Penyebab Serta Cara Mengatasi Dinamo Mesin Cuci Cepat Panas & Kurang Bertenaga

ElectronicEvo.com — Salah satu komponen dari mesin cuci yang mungkin sering bermasalah itu adalah bagian dinamo, karena memang dinamo itu memiliki usianya. Apabila sudah mengalami masalah, maka penyebab dinamo mesin cuci cepat panas dan kurang bertenaga pun harus diketahui. Karena dari penyebab itulah akan bisa diketahui langkah untuk bisa mengatasinya dan kemudian bisa menghindari hal itu terjadi.

Penyebab dinamo mesin cuci cepat panas dan kurang bertenaga

Baca Dulu : Penyebab Dinamo Pengering Mesin Cuci Cepat Panas

Penyebab Dinamo Mesin Cuci Panas

Dan memang bila dilihat secara teori dan juga pengalaman, memang ada beberapa penyebab dinamo mesin cuci jadi panas dan kurang bertenaga. Penyebab ini perlu Anda ketahui agar supaya Anda bisa mengantisipasi agar supaya dinamo mesin cuci bisa tetap sehat. Jadi apa penyebab dinamo cepat panas? Berikut ini kami akan jelaskan untuk Anda.

1. Gulungan Kumparan Rusak

Salah satu penyebab dinamo dalam mesin cuci itu cepat panas adalah karena gulungan pada dinamo atau kumparan itu rusak. Anda bisa periksa dulu gulungan dari dinamo tersebut, apakah dalam keadaan yang baik atau mungkin sudah tidak. Apabila sudah tidak baik, maka sangat wajar bila kemudian dinamo cepat panas dan juga akan terasa kurang bertenaga.

2. Kelebihan Beban

Penyebab yang kedua adalah soal beban yang harus dibawa oleh dinamo ini, setiap dinamo memiliki kapasitas masing-masing. Apabila dinamo bekerja dengan beban yang terlalu berat, maka kemungkinan dinamo ini akan cepat panas dan pasti tidak bertenaga. Dan bila ini terus berlanjut, mungkin dampaknya akan bisa membuat dinamo tetap panas meski beban ringan.

3. Bearing Rusak

Setiap dinamo itu memiliki bearing, bearing ini adalah bantalan yang digunakan untuk menjaga putaran poros pada dinamo atau motor listrik. Jika bantalan ini rusak, maka kemungkinan beban yang harus ditanggung oleh dinamo ini pun akan bertambah. Dan hal ini yang kemudian membuat dinamo jadi cepat panas, jadi bearing juga sangat berpengaruh.

4. Putaran Tidak Seimbang

Penyebab lain yang membuat dinamo pengering mesin cuci panas itu adalah putaran yang tidak seimbang pada dinamo. Apabila salah satu bagian dinamo bekerja terlalu keras, tentunya akan membuat motor tersebut pun jadi bengkok. Hal ini akan bisa merusak dinamo secara keseluruhan dan tentunya akan membuat kinerja dari dinamo pun jadi tidak seimbang.

Artikel Terkait :

Cara Mengatasi Dinamo Yang Cepat Panas

Cara Mengatasi Dinamo Yang Cepat Panas

Untuk cara mengatasi dinamo cepat panas sendiri memang ada beberapa, tentunya bisa dilihat dari penyebab terjadinya dinamo panas tersebut. Kalau diatasi secara sembarangan, bukannya bisa kembali bekerja baik malah bisa jadi bertambah parah lho. Nah berikut ini beberapa pilihan cara mengatasinya yang harus Anda sesuaikan dengan penyebabnya ya.

  1. Cara yang pertama itu sudah pasti adalah dengan mengganti dinamo mesin cuci dengan yang baru. Ini bisa dilakukan jika mungkin gulungan pada dinamo sudah rusak atau sudah tidak sesuai dan terlihat tidak benar. Selain itu bisa juga kalau motor sudah mengalami bengkok.
  2. Cara yang kedua adalah dengan mengganti bearing pada dinamo, ini bila memang hanya bearingnya saja yang rusak. Jadi Anda jangan langsung mengganti dinamo begitu saja, Anda harus periksa juga apakah bearing aman atau tidak.

Cara Merawat Dinamo Mesin Cuci

Cara Merawat Dinamo Mesin Cuci

Ketahui :

Untuk menghindari dinamo mengalami hal demikian, maka sebaiknya Anda batasi beban dalam mencuci pakaian dengan mesin cuci. Selain itu bersihkan mesin cuci secara berkala, sehingga akan bisa membuat kinerja mesin cuci tetap stabil.

Leave a Comment