Gambar Komponen Kulkas &Fungsinya, Adakah Bagian Kulkas 1 / 2 Pintu Yang Sering Rusak?

Saat ini jumlah pengguna kulkas sangatlah besar. Terbukti hampir setiap rumah pasti mempunyai peralatan elektronik ini. Berbicara tentang kulkas tahukah kamu mengenai gambar komponen kulkas dan fungsinya? Jika sudah berarti kamu termasuk orang yang memperhatikan komponen-komponen dari benda pendingin ini.

Gambar komponen kulkas dan fungsinya

Namun apabila belum tak perlu khawatir karena hampir semua pengguna juga tidak mengetahuinya. Komponen kulkas juga terdiri dari beberapa yang tentu mempunyai fungsi masing-masing. Akan tetapi ada beberapa komponen kulkas yang sering rusak dan malah cukup rentan apabila tidak diperhatikan atau dirawat. Apa saja komponen itu?

Baca Dulu : Cara Baca Kode Kompresor Kulkas

4 Gambar Komponen Kulkas dan Fungsinya, Ketahui untuk Merawatnya

1. Kabel Penghubung Saklar

Kabel Penghubung Saklar

Dikarenakan kulkas merupakan benda elektronik sudah pasti terdapat kabel penghubung saklar yang berfungsi untuk mengalirkan energi listrik ke dalamnya. Penggunaan yang cukup lama ternyata membuat kabel ini memiliki kerentanan yang cukup parah terhadap kerusakan.

Hal ini dikarenakan kabel penghubung saklar mengalami pembengkokan pada bagian tembaga karena sering terjadi lekukan diantara posisi kabel dan saklar. Terlebih apabila kabel terlalu dipaksakan untuk berada di posisi yang terlalu panjang dengan saklar. Jadi tembaga tersebut akan gampang putusa karena bengkok.

2. Kompresor

Kompresor

Gambar komponen kulkas dan fungsinya yang berikutnya adalah kompresor. Kompresor ini merupakan komponen yang memiliki fungsi sebagai pendingin. Sama halnya seperti AC kompresor menjadi bagian dari kulkas yang cukup rentan terhadap kerusakan.

Apabila bagian-bagian kulkas 1 pintu ini sudah terlanjur rusak atau mengalami kebocoran maka akan membuat kulkas tidak lagi mampu memberikan efek dingin di dalamnya. Maka dari itu kompresor wajib dijaga dan dirawat dengan cara tidak terlalu keras saat membuka ataupun menutup pintu kulkas.

Memang ini bukan suatu persoalan yang sulit dilakukan namun tidak semua orang mampu melakukannya dengan alasan lupa atau tergesa-gesa saat membuka dan menutup kulkas. Jadi jika tidak ingin kulkas kamu gampang rusak maka jangan lakukan hal demikian dan selalu berhati-hati.

Selain itu usahakan untuk membersihkan pintu kulkas dan bagian dalam dari tumpukan kotoran agar tidak mengalami kerusakan. Mungkin bisa seminggu sekali atau dua kali. Meski tidak ada bahan makanan berat yang ditaruh di dalam kulkas namun tetap bersihkan.

Baca Juga :

3. Evaporator

Evaporator

Evaporator adalah gambar komponen kulkas dan fungsinya yang juga tidak kalah rentan mengalami kerusakan. Biasanya kerusakan yang terjadi pada evaporator dikarenakan ada tumpukan kotoran di bagian dalam komponen ini sehingga evaporator sulit menjalankan operasinya.

Maka dari itu, selalu pastikan bahwa evaporator yang dimiliki kulkas masih dapat berfungsi dengan baik. Mengingat apabila evaporator sudah mengalami kendala tertentu jelas akan menghambat fungsi pendinginnya menjadi terganggu. Jika sudah demikian yang ada kulkas tidak bisa digunakan lagi.

4. Freezer

Freezer

Bagian-bagian kulkas 2 pintu yang terakhir akan dibahas adalah freezer. Komponen ini sangat mudah mengalami kerusakan dan kendala tertentu. Freezer pada kulkas mempunyai fungsi sebagai pendingin juga bisa mengubah bahan-bahan makanan dan air menjadi beku.

Apabila freezer ini sudah dipenuhi dengan bunga es yang menggumpal maka sangat berpotensi dan memungkinkan mengalami kerusakan. Jadi apabila kamu ingin menjaga salah satu gambar komponen kulkas dan fungsinya ini maka jangan lupa untuk membersihkan semua salju atau bunga es yang muncul di dalam lemari es.

5. Dinamo Kulkas

Dinamo Kulkas

Untuk gambar komponen kulkas dan fungsinya yang rentan mengalami kerusakan terakhir adalah dinamo kulkas. Dinamo ini berfungsi sebagai penggerak kompresor. Jadi apabila dinamo rusak maka komponen lain juga akan terpengaruhi.

Untuk menjaga dinamo kulkas sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara yang salah satunya adalah mengecek apakah kabel-kabelnya masih dalam kondisi baik atau sebaliknya. Jika memang sudah tidak dalam keadaan baik maka harus segera diganti atau diperbaiki sehingga kerusakan bisa dicegah lebih awal.

Ketahui :

Demikianlah penjelasan tentang gambar komponen kulkas dan fungsinya yang mudah rusak dan harus dijaga dengan baik untuk memaksimalkan fungsinya. Apabila kamu selalu memperhatikan komponen kulkas dengan baik maka fungsinya pun akan lebih maksimal dan terhindar dari seala jenis kerusakan.

Leave a Comment