Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 2 Kabel dan 5 Kabel

Bagaimanakah cara pasang kapasitor kipas angin 5 kabel? Bagi para teknisi tentu hal ini tak sulit ya, akan tetapi bagi pemula yang baru mempelajari elektronika, mungkin saja akan kesulitan.

Cara pasang kapasitor kipas angin 5 kabel

Kapasitor adalah salah satu komponen penting. Tanpa komponen ini kipas tak bisa berfungsi. Sebelum mengetahui cara memasang kapasitor kipas angin 5 kabel ataupun 2 kabel maka perlu diketahui bahwa kipas angin mempunyai kapasitor berbeda-beda.

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 5 Kabel

Cara untuk menyambung kapasitor kipas 5 kabel sama dengan lainnya. Perangkat ini memiliki beragam jenis kabel. Masing-masing kabel mempunyai arti yang berbeda. Kapasitor kipas angin 5 kabel umumnya digunakan pada kipas box.

Untuk kabel berwarna kuning nantinya mengalir pada kapasitor, kabel berwarna hitam nantinya mengalir pada input PLN+, kabel berwarna biru untuk meningkatkan kecepatan rendah, kabel berwarna putih untuk kecepatan sedang, serta kabel berwarna merah untuk kecepatan tinggi.

Skema cara memasang kapasitor kipas angin 3 kabel mempunyai fungsi kabel berbeda. Warna putih untuk menyambungkan pada listrik langsung, warna hitam untuk langsung menghubungkan pada sumber listrik (kabel netral), warna merah untuk sambungan ke kapasitor. Akan tetapi banyak jenis kipas angin memakai kapasitor kipas angin 6 kabel.

Tiga kabel digunakan untuk mengontrol kecepatan. Satu kabel terhubung langsung ke listrik dan dua kabel untuk kapasitor. Sebelum mengganti kapasitor kipas angin, tentu harus mengetahui tanda kapasitor kipas angin rusak.

Untuk mengukur kapasitor bisa dilakukan dengan menggunakan alat yang dinamakan multitester digital dan multitester analog. Berikut perbedaan cara untuk mengukur dengan multitester digital dan multitester analog.

Baca Juga : Diagram Kipas Angin

  1. Multitester Digital
  • Atur skala multitester di posisi 200k
  • Hubungkan probe hitam dan merah pada setiap kabel kapasitor
  • Upayakan probe tak menyentuh kulit, bila layar memperlihatkan angka lebih dari 1.300 lalu kembali ke angka 1 maka bisa disimpulkan kondisi kapasitor normal
  • Bila layar tak memperlihatkan angka maka kapasitor mengalami kerusakan
  1. Multitester Analog
  • Atur skala multitester di posisi X1K
  • Hubungkan probe hitam dan merah ke kedua kabel kapasitor
  • Ketika mulai nantinya jarum bergerak ke arah kanan atau ke angka 55 Ohm lalu kembali lagi ke angka 0 yang menandakan kondisi kapasitor normal
  • Akan tetapi bila jarum sama sekali tak bergerak maka kapasitor mengalami kerusakan

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 2 Kabel

Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 2 Kabel

Kipas hanya berdengung saat dihidupkan, umumnya pada bagian daun kipas perlu dibantu dengan tangan agar bisa berputar atau bahkan kipas angin sama sekali tak bisa hidup. Bila kipas angin Anda mempunyai tanda-tanda di atas maka kemungkinan kapasitor kipas mengalami kerusakan.

Berikut beberapa cara pasang kapasitor kipas angin 2 kabel.

1. Buka penutup kipas angin

Kipas bisa dibuka dengan memakai alat bantu seperti obeng untuk melepaskan baut-baut di kipas angin.

2. Memotong kabel

Setelah penutup kipas terbuka potong kabel yang tersambung di kedua terminal baterai, lalu ambil baterainya.

3. Kupas isolator kabel yang menghubungkan konektor lama

Kupas isolator kabel penghubung yang sudah dipotong dengan menggunakan gunting. Kupas juga kabel yang menghubungkan konektor baru.

4. Memasang kapasitor baru

Kabel yang telah dipotong dihubungkan dengan jalur pemasangan bolak-balik (bebas).

5. Menggunakan konektor kawat

Agar kabel yang disambung tak terlepas maka gunakan konektor kawat twist on.

6. Bungkus dengan selotip

Bungkus kembali kabel dengan selotip dengan tujuan untuk menghindari konsleting, lalu tutup kembali penutup kipas angin.

Ketahui : Skema Kipas Angin Miyako

Nah itu tadi pembahasan singkat tentang cara memasang kapasitor kipas angin 5 dan 2 kabel. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment