Penyebab Mesin Cuci Electrolux Front Loading Tidak Bisa Start / Berputar

Mesin cuci Electrolux tidak bisa start bisa jadi karena ada bagian komponennya yang rusak. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui faktor apa saja yang memungkinkan menjadi penyebab mesin cuci error.

Mesin Cuci Electrolux tidak bisa Start

Baru setelah itu, mencari tahu bagaimana cara mengatasinya. Dalam artikel ini semuanya akan dijelaskan secara lengkap. Jadi, tidak perlu bingung lagi akan mencari informasinya kemana.

Baca Dulu : Mesin Cuci 1 Tabung Tidak Bisa Mengeringkan

Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Cuci Electrolux Tidak Bisa Start

Penyebab mesin cuci electrolux tidak mau berputar

Berikut penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi mesin cuci yang tidak bisa berputar:

Penyebab Mesin Cuci Electrolux Tidak Mau Berputar

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasinya, kenali dulu faktor penyebab mesin cuci Electrolux tidak bisa start. Dengan begitu, penanganannya bisa menyesuaikan dengan hal tersebut.

Jadi, tidak membutuhkan waktu lama lagi untuk dapat berfungsi kembali. Ada beberapa penyebabnya yang harus Anda perhatikan. Bisa jadi karena kabelnya atau ada komponen yang perlu diganti, berikut penjelasan lengkapnya.

  • Kabel mesin cuci putus. Biasanya penyebab hal ini karena hewan pengerat seperti tikus. Pasalnya, keberadaan hewan tersebut cukup meresahkan. Sebab, bisa menggigit apa saja yang ditemuinya, termasuk kabel mesin cuci.
  • Kapasitor terbakar. Mesin cuci yang digunakan setiap hari tentu akan cepat mengalami kerusakan. Jika sebelumnya Anda mendengar bunyi yang mengganggu, bisa jadi penyebab tidak mau berputar adalah dari kapasitornya.
  • Dinamo rusak. Bagian ini rentan terhadap air, jadi pastikan jangan sampai terkena air agar tidak rusak. Sebab, jika sudah rusak bisa membuat mesin cuci mati total. Dengan demikian, Anda mengganti dinamonya.
  • Penyebab selanjutnya adalah timer pengering rusak. Hal ini karena seringnya mesin cuci digunakan sehingga menjadi rusak dan aus. Kerusakan tersebut juga bisa berdasarkan pada motor pengeringnya.
  • Komponen Door Switch rusak. Bagian ini berada di dekat timer dan juga rentan terhadap air. Jika tidak sengaja terkena air, maka Anda harus segera mengeringkannya. Namun, jika kerusakannya fatal, maka perlu menggantinya.
  • Permukaan lantai tidak rata. Jadi, peletakan mesin cuci harus di lantai yang rata. Dengan begitu, penggunaannya akan lebih maksimal.
  • As mesin cuci macet. Jika mesin cuci Electrolux error seperti tidak mau berputar, maka coba cek bagian as. Selain itu, juga bisa memeriksa komponen lainnya.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Mesin Cuci Electrolux Front Loading Gak Bisa Start

Cara mengatasi mesin cuci electrolux front loading gak bisa start

Setelah mengetahui penyebabnya, selanjutnya tinggal memberikan penanganan pada mesin cuci yang rusak. Tidak perlu bingung bagaimana cara mengatasinya, karena di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap.

  • Pertama, Anda bisa melonggarkan semua mur yang ada di penutup belakang mesin. Setelah itu lepas penutupnya.
  • Jika penyebabnya karena kapasitor lemah atau rusak, maka periksa dahulu ukurannya. Jika memang kurang sesuai dengan bodinya, maka harus diganti dengan yang baru.
  • Muatan dalam tabung mesin cuci harus sesuai dengan kapasitasnya. Jika tidak, maka akan bermasalah sehingga Anda perlu mengurangi jumlah muatannya.
  • Jika masalah tersebut dikarenakan kabel mesin cuci yang putus, maka harus menggantinya. Dengan begitu, listrik akan kembali mengalir dan bisa berfungsi kembali.
  • As dinamo yang macet biasanya karena kotor. Jadi, Anda harus membersihkannya supaya kotoran tersebut tidak menyumbat kinerja mesin cuci.
  • Tabung juga bisa berhenti bergerak ketika tali karet yang menyambungkan dinamo pada tabung kendur. Jadi, ganti tali yang kendur tersebut, tetapi jangan sampai mengeratkannya terlalu kencang.

Ketahui :

Cara mengatasi mesin cuci Electrolux tidak bisa start di atas bisa Anda sesuaikan dengan penyebabnya. Dengan begitu, akan bisa menghemat waktu dan tenaga daripada harus mencobanya satu-persatu.

Leave a Comment