Macam-Macam Kerusakan TV Sharp Piccolo Slim, Protek & Tegangan Drop

Sekarang ini sudah banyak brand atau merk baru yang masuk dalam dunia pasar televisi. Salah satu merk yang masih dicari dan banyak diminati oleh konsumen adalah TV Sharp. Oleh karena itu, jika Anda berprofesi sebagai teknisi TV, wajib untuk mengenal macam-macam kerusakan TV Sharp Piccolo.

Macam-Macam Kerusakan TV Sharp Piccolo

Semua merk TV memang banyak sekali permasalahan yang timbul, termasuk TV dengan merk Sharp. Masih minim teknisi yang mengetahui cara mengatasi kerusakan pada TV Sharp, sehingga Anda perlu mengenal lebih jauh terkait macam-macam kerusakan pada TV Sharp khususnya model Piccolo Slim.

Baca Dulu : Data Factory Mesin TV Wansonic

List Macam-macam Kerusakan TV Sharp Piccolo

Kerusakan yang terjadi pada TV Sharp memang bervariasi dan tentunya solusi untuk mengatasinya akan berbeda juga. Informasi kali ini akan lebih membahas kerusakan TV pada tegangan yang drop. Inilah daftar kerusakan yang terjadi pada TV Sharp saat tegangan drop, antara lain :

1. Kerusakan TV Sharp Protek Vertikal

Pasti sangat mengganggu jika TV Anda muncul garis vertikal, ini bisa saja terjadi kerusakan pada layar televisi tetapi kerusakan bisa saja dari banyak sumber atau tidak hanya satu komponen saja.

Kerusakan bisa disebabkan oleh tidak adanya arus suplai tegangan VCC ke IC Vertikal-Out dari Flyback, Dioda Zener D503 short, jalur pulsa-pulsa dari PIN-3 IC Vertikal-Out ke PIN-83 short (putus). Komponen inilah yang perlu dilakukan pengecekan kembali.

2. TV tidak mau menerima siaran

Masalah ini tergolong umum terjadi dan bahkan masih banyak teknisi yang masih belum mengetahui penyebabnya. Jika ini terjadi pada televisi Anda, bisa saja penyebabnya karena kerusakan pada IC IXC844.

Sebelumnya, Anda bisa melajukan cek kondisi televisi dengan mengukur tegangan pada PIN 50-AGC filter. Ketika Anda menemukan kondisi yang drop atau tidak ada tegangan, bisa dipastikan IC memang rusak dan harus diganti.

3. Tidak ada tegangan B+

Jika TV hanya mempunyai tegangan 300V normal, itu menandakan ada komponen yang rusak. Salah satu komponen yang bisa dicurigai adalah jalur B+ pada sekunder putus. Penyebabnya bisa terjadi karena transistor HOT atau Dioda B+ yang rusak.

Anda juga perlu melakukan pengecekan pada komponen resistor startup R702 150K, dimana fungsinya sebagai VCC PIN-4 IC STR-W6654

Artikel Terkait :

Ulasan Kerusakan TV Sharp Protek Piccolo Slim

Kerusakan TV Sharp Protek Piccolo Slim

TV Sharp Piccolo slim memang sering alami kerusakan tegangan khususnya pada bagian tegangan untuk menampilkan video. Hal ini akan membuat kejadian protek saat tegangan video dalam keadaan drop. Penyebabnya bisa datang dari Elko atau kerusakan pada flyback.

Untuk bisa menemukan kerusakannya, maka Anda bisa melakukan langkah berikut ini :

  1. Ukur tegangan 180V atau tegangan video, Anda harus pastikan hasilnya minimal 180V.
  2. Jika drop atau di bawah tegangan normal yaitu tidak mencapai 180V, maka Anda harus mencoba ganti komponen elko yaitu 47 uf 250V.
  3. Sudah diganti dan masih drop, maka kerusakan timbul pada flyback. Kerusakan pada flyback memang masih memberikan dampak tegangan menjadi drop, sehingga Anda harus menemukan solusinya seperti mengganti flybacknya.
  4. Ganti flyback. Sebelum mengganti flyback, maka Anda perlu pastikan tegangan input B+ normal yaitu minimal 120V dan tegangan heater normal yaitu 3V. Selanjutnya Anda bisa ganti dengan seri JF 0501-32061

Perlu perhatikan persamaan komponen pengganti flyback karena saat ini persamaan komponen masih sulit ditemukan di pasaran. Tidak bisa sembarangan mengganti flyback dengan spesifikasi yang tidak sama dengan model sebelumnya. Hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan kembali karena daya yang bekerja tidak seimbang.

Itulah  macam-macam kerusakan yang umumnya memang terjadi pada TV Sharp Piccolo. Pasti kerusakan masih seputar protek, baik untuk tipe slim atau tipe tidak slim bahkan ke bentuk biasa. Gejala yang muncul biasanya saat TV dalam posisi standby, indikator warna tidak berubah menjadi led merah.

Ketahui :

Saat Anda menemukan gejala tersebut, lebih baik Anda melakukan konsultasi pada teknisi televisi untuk diperbaiki. Terlebih untuk mendapatkan komponen yang sesuai, memang membutuhkan waktu yang lama. Jadi, Anda harus sabar menanti komponen yang sama untuk memperbaiki kerusakan protek.

Categories TV