Kumpulan Kerusakan TV Sharp Qbeat, Pin Protek, Gagal Start & Flyback Tidak Bekerja

Untuk yang memiliki TV Sharp Qbeat tentu saja kumpulan kerusakan TV Sharp Qbeat memiliki tanda-tanda seperti TV standby, tidak keluar suara ataupun tampilan, dan lainnya. Kabar baiknya Sharp memberikan perlindungan dengan cara berada pada posisi standby.

Kumpulan Kerusakan TV Sharp Qbeat

Posisi tersebut akan melindungi unit lain ketika ada permasalahan di pin protek TV Sharp Qbeat ataupun bagian lain. Kerusakan tadi mengakibatkan kondisi seperti TV Sharp Qbeat gagal start dan kondisi lain seperti TV Sharp flyback tidak bekerja.

Baca Dulu : TV LCD LG Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

List Kumpulan Kerusakan TV Sharp Qbeat

sebelum mengalami kerusakan tentu saja ada beberapa gejala yang mendahuluinya. Untuk gejala pada seluruh model Sharp biasanya pada saat TV dinyalakan terdapat garis vertikal lalu selanjutnya mati protek atau standby.

Namun khusus untuk model Sharp Qbeat gejala yang paling umum yaitu TV dalam kondisi standby atau ketika dinyalakan tidak start. Hal tersebut bisa disebabkan karena elco yang mengalami kerusakan yang mana elco ini memiliki fungsi untuk start ketika TV dinyalakan.

1. Pin protek TV Sharp Qbeat

Pin protek TV Sharp Qbeat

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa kondisi mati standby atau Protek merupakan kondisi yang paling umum dialami. Sharp ini memiliki julukan “Si Raja Protek” dikarenakan sistem protek di dalamnya sangatlah lengkap jadi untuk menentukan kerusakan dengan cepat tidaklah mungkin.

Protek ini memiliki pin yang mana perlu kalian ketahui untuk menelusuri jalur yang ada pada pcb sehingga bisa melihat dimana kerusakannya. Tentunya ketika akan menganalisa kerusakan serta melihat pin proteknya diperlukan penonaktifan pada proteknya.

Untuk melihat kerusakan pada pin protek jangan khawatir dan lihat pada bagian tuner di titik 30v/33v sebagai titik awalnya. Putuskan jalur protek yang sumbernya berasal dari IC program mengingat pada IC program semua jalur saling terhubung.

2. TV Sharp Qbeat gagal start

Umumnya TV jenis ini akan mengalami kondisi gagal start bila terjadi kerusakan pada bagian mesinnya yang bisa disebabkan karena rusaknya komponen atau faktor lainnya. Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa penyebab gagal start umumnya karena elco yang rusak. Berikut ini merupakan beberapa elco yang menjadi penyebab kerusakannya.

  • Elco 6.3V 100uF

Elco ini letaknya pada jalur 3V, bila diperhatikan sekilas keadaannya akan baik-baik saja tapi kondisi sebenarnya sudah sangat kering dan perlu pergantian. Elco ini tergolong paling sering mengalami kerusakan dibandingkan elco lainnya.

Cara mengecek apakah elco ini penyebabnya yaitu coba nyalakan TV terus menerus dan lama-lama TV tadi bisa hidup. Jika kalian menemukan kondisi tersebut maka Elco 6.3V 100uF merupakan penyebabnya.

  • Elco di jalur ABL dekat FBT

Jalur ABL memiliki 2 elco kecil yang bernilai 50V 1uF yang mana elco tersebut letaknya bersebelahan dengan FBT. Elco tadi memiliki letak yang saling berdekatan dan jika elko tersebut kering maka TV akan mengalami kerusakan.

  • Elco dekat STR

Elco ini memiliki bentuk yang kecil dan letaknya tepat di depan STR. Elco tersebut bernilai 50V 22uF, elco tersebut dapat ditemukan di jalur yang serupa dengan STR dan elco tersebut sangat mudah rusak. Jika elco tersebut mengalami kerusakan ketika kalian menyalakan TV namun beberapa detik kemudian akan mengalami mati dengan indikatornya.

Baca Juga :

3.    TV Sharp flyback tidak bekerja

Salah satu bagian di TV Sharp yang bisa mengalami kerusakan yaitu flyback. Ciri-ciri kerusakan pada flyback sangatlah beragam dan untuk mengetahuinya diperlukan pengecekan fisik secara langsung pada komponen tersebut serta melakukan pengukuran.

Flyback ini memiliki komponen utama yaitu trafo yang berfungsi sebagai penghasil tegangan tinggi dan digunakan pada anoda tabung gambar. Saat akan melakukan pengecekan pada flyback walaupun TV sudah dimatikan namun pada flyback akan tetap tersimpan tegangan maka harus berhati-hati.

Kerusakan yang paling umum terjadi pada lilitan flyback short. Gejala yang paling sering muncul seperti kerusakan power supply protek dan mengeluarkan suara ngik-ngik, kabel lilitan mengembang sehingga tabung membesar dan lainnya.

Ketahui :

Saat trafo flyback mengalami kerusakan maka salah satu solusinya yaitu dengan mengganti trafo baru namun dengan jenis yang serupa agar masalah diatas tidak terulang kembali.