Cara Mengetahui Kode Warna Kabel Dinamo Mesin Cuci

Kode warna kabel dinamo mesin cuci penting untuk diketahui sebelum menyambungkannya. Pada umumnya motor dinamo memiliki 3 buah ujung kabel dengan warna merah, kuning, dan biru atau kombinasi warna lain. Cara mengetahui kabel dinamo mesin cuci dapat dilihat pada diagram yang ditempel pada dinamo.

Kode Warna Kabel Dinamo Mesin Cuci dan Jalur Listriknya

  1. Kabel pada dinamo mesin cuci

Dinamo mesin cuci terhubung ke kapasitor dan juga arus listrik. Caranya adalah menghubungkan kabel-kabel yang ada pada dinamo sesuai dengan kode warna pada diagram. Biasanya wiring diagram atau diagram kabel dapat dilihat pada setiap unit mesin cuci.

kode warna kabel dinamo mesin cuci

Umumnya kabel dinamo terdiri dari 3 buah kabel dengan warna-warna tertentu. Penggunaan warna yang berbeda ini akan memudahkan pengguna atau teknisi menyambung kabel dinamo sesuai fungsinya.

Cara mengetahui kabel dinamo mesin cuci yang masih baru yaitu melihat bagian belakang dinamo atau belakang bodi mesin cuci. Kebanyakan mesin cuci terdiri dari kabel warna merah, biru, dan hitam. Namun pada beberapa merek mesin cuci mungkin menggunakan kombinasi warna lain.

Baca Dulu: Cara Gulung Dinamo Mesin Cuci

  1. Fungsi kabel dinamo

Kabel dinamo mesin cuci memiliki beberapa fungsi berbeda sesuai jalur kabel yang menjadi standar pabrikan. Fungsi utamanya adalah untuk menghubungkan dinamo mesin cuci ke kapasitor. Jalur kabel ini penting terutama untuk penyediaan daya saat mesin start atau dinyalakan.

Fungsi kabel dinamo lainnya adalah untuk menghubungkan ke rangkaian tambahan yang memudahkan penggunaan mesin cuci. Salah satunya kabel yang terhubung ke arus listrik atau bagian fuse untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik.

Kode warna kabel dinamo mesin cuci harus diperhatikan agar komponen dapat bekerja maksimal. Kabel dinamo ini berfungsi juga untuk menghubungkan dinamo ke timer wash atau timer spin. Pengguna dapat mengatur jeda atau durasi saat mencuci atau mengeringkan dengan timer tersebut.

  1. Warna kabel dinamo mesin cuci

Jasa teknisi yang sudah ahli dapat menjadi solusi apabila ada masalah pada dinamo mesin cuci. Namun untuk Anda yang ingin melakukannya sendiri maka perlu belajar jalur kelistrikan dan memahami kode warna dari setiap kabel dinamo mesin cuci. Pada standar warna kabel dinamo terdiri dari merah, hitam, dan biru.

kode warna kabel dinamo mesin cuci

Baca Dulu: Cara Cek Dinamo Pengering Mesin Cuci Dengan Multitester

  • Kabel warna merah untuk jalur ke kapasitor.
  • Kabel warna biru untuk jalur ke arus listrik.
  • Kabel warna hitam untuk jalur ke timer mesin cuci atau mesin pengering.
  1. Menyambung kabel dinamo

Dinamo akan berputar apabila ketiga kabel paling luar sudah terhubung dengan benar ke komponen atau bagian mesin cuci lainnya. Berikut beberapa cara untuk menyambung kabel dinamo mesin cuci.

  • Melihat diagram kabel

cara mengetahui kabel dinamo mesin cuci

Baca Dulu : Air Keluar Terus Pada Mesin Cuci 1 Tabung

Label yang berisi informasi penting mesin cuci termasuk diagram kabel ada pada semua merek mesin cuci. Pengguna bisa diagram kabel dinamo mesin cuci pada unit dinamo atau di bagian belakang bodi mesin cuci. Diagram ini cukup jelas dan mudah dimengerti karena disertai gambar dan keterangan warna kabel.

  • Mengecek resistensi kabel

Anda dapat mengecek sendiri kabel-kabel dinamo tersebut untuk mengetahui jalur kabelnya. Dibutuhkan alat pengukur resistensi yaitu avometer. Menggunakan teknik ini, Anda bisa mencari tahu mana kabel untuk dihubungkan ke listrik, kapasitor, dan timer berdasarkan resistensi dari arus kabel tersebut.

  • Menggunakan jasa teknisi

teknisi service AC
Teknisi service AC

Cara paling mudah dan aman yaitu menggunakan jasa teknisi yang sudah ahli. Apabila ada kerusakan atau butuh penggantian dinamo baru, Anda bisa mengandalkan jasa teknisi.

Baca Dulu:

Kode warna kabel dinamo mesin cuci di atas penting untuk diketahui bagi Anda yang ingin melakukan reparasi mesin cuci sendiri. Namun jika menggunakan teknisi, tentunya Anda bisa mengandalkan teknisi tersebut tanpa harus tahu kabel-kabel dinamo mesin cuci.

Leave a Comment