahulu Sebelum Ganti

Cara Tes Kompresor Kulkas Inverter Tanpa Modul
Cara Tes Kompresor Kulkas Inverter Tanpa Modul

 

Sebelum Anda mengganti kulkas inverter Anda menjadi bentuk manual, alangkah lebih baik untuk mengecek kondisi kompresor kulkas inverter. Hal ini dilakukan untuk memastikan kembali jika kulkas memang sudah tidak bisa bekerja dengan baik.

Cara untuk mengetesnya sangat mudah, Anda memerlukan AVOmeter tanpa membutuhkan modul. Anda perlu mengetahui tegangan dari setiap kabel. Jika tegangan yang dihasilkan bernilai terlalu tinggi atau rendah yang tidak sesuai dengan range memang terdapat kerusakan pada kompresor Anda.

Baca Juga :

Dari sinilah Anda sudah bisa memulai untuk mengganti kulkas Anda dalam bentuk yang manual daripada memperbaiki kompresor inverter yang bernilai seharga kulkas baru model standar.