Wiring Diagram Instalasi AC Cassette

Penggunaan AC Cassette saat ini sudah semakin marak. Hal ini tentu karena instalasi AC cassette yang mudah sekaligus dengan berbagai kelebihan yang lain. Namun, apakah kamu tahu apa itu AC cassette dan bagaimana melakukan pemasangannya?

Instalasi AC cassette

Mengulik Sistem Wiring Diagram AC Cassette Daikin 5PK

Sistem Wiring Diagram AC Cassette Daikin 5PK

AC cassette merupakan perangkat alat penurun suhu udara pada suatu ruangan yang dipasang pada langit-langit ruangan. Unit indoor dari AC ini dipasang pada bagian plafon sedangkan unit outdoor terletak cukup jauh supaya tidak mengganggu aliran udara.

Baca Dulu : Warna Kabel Kompresor AC

Jenis AC ini sangat digemari oleh banyak pelaku industri sehingga banyak dipasang pada area kantor, mall, atau berbagai gedung pertemuan. Salah satu jenis AC cassette yang banyak dipakai adalah AC cassette dari Daikin yang mempunyai kapasitas 5PK.

Bicara mengenai sistem pengoperasian AC sejatinya tidak dapat terlepas begitu saja dari wiring diagram. Diagram ini menggambarkan secara lengkap mengenai sejumlah informasi tentang bagaimana komponen kelistrikan pada AC saling terhubung satu sama lain untuk bisa mengoperasikan suatu sistem AC.

Seperti halnya pada AC cassette Daikin 5pk, wiring diagram yang disusun akan selalu berkembang sesuai dengan perkembangan dan kemajuan komponen kelistrikan. Diagram ini juga bisa digunakan dengan mencocokkan nomor model diagram dengan nomor model unit sehingga dapat diinterpretasikan secara mudah.

Pada dasarnya, terdapat tiga jenis wiring diagram yang biasa dipakai dalam perakitan, instalasi AC cassette, maupun untuk menganalisis berbagai gangguan yang mungkin saja terjadi, di antaranya:

  1. Diagram koneksi, dibuat untuk kebutuhan perakitan pabrik. Diagram ini juga dapat digunakan untuk memeriksa maupun mengecek koneksi antar komponen kelistrikan sistem AC sehingga biasanya dilengkapi dengan warna kabel untuk memeriksa koneksi kabel yang longgar atau lepas.
  2. Diagram eksternal, sering digunakan sebagai pedoman instalasi AC karena biasanya dibekali dengan petunjuk instalasi, lokasi terminal, jenis sekring, jenis data, hingga berbagai spesifikasi kabel.
  3. Diagram skematik, biasanya digunakan untuk mengontrol sistem pada AC. Diagram ini juga bisa dipakai untuk mengetahui urutan setiap operasi komponen kelistrikan.

Baca Juga :

Menggunakan Jasa Pasang AC Cassette

Jasa Pasang AC Cassette

Pemasangan alias instalasi AC cassette sejatinya tidak jauh berbeda dengan pemasangan unit AC konvensional. Ada baiknya jika kamu menentukan tempat yang tepat sekaligus sudut yang sesuai dengan perangkat yang akan dipasang.

Biasanya, satu unit AC cassette akan dipasang di tengah-tengah ruangan, namun jika membutuhkan lebih banyak, tentu harus diperhatikan areanya. Selain itu, pastikan pemasangan unit indoor pada AC cassette ini agak jauh dari ventilasi. Unit indoor tidak boleh terkena dengan udara langsung karena akan menyebabkan kerusakan jika dibiarkan terus menerus.

Pastikan juga ruangan yang akan dipasangi AC jenis ini tidak terlalu tinggi. Tempat yang tidak tepat tentu bisa sangat meringankan beban AC saat bekerja. Pastikan juga pemasangannya kuat supaya tidak terjadi risiko jatuh yang membahayakan banyak orang.

Apabila kamu merasa kesulitan untuk melakukan pemasangan AC cassette ini, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan jasa teknisi yang sudah berpengalaman untuk memasang perangkat tersebut. Biasanya, setiap toko atau vendor yang menyediakan penjualan AC cassette juga sudah menyiapkan teknisi handal untuk instalasi dan pengecekan.

Ketahui :

Pilihlah toko atau vendor instalasi AC cassette yang sudah terpercaya, dan senantiasa memiliki garansi resmi. Cek juga ketersediaan barang dan pastikan kinerja dari teknisi yang disediakan baik, teliti, dan tepat.

Categories AC

Leave a Comment