Penyebab Kompresor AC Panas & Cara Cek Kapasitor AC Yang Rusak

Pendingin ruangan atau AC  yang sudah sering digunakan pasti akan mengalami penurunan performa. Termasuk salah satu masalahnya disebabkan oleh kompresor AC  yang panas. Perlu diketahui penyebab kompresor AC  panas dengan cek kapasitor AC  sehingga pendingin ruangan bisa segera diperbaiki.

Penyebab kompresor ac panas

Baca Dulu : Warna Kabel Kompresor AC

Penyebab Kompresor AC  Rusak

Meskipun kompresor AC  sudah dilengkapi dengan komponen pelindungnya yang lengkap tetapi tidak menutup kemungkinan kompresor mengalami kerusakan karena suhu yang secara drastis meningkat. Hal tersebut membuat AC  tidak dingin lagi dengan tagihan listrik yang tetap membengkak.

Penyebab kompresor AC  rusak harus diketahui sehingga bisa segera dilakukan perbaikan agar tetap digunakan. Simak penjelasannya berikut ini!

  • Kebocoran Pada Sistem AC

Salah satu yang menyebabkan kompresor pada AC  yaitu terjadi kebocoran sistem. Kebocoran pada sistem ini dapat terjadi ketika sistem tidak kunjung mencapai suhu yang diinginkan.

Hal tersebut tentu saja membuat kompresor menjadi bekerja dengan lebih berat dari biasanya. Suhu pada kompresor akan meningkat seiring dengan kinerja kompresor yang lebih berat sehingga akan mengakibatkan kinerja AC  jadi terganggu.

  • Endapan Oli Yang Menghambat Sirkulasi Dari Freon

Jalur freon yang tidak lancar dapat menyebabkan kompresor AC  jadi lebih panas. Salah satu penyebabnya ialah karena terdapat oli yang mengendap pada jalur freon tersebut. Hal tersebut menyebabkan AC  membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai suhu yang diinginkan oleh sistem.

Yang harus dilakukan ialah melakukan pengecekan secara rutin untuk menghindari terjadinya endapan pada freon. Cek kapasitor AC  secara rutin juga dapat mempertahankan kinerja baik pada AC.

Pada saat suhu pada kompresor naik secara drastis maka yang harus dilakukan ialah mematikan pendingin ruangan dan mendinginkan kompresor dengan meletakkan kain yang sudah dibasahi dengan air dan diperas.

Setelah suhu kompresor turun barulah pendingin ruangan kembali dinyalakan apabila AC  sudah kembali dingin maka cara ini berhasil.

Artikel Terkait :

  • Kapasitor Sudah Terlalu Usang

Kapasitor AC  yang sudah terlalu usang dapat menjadi penyebab AC  mengalami kerusakan atau penurunan kinerja AC. Pengecekan bagian kapasitor AC  secara rutin perlu dilakukan dan apabila kondisi kapasitor memang sudah terlalu usang maka perlu dilakukan penggantian kapasitor AC  yang baru.

  • Pipa Kondensor Kotor

Penyebab Kompresor AC Rusak

Pipa kondensor yang kotor dapat menjadi salah satu penyebab kinerja pendingin ruangan menurun. Panas yang ada pada kompresor sebenarnya dapat dialirkan keluar melalui pipa kondensor. Tetapi, pada saat pipa kondensor kotor maka aliran panas yang keluar akan terhambat.

Penyebab kotornya pipa kondensor bisa dari debu, oli, sisa pengelasan dan sebagainya. Panas pada kompresor yang seharusnya dikeluarkan malah tertahan pada kompresor karena pipa kondensor yang kotor dapat meningkatkan suhu pada kompresor. Sehingga kompresor akan terus dalam keadaan panas.

Solusi yang tepat adalah dengan membersihkan pipa kondensor yang kotor dengan metode flushing. Saat membersihkan pipa harus dilakukan secara hati-hati. Proses flushing dilakukan hingga kotoran yang menghambat pipa menghilang atau pips jadi bersih kembali.

  • Kompresi Freon Yang Terlalu Tinggi

Tekanan yang besar pada freon akan menyebabkan kompresor jadi bekerja lebih keras dari biasanya. Buang sedikit freon untuk membuat tekanan freon jadi lebih rendah dan juga menjadi lebih stabil sehingga kinerja dari komponen yang lain tidak terhambat.

Ketahui :

Itulah berbagai penyebab kompresor AC  panas yang bisa mengakibatkan kompresor AC  rusak. Dengan mengetahui penyebabnya diharapkan Anda dapat melakukan perbaikan pada AC  saat mengalami kendala. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

Categories AC

Leave a Comment