Cara Pasang Jalur Kabel Mesin Cuci 2 Tabung

Sudah banyak yang melakukan reparasi mandiri terkait kerusakan mesin cuci, sebab kuncinya terletak pada pemahaman kita terkait jalur kabel mesin cuci 2 tabung. Setiap kabel biasanya mempunyai warna masing-masing dan arti masing-masing.

 Jalur Kabel Mesin Cuci 2 Tabung

Baca Dulu : Cara Menyambung Jalur Kabel Dinamo Mesin Cuci Ke Kapasitor

Jalur Kabel Mesin Cuci 2 Tabung

Saat ini kita perlu mengetahui warna kabel dinamo dari mesin cuci. Tujuannya agar kita tidak melakukan kesalahan yang mengakibatkan system mesin cuci menjadi tidak berfungsi. Jika Anda salah jalur kabel listrik bisa terjadi korsleting dan semua komponen lainnya menjadi rusak.

Kenali Kabel Mesin Cuci 2 Tabung dengan Baik

Tujuan Anda memahami warna kabel dinamo dari mesin cuci adalah menghindari kerusakan komponen lainnya semakin parah karena korsleting. Sebelum memulai mengamati jalurnya, Anda perlu mengenal komponen utama yaitu dinamo.

Dinamo adalah unit penting bisa menjalankan sistem mesin cuci. Ada 3 hal yang perlu Anda lakukan yaitu melakukan pengamatan terkait dinamo, yaitu:

1. Lihat jalur kabel dari dinamo

Dinamo mempunyai 3 jalur kabel dengan fungsi yang berbeda. Masing-masing jalur tersebut mempunyai fungsi yaitu menyambungkan ke listrik, menyambungkan pada motor wash dan spin. Biasanya untuk disambungkan ke listrik, kabel dinamo yang digunakan berwarna biru.

2. Lakukan test dinamo tanpa timer

Lakukan test untuk mengetahui apakah sudah sesuai jalur kabel yang digunakan.

3. Gunakan komponen tambahan

Komponen tambahan ini diperlukan untuk menunjang kerja dari mesin cuci.

Pastikan ketiga hal tersebut sudah teratasi dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa lanjut memasang kabel dinamo ke bagian kapasitor.

Artikel Terkait :

Cara Pasang Kabel Mesin Cuci 2 Tabung dari Dinamo ke Kapasitor

Cara Pasang Kabel Mesin Cuci 2 Tabung dari Dinamo ke Kapasitor

Masih banyak yang mencari cara untuk memasang kabel dinamo ke kapasitor dengan jalur atau kabel yang sesuai. Informasi ini akan menjelaskan kepada Anda bagaimana memasang kabel mesin cuci yang baik.

Cara yang bisa Anda ikuti, antara lain :

  1. Lakukan analisa untuk membedakan kabel daya dengan kapasitor
  2. Kabel berwarna biru biasanya digunakan untuk daya, sedangkan kabel yang digunakan untuk kapasitor memiliki warna merah dan hitam,
  3. Sambungkan kabel dengan warna biru ke daya untuk sambungan listrik
  4. Sambungkan kabel berwarna merah dan hitam ke kapasitor
  5. Kapasitor sendiri mempunyai 2 kabel dengan beda warna
  6. Sambungkan kabel stop kontak ke dinamo
  7. Terdapat 2 kabel stop kontak
  8. Sesuaikan dengan arah putar dinamo
  9. Jika tidak sesuai maka pindahkan kembali sambungan kapasitor yang lainnya.

Memang lebih enak jika kita menggunakan dinamo yang baru dibeli karena warna kabel masih tertera dengan jelas dan belum pernah ada yang menggantinya. Dinamo yang lama atau bekas yang sudah pernah diganti kabel dengan warna yang berbeda inilah menjadi masalah.

Anda benar-benar harus bisa memastikan dengan benar jalur kabel mana yang untuk daya dan untuk kapasitor. Tentunya Anda akan membutuhkan alat bernama AVOmeter sehingga Anda bisa menentukan hambatan pada setiap kabelnya.

Langkah di atas memang bisa Anda lakukan untuk Anda yang ingin memperbaiki secara mandiri. Namun jika Anda ragu dan tidak mempunyai dasar-dasar dalam dunia listrik, sebaiknya Anda menggunakan jasa reparasi saja.

Baca Juga :

Selesai sudah pembahasan terkait bagaimana kita bisa mengetahui cara pasang dari kabel mesin cuci. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan dan memahami skema diagram yang sudah disediakan pada mesin cuci, sehingga Anda bisa meminimalisir kesalahan atau potensi kegagalan saat sedang reparasi.