Kompresor AC Mati Tidak Mau Start Tapi Kipas Hidup

Kali ini kami akan membahas tentang penyebab kompresor AC mati tapi kipas hidup. Mungkin Anda pernah mengalami hal seperti ini, unit indoor AC menyala namun kipasnya tetap hidup. Akan tetapi udara dalam ruangan tak terasa dingin sama sekali. Hal ini dikarenakan kompresor AC mati namun kipas hidup.

Kompresor AC mati tapi kipas hidup

Kompresor adalah komponen tak terpisahkan pada sistem pendingin udara pada suatu unit AC (air conditioner). Jika kompresor AC tidak mau start maka tak akan bisa menjalankan fungsi utamanya untuk mengeluarkan panas dari dalam suatu ruangan.

Baca Dulu : Ukuran Ampere AC

Dikarenakan suhu mempunyai sifat berpindah dari area panas ke dingin, maka suhu refrigerant harus selalu lebih tinggi dari sekitarnya agar kompresor bisa mengantarkan panas ke luar ruangan.

Kompresor ini juga mempunyai peran mengubah refrigerant atau yang lebih dikenal dengan sebutan freon dari zat gas yang bersifat panas menjadi zat cair yang bersifat dingin.

Seringkali saat AC tak terasa dingin namun menghembuskan angin, akar permasalahannya ada pada kompresor. Lalu bagaimana cara memperbaiki kompresor AC mati?

Faktor Penyebab Kompresor AC Mati Tapi Kipas Hidup

Faktor Penyebab Kompresor AC Mati Tapi Kipas Hidup

Kami akan menjelaskan tentang faktor penyebab kompresor AC mati namun kipas hidup. Ikuti terus!

1. Unit indoor dan outdoor tak kompatibel

Banyak AC yang digunakan di rumah-rumah merupakan AC split yang terbagi menjadi dua bagian utama, unit indoor dan unit outdoor. Keduanya harus cocok atau kompatibel agar AC dapat berfungsi.

Bila terdapat masalah di salah satu unit, Anda tak dapat sembarangan menggantinya. Sebab unit yang tak kompatibel dapat menyebabkan kompresor tak berfungsi. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah berapa lama outdoor AC menyala.

2. Putusnya kabel pada unit indoor

Seperti yang dibahas sebelumnya, AC split terdiri dari unit indoor dan outdoor yang saling terhubung. Bila kabel yang memiliki fungsi mengantarkan energi pada unit indoor putus, maka kompresor tak akan menyala dan AC tak terasa dingin.

Baca Juga :

3. Permasalahan pada thermistor AC

Thermistor adalah komponen AC yang berfungsi mengatur suhu sesuai instruksi yang diberikan dengan remote AC. Kerusakan thermistor bisa menyebabkan unit indoor gagal dalam mengirim arus listrik pada kompresor.

Sebagai akibatnya AC tak dingin. Umumnya masalah ini ditandai kipas dan unit indoor tak menyala sementara kompresor mati. Permasalahan thermistor mungkin saja terjadi saat pengaturannya berubah. Kompresor yang harusnya mendinginkan ruang tak bekerja seperti seharusnya.

Hal ini dapat terjadi sebab thermistor membaca ruangan sudah dingin. Solusinya yaitu dengan melakukan reset thermistor. Jika kompresor mati karena kerusakan thermistor, maka Anda harus menggantinya.

4. Starter kapasitor yang lemah

Masing-masing unit AC memiliki kapasitor yang fungsinya untuk mengantarkan energi listrik dalam menjalankan kompresor, blower dan kipas luar. Pada proses ini, terdapat komponen starter yang fungsinya mengantarkan energi listrik supaya kapasitor beroperasi.

Jika starter lemah atau rusak, mesin tak dapat dihidupkan. Hal ini ditandai kipas outdoor hidup, namun kompresor tak menyala atau hanya berdengung. Bila hal ini terjadi, ganti sparepart AC. Anda tak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam sebab harganya cukup terjangkau.

5. Overload kompresor putus atau rusak

Overload kompresor putus atau rusak

Kompresor AC mati namun kipas hidup dapat terjadi karena kerusakan overload kompresor. Umumnya mesin kompresor dilengkapi overload yang fungsinya untuk memutus arus yang masuk pada kompresor bila ampere terlalu tinggi.

Kerusakan overload nantinya mengganggu kinerja kompresor dan menyebabkan AC tak bisa menghasilkan udara dingin. Maka dari itu Anda akan menjumpai kipas hidup namun AC tak terasa dingin.

6. Tegangan yang tak stabil

Kompresor AC mati namun kipas hidup juga dapat terjadi karena permasalahan lonjakan tegangan listrik. Mengenai hal ini, sirkuit elektronik atau PCB modul menjadi rusak dikarenakan hal-hal yang dipicu oleh tegangan listrik, misalnya lonjakan tegangan ataupun sambaran petir.

Umumnya kompresor mempunyai voltase 220. Jika tegangan terlalu rendah ataupun tinggi maka kompresor tak dapat bekerja maksimal, AC pun tak terasa dingin. Anda dapat mengantisipasinya dengan penggunaan stabilizer.

Ketahui :

7. Kompresor mati total

Bisa dibilang kompresor merupakan jantung dari sebuah AC. Bila mengalami kerusakan maka disarankan untuk memperbaiki atau menggantinya tergantung dari kerusakan yang dialami. Satu-satunya solusi kompresor mati total adalah menggantinya dengan unit kompresor yang baru.

Categories AC

Leave a Comment