Penyebab & Cara Mengatasi Dinamo Pengering Mesin Cuci Cepat Panas

Penyebab dinamo pengering mesin cuci cepat panas dapat berasal dari kerusakan komponen. Selain itu, kebiasaan buruk saat menggunakan mesin untuk mencuci atau mengeringkan pakaian juga dapat menyebabkan dinamo cepat panas.

Penyebab Dinamo Pengering Mesin Cuci Cepat Panas dan Putarannya Lambat

penyebab dinamo pengering mesin cuci cepat panas

Cara mengatasi dinamo cepat panas dapat disesuaikan dengan penyebab dari kerusakannya seperti berikut.

  1. Gulungan kumparan rusak

Salah satu masalah yang paling sering ditemui pada mesin cuci adalah dinamo pengering yang cepat panas. Kerusakan dinamo ini dapat berpengaruh pada kemampuan motor untuk berputar menjadi lebih lambat.

Dinamo pengering mesin cuci panas dan tidak berputar dapat disebabkan karena kerusakan pada gulungan kumparan. Kebiasaan seperti menggunakan mesin cuci melebihi kemampuan dapat membuat dinamo pengering harus bekerja ekstra hingga gulungan kumparan di dalamnya menjadi rusak.

Gulungan kumparan yang rusak ini akan menyebabkan dinamo motor dinamo bergerak lambat dan mesin cuci cepat panas. Perlu perbaikan segera agar kerusakan ini tidak bertambah parah dan mengganggu kinerja mesin cuci.

Baca Dulu: Kode Warna Kabel Dinamo Mesin Cuci

  1. Bearing rusak

Permasalahan dinamo pengering mesin cuci cepat panas juga dapat disebabkan karena kerusakan komponen seperti pada bearing. Komponen ini merupakan bantalan yang berfungsi untuk menjaga putaran poros yang ada pada motor dinamo.

penyebab dinamo pengering mesin cuci cepat panas

Baca Dulu : Air Keluar Terus Pada Mesin Cuci 1 Tabung

Penyebab dinamo cepat panas ini bisa karena usia pemakaian mesin maupun kebiasaan menggunakan mesin melebihi kapasitas. Apabila bearing rusak, maka dinamo akan beban pada dinamo akan lebih berat untuk bisa berputar.

Perlu perbaikan pada bearing motor dinamo sedini mungkin agar mesin cuci tidak cepat panas dan lambat. Selain mengatasi dinamo cepat panas, memperbaiki kerusakan pada bearing ini juga dapat memperpanjang umur dari komponen itu sendiri.

  1. Putaran tidak seimbang

Selanjutnya adalah dinamo mesin pengering yang berputar tidak seimbang. Apabila kondisi ini terjadi, maka akan ada komponen lain dari dinamo yang harus bekerja lebih keras untuk memutar mesin. Kinerja mesin pengering pun akan menurun karena dinamo putaran komponen di dalamnya tidak seimbang.

Putaran yang tidak seimbang akan menyebabkan beban pada komponen lain bertambah. Jika terus dibiarkan, masalah ini dapat membuat motor dinamo menjadi bengkok. Selain merusak motor dinamo pengering, kerusakan ini juga dapat menyebabkan bagian motor dinamo lain ikut rusak.

Jadi putaran yang tidak seimbang ini tidak hanya menyebabkan dinamo mesin pengering cepat panas, tetapi juga motor dinamo mesin cuci tidak berputar saat digunakan untuk mencuci pakaian. Perawatan komponen dan memperhatikan kebiasaan menggunakan mesin dengan benar sangat penting untuk dilakukan.

Baca Dulu: Mesin Cuci 1 Tabung Berisik Saat Mengeringkan

  1. Kelebihan beban

Penyebab dinamo pengering mesin cuci cepat panas lainnya adalah kelebihan beban. Selain beban yang tinggi, dinamo yang terus bergerak juga akan membuatnya cepat panas. Perlu diketahui bahwa komponen ini memiliki kapasitas dan kemampuan terbatas.

Jika tidak diperhatikan, dinamo pengering mesin cuci dapat bermasalah dan cepat panas. Penggunaan mesin cuci ini sebaiknya sesuai dengan kemampuan mesin. Hindari mencuci dan mengeringkan pakaian dalam jumlah besar dalam satu kali cuci.

  1. Kapasitor dinamo

Dinamo pengering mesin cuci terhubung ke kapasitor seperti halnya dinamo untuk mencuci namun dengan ukuran farad yang berbeda. Dinamo mesin pengering memiliki kabel yang terhubung ke arus listrik dan ke kapasitor.

Kapasitor ini menjadi komponen yang membantu start mesin cuci. Apabila kapasitor sudah lemah atau rusak, dinamo mesin pengering akan mudah untuk cepat panas. Selain itu, kapasitor yang sudah rusak ini bahkan bisa membuat mesin tidak bisa menyala.

Jika kapasitor rusak, maka komponen ini harus diganti dengan yang baru sehingga dinamo juga dapat bekerja dengan optimal. Saat mengganti, pastikan ukuran micro farad atau Uf sudah sesuai. Pada beberapa model kapasitor dijadikan satu yang terdiri dari kapasitor untuk mesin pencuci dan mesin pengering.

Baca Dulu:

Cara mengatasi dinamo cepat panas perlu dilakukan sesuai dengan masing-masing penyebabnya. Dinamo pengering mesin cuci menjadi cepat panas dapat diakibatkan oleh faktor-faktor di atas. Perawatan komponen dan penggunaan mesin cuci juga penting untuk diperhatikan sebelum kerusakan dinamo mesin pengering dan Anda harus mengeluarkan biaya untuk penggantian komponen baru.

Leave a Comment