Jalur Kabel Kipas Angin 3 & 5 Kabel

Electronicevo.com — Ketika memiliki kipas angin, mungkin bagi penggunanya tidak terlalu penting untuk mengetahui jalur kabel kipas angin yang dimilikinya. Padahal jalur kabel ini sangatlah penting untuk diketahui. Nah, berikut ini merupakan informasi mengenai jalur kabel pada kipas angin.

Jalur kabel kipas angin

Baca Dulu : Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 5 Kabel

Jalur Kabel Kipas Angin 3 Kabel

Pada umumnya, kipas angin ada banyak jenisnya. Mulai dari kipas angin 3 kabel, 5 4 kabel, 5 kabel, atau 6 kabel. Nah, setiap jenisnya tersebut tentunya memiliki jalur kabel yang berbeda-beda dan juga warna kabel yang berbeda serta fungsinya yang berbeda.

Lalu, untuk jalur kabel kipas angin 3 kabel apa saja? Dan apa saja warna pada kabelnya?

Kipas angin yang memiliki 3 kabel keluaran sangat mudah dipahami dan diketahui apa saja jenis kabelnya. Selain itu, dalam fungsinya pun sangat mudah diketahui sehingga saat melalukan servis atau perbaikan tentu akan lebih mudah pula prosesnya.

Pertama, ada kabel berwarna hitam. Kabel ini merupakan kabel yang menghubungkan langsung ke sumber arus listrik, biasanya disebut juga sebagai kabel netral. Anda pasti sudah mengetahui kabel ini.

Setelah itu, ada kabel putih. Kabel putih untuk menyambungkan pada listrik langsung dan juga ke kapasitor. Lalu ada kabel merah, kabel merah ini untuk sambungan hanya pada ke kapasitor.

Jalur Kabel Kipas Angin 5 Kabel

Jalur kabel kipas angin 5 kabel

Tidak hanya 3 kabel, kipas angin juga ada yang memiliki 5 kabel. Jalur kabel kipas angin 5 kabel tentunya terdiri dari 5 kabel dengan warna dan fungsi yang berbeda-beda. Jadi, Anda harus mengetahui apa saja fungsi dari setiap warna kabelnya.

Pada kipas angin 5 kabel ada kabel warna kuning yang berfungsi sebagai penghubung ke kapasitor, lalu ada kabel warna merah untuk pengatur ke kecepatan tinggi saat kipas dinyalakan.

Setelah itu ada kabel warna biru sebagai penghubung ke tombol kecepatan rendah, kabel hitam untuk power dan kapasitor, serta kabel putih untuk penghubung ke kecepatan sedang.

Ketahui :

Bagian Kelistrikan Pada Kipas Angin

Bagian Kelistrikan Pada Kipas Angin

Sistem kelistrikan sangat penting dalam suatu alat elektronik, termasuk salah satunya kipas angin. Pada pembahasan ini dilanjutkan mengenai bagian kelistrikan kipas angin mulai dari sumber listrik hingga ke kapasitor.

1. Sumber Arus Listrik

Bagian ini adalah hal yang paling utama dari kipas angin. Pada bagian ini Anda dapat menghubungkan kabel kipas angin dengan sumber listrik supaya dapat beroperasi dengan normal.

2. Tombol Kecepatan

Pada kipas angin, pastinya ada tombol kecepatan. Anda pasti sudah mengetahui tombol ini fungsinya apa pada kipas angin. Ya, salah satu tombolnya ada yang namanya tombol power.

Tombol power berfungsi untuk menyalakan atau mematikan kipas angin. Biasanya tombol power ini warnanya dibedakan dari tombol kecepatan lainnya, bisa berwarna hitam atau merah.

Setelah itu, tombol kecepatan lainnya mulai dari kecepatan 1 hingga kecepatan 3. Kecepatan 1 adalah kecepatan putar kipas angin yang rendah, kecepatan 2 merupakan kecepatan putar kipas angin sedang, dan 3 adalah kecepatan yang paling tinggi.

Perlu Anda ketahui bahwa pada setiap tombol kecepatan terdapat kabel yang dapat mengatur kecepatannya yaitu ada pada jalur kabel kipas angin 3, 5, atau 6 kabel.

3. Kapasitor

Kapasitor merupakan komponen paling penting dalam alat elektronik seperti kipas angin. Komponen ini memiliki fungsi yang dapat meningkatkan faktor daya listrik, jadi dalam penggunaannya pun akan lebih hemat listrik.

Umumnya kapasitor yang digunakan pada kipas angin adalah kapasitor 1,5 mikro farad. Tetapi, ada juga yang menggunakan 1, 1,2 atau 2 mikro farad.

4. Dinamo

Dinamo memiliki fungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Adanya komponen ini sangat penting dan mempengaruhi pergerakan kipas angin. Jadi, sebaiknya dinamo harus memiliki kualitas yang bagus dan dapat berfungsi baik supaya kipas angin bisa berjalan normal.

Artikel Terkait :

Itu dia tentang jalur kabel kipas angin yang harus Anda ketahui. Tidak hanya jalur kabelnya saja, Anda juga tentu harus memahami bagian-bagian kelistrikan yang ada pada kipas angin Anda.

Leave a Comment