Berapa Jumlah Lilitan Dinamo Mesin Cuci?

Mesin cuci itu membutuhkan dinamo agar supaya bisa bekerja, dan jumlah lilitan dinamo mesin cuci adalah informasi yang sangat penting. Bila jumlah lilitannya kurang tepat, maka akan mempengaruhi kinerja dan juga mungkin mesin tidak bisa bekerja. Oleh karena itulah informasi dari jumlah lilitan ini memang sangat perlu dimiliki baik itu oleh pabrik mesin cuci atau tukang servis.

Jumlah lilitan dinamo mesin cuci

Baca Dulu : Cara Menyambung Kabel Dinamo Mesin Cuci Ke Kapasitor

Dasar Menghitung Jumlah Lilitan Dinamo

Jumlah lilitan dari dinamo untuk mesin cuci sendiri memang tidak semua sama, ada beberapa penentu yang menentukan jumlah lilitan. Jadi meskipun dari merek yang sama, akan tetapi untuk jenis mesin cuci tertentu akan mempengaruhi juga jumlah lilitan yang diperlukan. Ada beberapa hal memang yang mempengaruhi atau menjadi dasar dalam menghitung jumlah lilitan, berikut beberapa di antaranya.

  1. Penentu pertama yang bisa menjadi dasar ataupun acuan orang dalam menentukan jumlah lilitan pada dinamo mesin cuci itu adalah lubang alur. Lubang alur ini akan menentukan berapa jumlah lilitan yang diperlukan, dan setiap lubang alur tentunya berbeda jumlah lilitannya. Jadi meskipun di merek yang sama, bila lubang alurnya berbeda, tentu tidak tepat bila mempergunakan jumlah yang sama.
  2. Penentu yang kedua adalah tebal dari kern yang dimiliki oleh dinamo itu sendiri, ini juga bisa menjadi penentu. Bagi beberapa orang menggunakan tebal kern sebagai acuan itu jauh lebih mudah dilakukan, karena lebih mudah diukur. Jika ditemukan tebal kern sama namun lubang alur berbeda, maka hitung diameter kecil dan cari jumlah lilitan yang paling mendekati.

Cara paling mudah dalam membuat dinamo mesin cuci itu adalah dengan membuat tabel jumlah lilitan dinamo mesin cuci. Dengan adanya tabel tersebut, akan lebih mudah dalam mengingat dan menentukan jumlah lilitan berdasarkan acuan yang ada. Anda bisa menuliskan merek, ukuran lubang alur, dan lain sebagainya dalam membuat tabel tersebut.

Baca Juga :

Tahapan Menggulung Lilitan Dinamo

Tahapan Menggulung Lilitan Dinamo

Cara gulung dinamo mesin cuci itu pun memang harus diketahui dengan baik agar supaya dinamo bisa bekerja dengan baik. Dan langkah yang harus dilakukan agar supaya bisa menggulung dinamo untuk mesin cuci ini dengan sebaik mungkin. Dan berikut ini kami akan jelaskan bagaimana tahapan untuk bisa menggulung lilitan dinamo dengan baik.

  1. Tahapan yang paling pertama adalah dengan menggulung di diameter yang kecil dulu, untuk posisi 1- 4 kern.
  2. Tahapan yang kedua adalah menggulung di diameter yang besar untuk posisi 1-6, namun sebelumnya harus pasang jari-jari motor di lubang yang tersedia
  3. Tahapan berikutnya masih di diameter yang besar juga dengan jari-jari yang kemudian dipasang kembali
  4. Tahapan keempat adalah keluarkan jari-jari dan juga gulung di diameter kecil lagi sesuai skema lilitan dinamo mesin cuci 2 tabung
  5. Selanjutnya tahapan diulang kembali dan kemudian pasang lagi jari-jari motor untuk kemudian gulung di diameter besar lagi
  6. Setelah selesai lepas gulungan dari mesin untuk nanti di pasang di dinamo mesin cuci

Ketahui :

Dalam membuat gulungan atau lilitan dinamo itu tentunya sangat perlu untuk mengetahui mengenai berapa jumlah lilitan dinamo mesin cuci. Dengan begitu Anda tahu berapa lilitan yang harus dibuat agar dinamo bisa berjalan. Namun bila Anda tidak memahaminya, sebenarnya sekarang sudah ada cukup banyak dinamo mesin cuci yang siap pakai yang tidak perlu repot Anda buat dari awal.

Leave a Comment