Cara Pasang & Menyambung Rangkaian Kabel Dinamo Pengering Mesin Cuci

Dalam sebuah mesin cuci terdapat beberapa komponen yang akan bekerjasama untuk melakukan pekerjaan dalam membersihkan pakaian. Tak terkecuali dinamo pengering. Cara pasang dinamo pengering mesin cuci merupakan pertanyaan yang paling sering diungkapkan oleh orang-orang yang menggunakannya.

Cara pasang dinamo pengering mesin cuci

Ini disebabkan dinamo termasuk salah satu komponen yang mudah rusak sehingga harus diganti atau diperbaiki jika ingin perfoma mesin cuci bisa maksimal. Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut silahkan kamu simak penjelasan yang ada di bawah ini.

Baca Dulu : Cara Menyambung Kabel Dinamo Mesin Cuci Ke Kapasitor

Beginilah Cara Pasang Dinamo Pengering Mesin Cuci yang Wajib Kamu Ketahui

Cara Pasang Dinamo Pengering Mesin Cuci

Sebelum kita masuk ke pembahasan cara pasang dinamo pengering mesin cuci akan lebih baik jika kamu mengenal mengenai komponen ini terlebih dahulu. Jadi dalam dinamo pengering mesin cuci terdapat 3 kabel utama yang saling berkaitan satu sama lain.

Warna kabel dinamo pengering mesin cuci ini adalah  merah, hitam, dan merah atau bisa juga kombinasi merah kuning biru atau merah kuning coklat, jadi memang berbeda-beda. Pengenalan mengenai dinamo ini akan membantu kamu untuk bisa memasangnya. Berikut adalah langkah-langkah pemasangan.

1. Lakukan identifikasi pada kabel dinamo

Cara pasang dinamo pengering mesin cuci yang pertama adalah melakukan identifikasi pada kabel dinamo. Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa dinamo mempunyai 3 kabel utama. Ada 2 kondisi yang harus kamu pahami.

  • Terdapat kabel diagram menempel pada dinamo sehingga kamu bisa lebih bebas dalam menentukan arah dari kabel yang akan disambungkan.
  • Tidak ada kabel diagram sehingga kamu harus mencari tahu kemana seharusnya kabel dinamo tersebut harus disambungkan. Kondisi ini mengharuskan kamu untuk menggunakan alat bantu seperti avometer.

2. Sambung kabel dinamo pengering dengan diagram(kondisi 1)

Untuk kondisi 1 langkah yang harus kamu lakukan dalam cara menyambung kabel dinamo pengering mesin cuci adalah sebagai berikut :

  • Sambungkan 1 kabel ke kabel dinamo yang berwarna biru dan 1 kabel lagi ke kabel timer (timer/spin mempunyai 2 kabel).
  • Sambungkan kabel warna kuning ke kapasitor.
  • Sambungkan kabel warna merah ke kapasitor dan kabel timer

Ketahui :

3. Sambung kabel dinamo pengering tanpa diagram

cara menyambung kabel dinamo pengering mesin cuci

Untuk kondisi yang kedua ini kabel dinamo tidak memiliki diagram sehingga kamu harus mencari tahu tentang fungsi dari kabel tersebut agar cara pasang dinamo pengering mesin cuci  bisa dilakukan dengan benar. Sudah disinggung kamu membutuhkan alat bantu yang bernama avometer atau multitester.

  • Siapkan avometer atau multitester digital. Jika tidak punya yang digital melainkan versi analog juga tidak mengapa yang terpenting disini fungsinya sama.
  • Setting alat tersebut ke nilai 2k atau 2000 ohm dengan cara memutar langsung knopnya ke angka yang dituju.
  • Ukur nilai kabel pada dinamo pengering. Disini kabel dinamo berwarna merah, hitam, dan biru.
  • Mulailah menempelkan kabel yang berwarna hitam dan biru. Tempelkan ujung kabel yang berwarna biru ke salah satu titik avometer dan kabel yang berwarna hitam ke stik yang satunya lagi. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan nilai sebesar 108 ohm.
  • Silahkan cek kabel yang berwarna merah dan biru. Tempelkan masing-masing ujung kabel ke stik avometer untuk mendapatkan nilai 86.
  • Lakukan pengecekan terhadap kabel merah dan hitam dengan langkah yang sama.

4. Pasang dinamo pengering mesin cuci  kembali ke tempatnya

Apabila sudah dilakukan pemasangan dan pengecekan terhadap kabel-kabel dinamo pengering mesin cuci maka langkah berikutnya adalah memasang kembali komponen tersebut ke tempatnya. Lakukan dengan hati–hati karena kamu baru saja memperbaiki kabel-kabel yang memang cukup rentan mengalami kerusakan.

Apabila sudah cara pasang dinamo pengering mesin cuci selesai dilakukan dan mesin cuci bisa dicoba untuk mengetes fungsinya. Apabila belum stabil atau tidak membaik mungkin terjadi masalah lain pada rangkaian kabel mesin cuci 2 tabung. Jadi harus dilakukan pengecekan ulang untuk memastikan kebenarannya.

Artikel Terkait :

Demikianlah penjelasan tentang cara pasang dinamo pengering mesin cuci yang bisa kamu contoh. Dalam pemasangan ini yang terpenting adalah bagaimana kamu dalam merangkai kabel-kabel yang ada di dinamo. Jadi jika kabel sudah terpasang maka dinamo akan bekerja dengan baik.

Leave a Comment