Wiring Diagram Kipas Angin Gantung Maspion 3 Kecepatan

Diagram kipas angin, bagian dalam dan sistem kelistrikan mungkin membuat Anda penasaran. Kali ini kami akan membahasnya untuk Anda. Ada beberapa alasan yang membuat Anda harus mengetahui bagian dalam kipas angin.

Alasan yang paling penting adalah pertama untuk memudahkan Anda dalam memperbaiki kipas angin. Berikutnya untuk memudahkan kami dalam menjelaskan perbaikan kipas angin.

Diagram Kipas Angin

Sebagai contoh kami menyampaikan tentang penggantian bushing dan bearing kipas angin untuk mengatasi permasalahan kipas angin macet. Bila Anda tak mengetahui bushing dan bearing maka Anda akan sulit untuk melakukannya.

Wiring Diagram Kipas Angin Maspion

Kipas angin merupakan alat yang menghasilkan angin. Salah satu produsen ternama kipas angin adalah Maspion. Secara umum kipas angin berfungsi untuk menyegarkan udara, mendinginkan udara, pengering (menggunakan part tambahan penghasil panas), serta ventilasi (exhaust fan).

Ada begitu banyak alat yang wajib memakai kipas angin, oleh sebab itu wiring diagram kipas angin Maspion perlu untuk dipahami. Contoh, sebuah PC (personal computer) harus mempunyai kipas untuk mendinginkan komponen-komponen penting, salah satunya CPU.

wiring diagram kipas angin maspion
Wiring diagram kipas angin Maspion

Secara umum kipas angin yang banyak digunakan merupakan tipe kipas angin berukuran cukup besar yang mempunyai 3 speed (kecepatan). Kipas angin jenis ini yang nantinya kami bahas.

Kipas angin umumnya memiliki tiga bagian utama yaitu bagian body, mesin dan kelistrikan. Hal ini berdasarkan pendapat kami, dimana konteks pembahasan tentu tak berbeda jauh. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam mempelajarinya.

Diagram Kipas Angin Gantung

A. Body Kipas Angin

  1. Sangkar

Merupakan tempat angin dihasilkan dari baling-baling. Baling-baling ini dihalangi dengan sangkar agar baling-baling menjadi lebih aman dari kontak langsung dengan benda lainnya.

  1. Wadah

Merupakan bagian terpenting dan paling mahal serta menjadi jantung dari kipas angin. Wadah menjadi tempat dari mesin atau dinamo kipas angin sesuai diagram kipas angin gantung. Selain tempat dinamo, ada pula gearbox pada wadah yang mengatur apakah kipas bisa menengok ataupun tidak.

  1. Leher

Leher kipas angin mempunyai beragam fungsi, setidaknya tiga fungsi utama yaitu menahan kipas tetap tegak dan menempel di body, membuat kipas bisa menengok untuk udara lebih merata, serta mengatur arah kipas secara horizontal (keatas atau kebawah).

Bagian yang menjadi tempat kelistrikan ini sangat sering mengalami kerusakan, mulai dari masuknya arus sumber power lalu dikontrol oleh control kipas angin berupa saklar tarik, saklar tekan, timer, saklar berupa modul, dan sebagainya.

B. Bagian paling bawah

Menjadi bagian paling berat sebab kipas angin bisa berdiri tegak pada bagian ini. Untuk beberapa brand kipas angin, bagian ini bisa diatur ketinggiannya.

  1. Mesin Kipas Angin

Ada begitu banyak komponen tak dikenal pada bagian mesin atau dinamo kipas angin. Berikut beberapa diantaranya sesuai wiring diagram kipas angin 3 kecepatan.

  1. Bushing (bos)

Menjadi penyeimbang dan kontak langsung dari rotor (bagian berputar) dan stator (bagian diam). Ada pula sebagian kipas angin menggunakan bearing (laher) yang mempunyai kekuatan lebih awet.

  1. Rotor

Rotor merupakan alat rotasi atau bagian yang berputar. Bagian depan berfungsi sebagai baling-baling, tengah menghasilkan putaran serta belakang untuk gear pada gearbox.

C. Kumparan

Termasuk bagian dinamo yang sangat penting pada kipas angin. Kumparan nantinya mengubah arus listrik menjadi energi magnet untuk memutar rotor.

diagram kipas angin gantung
Diagram kipas angin gantung

Masih ada beberapa komponen lain pada bagian mesin atau dinamo kipas angin ini, seperti keren, baut, gearbox dan bagian gigi (gear).

  1. Kelistrikan Kipas Angin

Untuk kelistrikan kipas angin, tentu kami tak akan menjelaskan bentuk namun suatu rangkaian kelistrikan yang bisa membuat suatu kipas bisa bekerja sesuai keinginan. Tak hanya itu bagian ini pun sangat penting agar kipas angin berfungsi maksimal.

  1. Sumber stop kontak

Merupakan kelistrikan utama, kabel yang menjadi penghubung antara sumber listrik seperti PLN atau genset dengan kipas angin.

  1. Saklar kecepatan atau speed

Merupakan komponen untuk mengatur kecepatan putaran kipas angin serta untuk mematikannya. Umumnya kipas angin mempunyai empat tombol saklar dengan kegunaannya masing-masing.

Beberapa komponen kelistrikan kipas angin lainnya yang tak kalah penting antara lain dinamo (motor listrik), kapasitor, dan thermofuse kipas angin.

Demikian penjelasan singkat mengenai diagram kipas, bagian dalam dan sistem kelistrikan. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda sekalian.

Leave a Comment