Apa Penyebab Kipas Outdoor AC Tidak Berputar? Cara Memperbaiki?

Jika anda mengalami AC yang tidak dingin secara tiba-tiba AC bisa jadi disebabkan oleh kipas outdoor AC tidak berputar. Pada dasarnya rangkaian AC terdapat 2 bagian besar yaitu indoor dan outdoor. Nah, kipas tersebut terdapat pada bagian outdoor dimana berfungsi sebagai pendingin kondensor yang merupakan bagian paling panas pada sistem AC.

Penyebab Kipas Outdoor AC Tidak Berputar

Hal yang akan terjadi jika kipas outdoor AC tidak berputar atau mati yaitu kompresor AC akan menjadi panas dan overload karena panas dari kondensor tidak bisa membuang panas kipas tersebut yang mati. Akibatnya yaitu pada bagian indoor AC menjadi tidak dingin.

Nah, oleh karena itu Anda perlu mengetahui apa saja penyebab kipas outdoor AC tidak berputar. Pada artikel kali ini akan membahas hal tersebut. Yuk simak artikel ini hingga selesai!

Artikel Terkait : Penyebab Kipas AC Tidak Berputar

Penyebab Kipas Outdoor AC Tidak Berputar

1. Terdapat kabel yang putus

Salah satu penyebab dimana kipas outdoor tidak dapat berputar yaitu kabel yang putus. Pada perangkat outdoor AC terdapat beberapa kabel yang menghubungkannya. Nah, salah satunya yaitu kabel dimana menghubungkan kapasitor ke kipas outdoor AC. Jika kabel tersebut terputus maka akan membuat kipas tidak bergerak seperti biasanya.

2. Kompresor tidak bekerja

Kapasitor rusak sehingga kipas tidak mau berputar dan kompresor panas. Karena kipas mati maka tidak bisa membuang panas dari kondensor dan kompresor akan menjadi panas sehingga menjadi overload.

3. Kapasitor rusak

Kapasitor fungsinya untuk memperbesar voltase, tanpa kapasitor maka kompresor AC tidak akan hidup karena kompresor memerlukan voltase yang besar untuk menggerakkan pistonnya.

Selain itu, fungsi dari kapasitor sendiri yaitu untuk penggerak motor atau kompresor. Karena fungsi kapasitor menghubungkan dengan kipas AC dan kompresor, maka ketika kapasitor mati akan berpengaruh terhadap kompresor dan kipas AC yang ikutan mati. Hal ini menjadi penyebab utama mengapa kipas outdoor AC mati dan tidak berputar.

Baca Juga :

Cara memperbaiki kipas outdoor AC tidak berputar

Cara memperbaiki kipas outdoor AC tidak berputar

Setelah mengetahui penyebab mengapa kipas outdoor AC tidak berputar, maka perlu mengetahui cara untuk memperbaikinya. Jika ingin memanggil jasa service AC sangat disarankan, akan tetapi jika Anda ingin memperbaikinya berikut ini merupakan gambaran bagaimana memperbaiki kipas outdoor AC tidak berputar.

Oleh karena itu, yuk simak di bawah ini!

1. Cek kabel indoor ke outdoor

Kabel indoor ke outdoor merupakan salah satu kabel yang memerintahkan bagian outdoor untuk bekerja. Pada pengecekan kabel tersebut di cek terlebih dahulu apakah terdapat arus atau tidak. Jika terdapat arus pada kabel, maka indoor (pengatur suhu) normal, begitupun sebaliknya.

2. Lepas kabel yang menghubungkan dengan kapasitor

Kabel yang menghubungkan kapasitor sebaiknya dilepas terlebih dahulu. Hal ini ditujukan untuk menghindari adanya korsleting sehingga aman untuk mengganti kabel.

3. Lepaskan kapasitor lama

Pada beberapa jenis AC ada yang memiliki 2 kapasitor atau 1 kapasitor. Jika hanya 1 kapasitor, maka lepaskan kapasitor tersebut. Apabila terdapat 2 kapasitor, maka lepaskan kapasitor khusus kipas dengan menggunakan obeng.

4. Pasangkan kapasitor baru

Setelah melepaskan kapasitor lama, maka dapat langsung digantikan dengan kapasitor yang baru karena yang sebelumnya sudah tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, pasangkan kembali kapasitor tersebut dan akan berfungsi seperti sedia kala serta kipas outdoor AC akan kembali bergerak.

Ketahui :

Nah, itu tadi merupakan penyebab dari kipas outdoor AC tidak bergerak beserta dengan cara memperbaikinya. Dengan demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Categories AC

Leave a Comment