Daftar Kerusakan TV Polytron U Slim Beserta Solusi & Cara Mengukur Tegangan

TV U Slim adalah salah satu produk elektronik dari Polytron. Jenis TV ini cukup populer di kalangan masyarakat hingga saat ini. Namun seperti barang elektronik lainnya, TV U Slim ini juga kerap memiliki masalah. Nah, berikut ini daftar kerusakan TV Polytron U Slim dan solusinya.

Daftar Kerusakan Tv Polytron U Slim

Kerusakan pada TV Polytron U Slim bervariasi, mulai dari yang ringan hingga berat (biasanya karena pemakaian jangka panjang). Kerusakan yang terjadi juga bisa saja menyerang komponen software atau perangkat lunak, atau bisa saja menyerang hardware atau perangkat keras.

Baca Dulu : TV LG Hidup Tapi Tidak Ada Gambar Juga Suara

Berikut Daftar Kerusakan TV Polytron U Slim!

Nah, untuk kamu yang mengalami masalah pada TV Polytron U Slim, atau kamu yang tertarik dengan peralatan elektronik, bisa banget nih menyimak informasi di bawah ini, untuk menambah wawasan kamu mengenai cara memperbaiki TV Polytron U Slim.

1. Masalah Gambar Melebar

Jika terkena masalah ini, biasanya layar TV kamu tidak akan terlihat penuh. Bagian samping kanan dan kirinya akan terpotong karena tampilan TV yang melebar. Masalah ini biasanya disebabkan karena komponen elco ukuran kecil yang ada disekitar horizontal.

Untuk mengatasinya, pertama lakukan pengecekan secara menyeluruh. Jika ada komponen lain yang rusak, bisa kamu perbaiki atau ganti dengan yang baru karena bisa berpengaruh pada komponen lain.

Tidak hanya elco kecil, kamu juga harus mengecek kapasitor, apakah ada kerusakan atau tidak. Selanjutnya, kamu bisa mengecek bagian elco kecil yang letaknya dekat dengan transistor horizontal.

2. TV Nyala Sebentar Lalu Mati Lagi

Masalah ini juga sering disebut juga kondisi TV Protek atau TV terkunci. Masalah ini cukup umum terjadi, selain pada TV Polytron U Slim, TV protek juga termasuk kerusakan TV Polytron Crystaline, dan berbagai jenis TV lainnya.

Penyebab umumnya karena adanya kerusakan pada beberapa komponen TV, seperti driver horizontal, flyback, audio, tuner, dan IC Vertical. Kerusakan IC Vertical juga disebabkan karena kualitas elco pendukung yang menurun.

Kerusakan pada IC Vertikal juga bisa menyebabkan kerusakan pada flyback. Untuk mengatasi masalah pada IC Vertical, kamu bisa melepasnya kemudian mengganti dengan yang baru. Karena sulit untuk diperbaiki dengan cara dipotong atau dijumper saja.

3. Gambar TV Gelap Hanya Ada Suara

Masalah ini juga kerap menjadi masalah atau kerusakan TV Polytron jadul disebabkan oleh beberapa hal, seperti adanya kerusakan pada bagian IC dekat modul Tcon, kerusakan pada lampu backlight short, dan masalah pada software atau perangkat lunak yang ada pada TV.

Jika terjadi kerusakan pada komponen – komponen tersebut, maka solusi paling tepat adalah menggantinya. Karena ada beberapa komponen pada mesin TV yang jika sudah rusak, maka sulit untuk diperbaiki.

Artikel Terkait :

Cara Mengukur Tegangan TV Polytron U- Slim

Cara Mengukur Tegangan TV Polytron U- Slim

Berikut langkah – langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengukur tegangan Polytron U-Slim:

  • Pastikan gunakan alas berbahan isolator, seperti karpet listrik ataupun trafo isolasi.
  • Posisikan mesin TV agar mudah untuk dijangkau.
  • Hubungkan Probe Negative Multimeter pada Ground Chasis Televisi
  • Hubungkan Probe Positive Multimeter pada tes poin mesin TV yang akan diukur
  • Catat hasil pengukuran kemudian bandingkan dengan data tegangan televisi normal atau standar.

Baca Juga :

Itulah beberapa daftar kerusakan TV Polytron U Slim, lengkap dengan solusinya. Pada dasarnya, pada masalah apapun, langkah awal adalah melakukan pengecekan keseluruhan komponen. Setelah itu melakukan perbaikan pada komponen tersebut, atau menggantinya.

Leave a Comment