Penyebab Kompresor Kulkas Gagal Start & Keluar Oli, Konslet?

Kulkas adalah salah satu alat praktis yang sangat membantu kehidupan rumah tangga, namun sering sekali terjadi masalah pada kulkas. Salah satu masalah adalah kompresor gagal start, pemilik kulkas tentunya harus tahu penyebab kompresor kulkas gagal start dan tidak bekerja. Karena dari informasi penyebab tersebut maka kalian akan bisa tahu apa yang harus diperiksa dan apa yang harus diperbaiki.

 Penyebab Kompresor Kulkas Gagal Start

Informasi penyebab kulkas mengalami kerusakan seperti penyebab kompresor kulkas keluar oli pun harus dipahami dengan baik. Belum lagi adanya penyebab kompresor kulkas konslet, ini jelas harus diketahui agar supaya tidak sampai terjadi. Dan pada kesempatan ini kami akan bahas mengenai beberapa penyebab yang membuat kompresor kulkas pun tidak berjalan atau tidak mulai bekerja.

Baca Juga : Penyebab Oli Kompresor Kulkas Naik

Penyebab Kompresor Kulkas Gagal Start

Penyebab Kompresor Kulkas Gagal Start

Apabila kalian mengalami kompresor yang mati atau tidak bekerja, maka kalian perlu tahu dulu penyebabnya itu apa. Dari tahu penyebabnya maka langkah kalian untuk memperbaiki kompresor dari kulkas pun sudah pasti akan jauh lebih efektif dan efisien. Nah berikut ini kami akan coba jelaskan mengenai beberapa penyebab yang membuat kompresor itu jadi gagal start atau istilahnya macet.

Sebenarnya intinya itu penyebab yang membuat kompresor pun jadi macet dan lain sebagainya itu adalah karena kinerja berat dari kompresor. Pada saat kerja berat tentunya kompresor akan mengalami penurunan dan kemudian sangat bisa terjadi macet atau gagal start. Dan berikut ini beberapa hal yang membuat kinerja kompresor jadi berat dan membuat kompresor pun gagal start.

  1. Penyebab yang paling pertama itu adalah kebiasaan mengisi kulkas sampai terlalu penuh, sehingga sangat mungkin kompresor sampai overheat.
  2. Penyebab yang kedua itu adalah pintu dari kulkas itu tidak tertutup secara rapat, ini jelas akan memperbesar kinerja kompresor. Sehingga sebaiknya kalian waspadai dan perhatikan saat menutup kulkas, karena harus dipastikan tertutup dengan baik dan benar.
  3. Penyebab yang ketiga adalah kompresor terlalu kotor, sehingga akhirnya pun membuat kinerjanya pun jadi terlalu berat. Ini yang berakibat cukup fatal meskipun permasalahannya hanya debu dan kotoran.
  4. Penyebab yang keempat adalah voltase listrik pada kulkas tidak stabil dalam waktu yang lama, ini sangat bisa merusak komponen kompresor.
  5. Penyebab yang terakhir adalah adanya bocoran air dari pipa evaporator yang masuk ke kompresor.
  6. Meletakkan kulkas terlalu dekat dengan tembok, sehingga membuat pembuangan energi jadi terhalang. Dan bila itu terjadi dalam waktu lama, tentunya akan membuat kompresor pun akan terlalu berat dalam bekerja.

Artikel Terkait :

Cara Mengatasi Kompresor Ketika Kompresor Gagal Start

Nah untuk cara mengatasinya sendiri sebenarnya ada beberapa langkah, meskipun yang paling mudah adalah mengganti kompresor tersebut. Berikut beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk memperbaikinya.

  1. Langkah pertama adalah membersihkan kompresor terlebih dahulu
  2. Langkah kedua adalah coba lepas relay dan kapasitor dan beri tegangan pada kompresor secara langsung, bila bekerja maka kalian tinggal ganti part tersebut. Dalam memberikan tegangan listrik harus sangat hati-hati supaya tidak kena setrum.
  3. Langkah ketiga adalah mencoba memberikan oli pada piston dan as, sehingga bisa memperlancar proses putaran pada kompresor.

Ketahui :

Untuk melakukan perbaikan pada kompresor kulkas itu memang tidak mudah, sehingga kalau kalian tidak ahli, ada baiknya menyewa jasa servis saja. Apabila ada part yang harus di ganti yang tinggal di ganti saja.

Leave a Comment