Kenapa Kompresor AC Kadang Hidup Sebentar Lalu Mati ?

Electronicevo.com — Di sejumlah tempat atau ruangan pasti Anda pernah menemukan AC yang biasa terletak di dinding bagian atas. Penggunaannya memang menjadi suatu kewajiban demi kenyamanan. Namun, rupanya masih ada saja masalah kompresor AC hidup sebentar lalu mati. Lalu, apa yang menjadi penyebab kompresor AC mati hidup?

Kompresor AC hidup sebentar lalu mati

Kenapa Outdoor AC Kadang Nyala Kadang Mati?

Mungkin bagi sebagian orang yang menggunakan AC pernah mengalami masalah outdoor AC yang kadang nyala dan mati. Lalu, mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Hal tersebut bisa terjadi karena di dalam kompresor terdapat sebuah overload yang berguna sebagai pengaman pemutus arus listrik jika ada tegangan listrik yang lebih tinggi. Namun, bisa jadi karena outdoor AC yang mengalami peningkatan temperatur ynag sangat tinggi sehingga dapat memutus tegangan.

Di bawah ini merupakan penyebab lebih lengkapnya mengenai kompresor AC hidup sebentar lalu mati.

Baca Juga : Warna Kabel Kompresor AC

Penyebab Kompresor AC Hidup Sebentar Lalu Mati

Penyebab Kompresor AC Hidup Sebentar Lalu Mati

Pada sejumlah merek AC seperti contohnya Panasonic, mungkin pernah mengalami masalah ini, AC Panasonic hidup sebentar lalu mati. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, di bawah ini merupakan beberapa penyebab yang menyebabkan masalah tersebut terjadi.

1. Masalah Pada Termistor

Termistor menjadi salah satu komponen yang penting dalam suatu sistem mesin AC. Komponen yang satu ini berperan mengelola suhu pada mesin AC secara otomatis. Apabila komponen ini mengalami kendala, maka dapat menyebabkan kompresor AC nyala mati sendiri saat dinyalakan.

Untuk dapat mengetahui apakah termistor mengalami masalah atau tidak, Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan multimeter. Namun, jika Anda merasa bingung dan takut menambah masalah, Anda bisa menghubungi teknisi agar AC Anda bisa segera diperbaiki.

2. PCB Modul

Penyebab kompresor AC hidup sebentar lalu mati bisa jadi ada kerusakan pada PCB modul atau sirkuit elektronik. Biasanya masalah pada bagian ini dipicu oleh adanya tegangan listrik, mungkin karena terjadinya lonjakan tegangan, korsleting listrik, atau bahkan sambaran petir (pada AC outdoor).

Untuk mengantisipasi masalah ini, Anda bisa menggunakan stabilizer. Stabilizer ini dapat digunakan untuk menjaga adanya kemungkinan perubahan tegangan listrik yang mungkin bisa sangat berisiko pada AC atau perangkat elektronik lainnya.

3. Switch On-Off

Jika Anda pernah membuka casing pada AC, mungkin saja bisa menjepit atau menekan bagian switch on-off. Ini bisa terjadi saat Anda melakukan servis AC. Karena, switch on-off ini menjadi salah satu faktor penyebab masalah kompresor AC hidup sebentar lalu mati.

Tidak hanya itu, soket kabel AC pun harus menjadi perhatian. Apabila posisinya tidak kencang atau bermasalah, maka bisa saja membuat sensor yang ada di pendingin menjadi kurang responsif atau kurang dapat berfungsi.

4. Freon

Masalah lainnya mungkin pada freon. Apabila refrigerant atau freon terlalu berlebihan, maka dapat mengakibatkan penggunaan listrik yang lebih tinggi dan membuat kompresor lebih sering nyala mati sendiri.

Tetapi, jika kekurangan pun maka AC tidak dapat berfungsi karena freon menjadi komponen yang penting untuk dapat menghasilkan udara yang dingin saat menyalakan AC.

Ketahui :

Penyebab Kompresor AC Mati Tapi Kipas Hidup

Penyebab Kompresor AC Mati Tapi Kipas Hidup

Di lain sisi, mungkin ada juga yang mengalami masalah kompresor AC mati tetapi kipas masih dapat hidup. Ini masih berkaitan dengan fungsi kompresor. Hal tersebut terjadi karena adanya masalah atau kerusakan pada bagian kompresor yang overload.

Kerusakan pada overload yang ada di kompresor dapat mengganggu kinerja komponen kompresor dan membuat AC tidak bisa menghasilkan udara dingin.

Selain itu, kompresor yang mati total juga menjadi penyebab AC tidak berfungsi walaupun kipas hidup. Kompresor yang mati total tersebut karena mengalami yang namanya overheating. Ini terjadi karena filter udara mengalami penyumbatan sehingga evaporator pun tidak dapat berfungsi.

Akibatnya, kompresor pada AC menjadi sanat panas dan pada akhirnya mati total. Jika sudah begini, Anda harus menggantinya dengan kompresor yang baru.

Artikel Lainnya :

Nah, itu dia info lengkap mengenai penyebab kompresor AC hidup sebentar lalu mati yang dapat disampaikan. Anda bisa mengecek masalah AC dengan menghubungi teknisi untuk dapat dilakukan perbaikan atau servis.

Categories AC

Leave a Comment