Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel Listrik

Timbulnya permasalahan pada kipas angin dapat dibilang banyak sekali contohnya seperti baling-baling yang tidak mau bergerak, hanya mengeluarkan suara saja, dan ada juga yang sampai tidak menyala. Hal ini tentu masalahnya berpusat dari kapasitor yang wajib untuk diperbaiki atau diganti. Sebagian orang biasanya masih belum mengetahui kalau kapasitor pada kipas angin dapat dibilang memiliki peranan besar. Maka dari itu, penting adanya kalau mengetahui cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel yang baik dan benar.

Pemasangan Kapasitor dengan 3 Kabel

cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel

Untuk langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mulai membongkar kipas angin dengan benar yang dimulai dari tutup kipas terlebih dahulu. Ketika Anda telah melepas scrup pada tutup kipas dengan obeng, secara otomatis biasanya akan mendapat kabel pada kapasitor. Potonglah kedua kabel  menggunakan pisau yang terhubung kedua terminal kapasitor dan ambil secara perlahan kapasitornya.

Pada dasarnya skema cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel banyak ditemukan di Youtube ataupun google. Akan tetapi yang jelas Anda harus memakai cara yang benar ketika melakukan pergantian kapasitor. Kalau kapasitor baru telah terpasang, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan kabel yang telah dipotong sekaligus baluti dengan isolasi.

skema cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel

Agar sambungan kabel tidak berantakan, ada baiknya Anda memastikan kalau balutan isolasi tersebut dapat dilakukan dengan sempurna dan menghindari rentan kebocoran arus listrik. Setelah semua terpasang dengan rapi, tutup kembali cover kipas dengan menggunakan scrup.

skema cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel listrik

Biasanya setiap jenis kipas angin ada yang membutuhkan kaki kapasitor sebagai penunjang pergerakan mesin kapasitor. Akan tetapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kipas angin yang Anda miliki terlebih dahulu jika ingin menambahkannya.

Baca Juga : Diagram Kipas Angin

Pemasangan Kapasitor dengan 4 Kabel

Pada dasarnya kapasitor dari kipas angin memang memiliki beberapa jenis yang dapat dibedakan dari sambungan kabelnya. Setiap kapasitor yang terdapat di setiap kipas angin dapat disesuaikan dengan merk dan kualitas yang dimiliki. Akan tetapi bagi sebagian orang yang memiliki kipas angin dengan kapasitor 4 kabel, terkadang masih bingung mengenai solusi jika mengalami masalah kerusakan pada kapasitor tersebut.

Sebenarnya cara pemasangan mengenai kapasitor 4 kabel pada kipas angin itu tidak jauh berbeda  ketika Anda memperhatikan skema cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel listrik. Akan tetapi yang harus Anda perhatikan adalah tulisan-tulisan yang di kapasitor tersebut dan sesuaikan dengan warna kabel. Dari setiap kabel yang tersedia tentu memiliki arti dan tujuan pemasangan sebagai mestinya biasanya sudah tercatat dalam tampilan depan kapasitor.

Kapasitor 4 kabel terdiri dari 1 pasang warna merah dan 1 pasang warna hitam. Anda harus perhatikan kalau simbol R ke R atau artinya merah ke merah memiliki nilai 2MF. Akan tetapi untuk warna sebaliknya memiliki nilai 1,2MF. Biasanya untuk kapasitor 4 kabel ini sering digunakan pada kipas angin digital.

Setiap nilai pada kabel tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk sambungan warna merah 2MF ini digunakan pada dinamo, sementara untuk warna hitam 1,2MF biasanya dipasangkan ke mesinnya agar semua dapat berjalan dengan baik. Pastikan setiap sambungan tersebut telah berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya kalau Anda mengetahui cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel yang baik dan benar.

Baca Dulu: Skema Kipas Angin Miyako

Pemasangan Kapasitor 4 Kaki

Pada umumnya banyak sekali macam-macam bagian pada kipas angin yang harus Anda ketahui. Didalam benda elektronik yang satu ini tentu Anda harus berkenalan dengan yang namanya kapasitor 4 kaki. Kapasitor 4 kaki atau kaki 4 ini adalah  dua kapasitor yang sebenarnya telah dikemas menjadi satu. Perbedaan dari kapasitor lainnya adalah merujuk ke kabel/konektor yang dapat Anda perhatikan ketika membelinya.

Tidak sekedar mengetahui cara pasang kapasitor 4 kaki saja, akan tetapi mengetahui barang yang berkualitas adalah salah satu hal penting yang tetap harus diperhatikan dengan baik.Untuk mendapatkan kapasitor 4 kaki yang bagus, tentu ketika sudah membelinya dapat dilakukan cek kondiri dengan memakai Multimeter.

Cara pemasangan pada kapasitor 4 kaki ini tentu sama saja dengan kapasitor lainnya. Hanya saja yang membedakan adalah tambahan sambungan kabel yang menyesuaikan dengan jenis kipas angin tersebut. Kalau Anda masih kurang memahaminya, biasanya di kapasitor tersebut ada petunjuk yang dapat Anda coba ikuti.

Baca Juga: Cara Menyambungkan Kabel Dinamo Kipas Angin

Banyak sekali terkait pengetahuan dunia teknik elektro yang dapat Anda ketahui, khususnya pada kipas angin. Tidak hanya membahas mengenai kapasitor saja, akan tetapi masih banyak lagi contohnya seperti diagram kipas angin, dinamo, motor penggerak, saklar, jenis-jenis sambungan kabel, dan bagian-bagian lainnya pada kipas angin..

Leave a Comment