Warna Kabel & Skema Dinamo Mesin Cuci Front Loading

Mesin cuci memang menjadi salah satu peralatan yang sangat membantu manusia dalam mencuci pakaian yang sudah dipergunakan. Di dalam mesin cuci itu ada kabel dinamo mesin cuci front loading agar supaya bisa bekerja dengan baik dalam mencuci pakaian. Mesin cuci ini sendiri biasanya dipergunakan oleh orang-orang yang sibuk dan ada baiknya Anda memahami soal kabel dan rangkaiannya.

Kabel dinamo mesin cuci front loading

Ketika ada masalah pada mesin dinamo terutama di bagian kabel, maka bisa dipastikan kalau mesin cuci tidak akan bisa bekerja. Karena itu Anda perlu tahu kabel yang ada di dinamo mesin cuci tersebut, agar supaya kalau ada kerusakan kecil maka Anda tahu masalahnya di mana. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai kabel tersebut dan juga mungkin skema rangkaian dari kabel tersebut.

Baca Dulu : Skema Mesin Cuci 1 Tabung

Jenis Kabel Di Dinamo Mesin Cuci Front Loading

Apabila berbicara mengenai kabel dinamo mesin cuci itu memang tentunya berbeda-beda, karena bisa jadi setiap merek itu berbeda-beda. Kabel untuk dinamo mesin cuci Samsung front loading tentunya akan berbeda juga dengan kabel yang mungkin digunakan pada merek lain. Dan berikut ini jenis kabel yang secara umum digunakan pada mesin cuci front loading yang jumlahnya ada 3, berikut penjelasannya.

1. Common

Kabel pertama yang biasanya ada pada mesin cuci front loading itu adalah kabel common, dan fungsi dari kabel ini sebenarnya netral saja. Jadi fungsi dari kabel Common ini adalah untuk menjadi penyuplai listrik yang akan dibutuhkan oleh tubuh dinamo mesin ini. Meskipun fungsi yang dimiliki itu sangat mendasar, namun kabel common ini memegang kendali penuh, bila terjadi kerusakan mesin tidak akan berputar.

2. Running

Pada skema dinamo mesin front loading itu sudah pasti ada kabel running, dan memiliki fungsi untuk menggerakkan dinamo. Kabel ini sebenarnya sama seperti terminal listrik yang akan menjadi penggerak dari dinamo untuk mesin cuci. Jadi fungsinya memang sangat mendasar, ketika kabel ini bermasalah, maka sudah pasti mesin tidak akan berputar.

3. Start

Kabel terakhir yang ada pada sebuah skema dinamo mesin cuci front loading itu adalah kabel start yang mendukung kinerja dinamo. Fungsi dari kabel start ini adalah untuk menghubungkan dinamo dengan kapasitor yang menjadi sebuah starting. Jadi inilah ketiga kabel yang biasanya secara umum ada pada sebuah skema dinamo mesin cuci front loading.

Skema Kabel Mesin Cuci Front Loading

Skema Kabel Mesin Cuci Front Loading

Berbicara soal kabel, sudah pasti akan berhubungan juga dengan skema kabel dari dinamo mesin cuci front loading tersebut. Apabila Anda sudah menerapkan cara tes dinamo mesin cuci front loading dan ternyata rusak, maka skema ini jadi sangat bermanfaat. Karena semua komponen dari dinamo, rangkaian kabel dan juga area dinamo itu akan tergambar secara jelas di skema tersebut.

Skema sendiri memang akan ditempel di bagian belakang mesin cuci, karena berfungsi untuk memudahkan orang yang servis dinamo mesin cuci tersebut. Sehingga teknisi yang akan memperbaiki mesin cuci itu akan langsung bisa melakukan penelusuran berdasarkan skema tersebut. Dengan skema, maka Anda akan bisa lebih cepat dalam mengetahui kemungkinan bagian yang mungkin rusak.

Skema untuk setiap perusahaan atau merek dari mesin cuci pun tentunya berbeda-beda, tergantung kebijakan dari pabrik tersebut. Namun setiap pabrik mesin cuci itu sudah pasti memiliki skema, karena ini untuk memudahkan para pekerja pabrik dalam merakit mesin cuci.

Baca Juga :

Jalur Kabel Mesin Cuci 1 Tabung

Jalur Kabel Mesin Cuci 1 Tabung

Untuk mesin cuci 1 tabung pun ada rangkaian atau skema dari kabel juga yang mungkin perlu Anda pahami juga. Tentunya skemanya akan berbeda dengan jenis mesin cuci yang lainnya, meskipun berbeda merek pun bisa jadi berbeda juga. Dan yang paling penting juga adalah soal warna kabel dinamo mesin cuci 1 tabung pun mungkin akan berbeda, berikut ini beberapa warna kabel yang ada di mesin cuci 1 tabung.

  1. Merah
  2. Oranye
  3. Biru
  4. Biru muda
  5. Cokelat
  6. Ungu
  7. Putih
  8. Kuning

Ketahui :

Demikianlah beberapa informasi soal kabel dinamo mesin cuci.

Leave a Comment