Penyebab AC Panasonic Mati Sendiri dan Cara Setting AC Panasonic Agar Tidak Mati Sendiri

Cara setting AC Panasonic agar tidak mati sendiri, mungkin Anda ingin mengetahuinya. Terkadang AC Panasonic mati sendiri dengan lampu timer yang menyala atau berkedip. AC Panasonic memang menjadi salah satu merk AC yang digunakan oleh banyak kalangan.

Cara setting AC Panasonic agar tidak mati sendiri

Selain harga AC Panasonic yang bisa dibilang cukup terjangkau, teknologinya pun tak kalah dengan merk AC lain. Merk Panasonic memang termasuk perusahaan besar yang sudah lama mengeluarkan barang-barang elektronik termasuk AC.

Salah satu teknologi yang dikembangkan oleh Panasonic adalah fitur mematikan AC secara otomatis jika ada part atau komponen AC mengalami kerusakan.

Hal ini bertujuan untuk melindungi part atau komponen lain agar tak mengalami kerusakan lebih parah jika dipaksa untuk dinyalakan. Salah satu contohnya adalah AC Panasonic mati sendiri timer kedap kedip.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab AC Panasonic mati sendiri. Berikut pembahasan selengkapnya.

Baca Dulu : Cara Mengatur Timer AC Panasonic

Penyebab AC Panasonic Mati Sendiri dengan Timer Menyala

Penyebab AC Panasonic Mati Sendiri dengan Timer Menyala

1. Unit indoor atau outdoor AC kotor

Bila indoor AC kotor maka akan menghambat hawa dingin. Hal tersebut bisa membuat termis atau sensor suhu pada AC tak dapat mendeteksi hawa dingin pada evaporator.

Bila outdoor AC kotor maka akan menyebabkan hawa panas kompresor dan kondensor tak terbuang sempurna, misalnya karena tertutup debu. Hal tersebut membuat adanya peningkatan suhu pada kompresor hingga mengalami overheating.

2. Termis atau thermistor AC rusak

Termis AC ini ada pada indoor AC yang memiliki fungsi untuk mendeteksi hawa dingin pada evaporator indoor. Termis bekerja sebagai penyambung dan pemutus arus listrik ke outdoor. Jika termis rusak maka umumnya ditandai dengan AC Panasonic 30 menit mati.

3. Blower fan indoor tak berputar

Salah satu hal yang menyebabkan AC Panasonic mati sendiri adalah blower fan pada indoor AC yang tak bekerja. Hal ini bisa dikarenakan kerusakan pada kapasitor AC atau motorfan macet. Bila ada kerusakan blower fan maka ditandai dengan AC Panasonic langsung mati saat AC baru dinyalakan.

4. Freon kosong atau kurang

Freon yang kosong atau kurang merupakan salah satu penyebab AC Panasonic yang mati sendiri. Saat freon kurang atau bahkan kosong maka pendinginan pada evaporator indoor AC nantinya berkurang dan membuat termis AC tak mendeteksi hawa dingin yang membuat AC akan melakukan protect dengan lampu timer yang kedap kedip.

5. Kompresor panas atau mati

Kompresor merupakan komponen yang penting pada unit AC sebab memiliki fungsi untuk mengalirkan freon/refrigrant dari outdoor ke indoor. Jika kompresor mati maka otomatis refrigrant tak akan bersirkulasi dan membuat AC tak dingin.

Ada beberapa hal yang membuat kompresor AC panas atau mati:

  • Kerusakan kapasitor kompresor
  • Overload rusak
  • Kompresor panas atau overheating
  • Voltase listrik yang drop atau tak stabil

Artikel Terkait :

Cara Mengatasi AC Panasonic Mati Sendiri dan Timer Kedap Kedip

Cara Mengatasi AC Panasonic Mati Sendiri dan Timer Kedap Kedip

  1. Cabut stop-kontak AC selama 3-5 menit lalu colokan kembali dan nyalakan AC.
  2. Bila beberapa saat kemudian timer AC Panasonic kembali berkedip, ulangi langkah pertama dan cek bagian outdoor. Sebelumnya periksa apakah blower indoor berputar atau tidak.
  3. Cek bagian outdoor AC saat AC sudah hidup, perhatikan apakah outdoor AC nyala mati dengan cepat atau tidak.
  4. Cek tekanan freon AC dengan analyzer atau manifold apakah kurang atau bahkan kosong. Bila tekanan freon kurang nantinya ditandai dengan bunga es pada salah satu pipa AC.
  5. Cek juga kompresor AC apakah hidup atau tidak. Bila kompresor hanya berdengung atau tak hidup maka cek setiap komponen pendukung kompresor seperti kapasitor serta overloadnya.

Cara Mematikan Timer AC Panasonic yang Kedap Kedip

Cara termudah untuk mematikan timer AC Panasonic yang kedap kedip adalah dengan mencabut colokan atau stop kontak pada AC. Setelah dicabut diamkan terlebih dahulu sekitar 5 menit, baru stop kontak kembali dicolokkan.

Cara lainnya adalah dengan mereset remote AC Panasonic. Permasalahan ini kerap disebabkan oleh setting timer pada remote AC. Anda dapat menekan tombol cancel atau dengan menekan tombol reset pada remote.

Ketahui :

Anda juga bisa melepas baterai remote AC. Biarkan sekitar 2 menit lalu pasang kembali baterai pada remote AC. Bila berhasil remote bisa digunakan untuk mengubah pengaturan timer AC Panasonic.

Leave a Comment