Step By Step Cara Pasang Dinamo Kipas Angin 4 & 5 Kabel

Kipas angin adalah salah satu alat elektronik yang mungkin tidak terlalu penting akan tetapi sebenarnya sangat dibutuhkan untuk Anda. Cara pasang dinamo kipas angin 4 kabel itu terkadang jadi salah satu informasi yang penting terutama bila terjadi kerusakan. Karena kalau sampai terjadi kerusakan, maka Anda bisa sedikit memahami bagaimana untuk memperbaiki kerusakan pada kipas tersebut.

Cara pasang dinamo kipas angin 4 kabel

Memang cara pasang dinamo kipas angin sendiri mungkin bukan hal yang mudah, karena memang ada cukup banyak kabel di sana. Namun bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan, dan memang ada beberapa hal yang harus diketahui agar supaya bisa memasang dinamo dengan baik dan benar. Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana cara pasang dinamo kipas angin mulai dari 4 kabel sampai 5 kabel.

Baca Dulu : Diagram Kipas Angin 

Hal Penting Dalam Memasang Dinamo Kipas Angin

Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar supaya bisa memasang dinamo kipas angin dengan jauh lebih baik dan lancar. Bila memasang dengan menggunakan beberapa hal ini, maka akan bisa lebih memahami pemasangan yang benar dan pasti akan bisa berhasil dengan baik. Dan berikut ini beberapa hal penting yang memang cukup penting untuk memasang dinamo kipas angin.

  1. Hal penting pertama yang harus Anda ketahui itu sudah pasti adalah soal dinamo, Anda harus tahu dinamo dari kipas angin itu seperti apa. Ini sangat penting untuk mengetahui bagian kabel kipas angin 4 warna mana yang terhubung dengan dinamo kipas angin.
  2. Hal kedua yang juga sangat penting adalah skema elektronik dari kipas angin, ini yang menunjukkan jalur kabel dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda tidak akan melakukan kesalahan pada saat memasang kabel yang ada di kipas angin. Kesalahan memasang kabel itu akan bisa membuat konslet kipas angin dan kemudian rusak.

Baca Juga :

Langkah Memasang Dinamo Kipas Angin

Langkah Memasang Dinamo Kipas Angin

Salah satu permasalahan yang mungkin menyebabkan kerusakan pada kipas angin itu adalah soal dinamo dari kipas angin. Karena kalau dinamo rusak itu biasanya memang kipas angin tidak akan bisa berputar, karena itu harus diganti dengan yang baru. Namun bila ingin mengganti dan memasang dinamo tersebut harus dilakukan dengan benar, dan berikut ini kami akan jelaskan bagaimana langkahnya.

  1. Langkah yang pertama sudah pasti Anda harus membuka bagian belakang kipas angin terlebih dahulu yang menjadi tempat dinamo. Buka dulu semua baut yang terpasang dengan obeng dan kemudian lepaskan semua bagian kipas angin terlebih dahulu. Nanti akan ada dinamo dan juga berbagai kabel kipas angin 4 warna yang terpasang dengan dinamo.
  2. Sebelum Anda ganti dinamo, ada baiknya pada saat Anda membuka bagian dinamo ini, Anda lihat setiap kabel yang ada di sana. Apabila semua kabel tidak bermasalah, maka kemungkinan memang dinamo yang rusak dan harus diganti. Namun bila ada kabel yang mungkin putus, maka Anda bisa sambungkan saja dulu kabel yang putus atau lepas itu.

Apabila Anda ingin menyambungkan kabel kipas angin ini, berikut ini langkah untuk melakukannya.

  1. Langkah yang pertama adalah Anda harus perhatikan dulu semua warna kabel dan juga lokasi penyambungan kabel
  2. Anda harus sambungkan sesuai dengan warna kabelnya bila kabelnya terputus
  3. Silangkan kabel yang sama itu, dan kemudian putar dan beri isolasi hitam supaya aliran listrik terjaga dan tidak terhubung dengan jalur lainnya
  4. Bila dinamo yang lepas, maka Anda lepaskan dulu semua kabel yang terpasang pada dinamo, dan kemudian Anda ganti dengan dinamo yang baru. Anda mungkin harus menghafalkan setiap warna dari kabel yang terpasang di dinamo, agar supaya tidak salah saat . Bila Anda salah dalam memasang kipas angin tidak akan berputar, cara pasang dinamo kipas angin 5 kabel pun sama
  5. Bila tidak hafal warna kabel saat bongkar, maka Anda bisa menggunakan alat untuk mengetes kabel yang AC dan juga yang nanti akan dipasang di dinamo. Cari kabel yang mendekati 0 dengan terhubung dengan ketiga kabel yang lainnya, maka itu adalah kabel AC. Jadi itu tidak dipasang di dinamo tapi di pasang di AC untuk ke stop kontak.
  6. Kabel yang lain dari dinamo ada yang dipasang ke kapasitor, dan cara pasang kapasitor kipas angin 4 kabel itu harus Anda ketahui. Jadi pasang kabel AC dari dinamo ke kabel kapasitor, dan kemudian hubungkan ke kabel sistem yang ada di dinamo.
  7. Setelah semua kabel sudah terpasang dengan benar, Anda cek dulu dengan menghubungkan ke jaringan listrik, apakah sudah berputar atau belum.
  8. Jika sudah lancar, baru Anda pasang ke kipas angin dan kemudian tutup kembali kipas angin dengan rapi, dan kipas angin siap digunakan.

Ketahui :

Demikian informasi mengenai cara memasang dynamo kipas angin 4 kabel yang semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Leave a Comment