Ciri-Ciri Penyebab & Cara Mengatasi Kompresor Kulkas Overload

Salah satu komponen yang ada dalam kulkas adalah kompresor. Kompresor akan mengalami kenaikan suhu pada saat kulkas dinyalakan. Akan tetapi, jika kenaikan suhu yang terjadi pada kompresor terasa berlebih maka itu menjadi satu pertanda bahwa ada sesuatu yang terjadi pada kulkas Anda yang kemudian menjadi Penyebab kompresor kulkas overload.

Penyebab kompresor kulkas overload

Baca Juga : Kompresor Kulkas Hidup Sebentar Mati Lagi

Ciri dan Penyebab Kompresor Kulkas Overload

Produk elektronik kulkas memiliki satu komponen penting yang bernama overload. Komponen tersebut akan berfungsi untuk mendeteksi jika terjadi panas berlebih pada kompresor maka secara otomatis akan langsung memutus hubungan arus listrik yang ada sehingga kulkas pun akan mati adalah penyebab kulkas overload.

Ciri-ciri overload kulkas rusak bisa diketahui dengan beberapa cara, diantaranya adalah dengan cara berikut.

  • Sentuh body kompresor

Meski body kompresor yang terasa panas merupakan hal yang wajar terjadi, namun jika panas yang terasa berlebihan atau overload maka itu pertanda ada sesuatu yang salah dengan fungsi kompresor.

  • Kulkas tiba-tiba mati

Kulkas tiba-tiba mati

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa komponen overload yang ada di kompresor akan otomatis memutus arus listrik kulkas hingga mati ketika terdeteksi terjadi panas berlebih pada kompresor. Otomatis jika kulkas Anda tiba-tiba mati tanpa penyebab, mungkin saja hal itu terjadi karena kompresor yang overload.

  • Kulkas tak berfungsi sebagaimana mestinya

Ciri berikutnya adalah jika kulkas tak bisa mendinginkan makanan atau minuman sebagaimana biasanya. Hal itu dikarenakan kompresor mengalami panas berlebih yang berakhir pada kerusakan.

Lalu apa saja yang menyebabkan kompresor mengalami overload?

1. Kinerja kompresor yang lemah

Kinerja Kompresor Lemah

Pada saat komponen kompresor mengalami laju yang lemah, hal itu akan menyebabkan kompresor pun tiba-tiba akan panas. Kondisi ini bisa dengan mudah dilakukan pengecekan yaitu dengan mengukur kadar ampere yang ada, yang mana jika ampere kulkas terlalu tinggi maka hal itu juga menjadi penyebab kompresor menjadi panas atau overload.

2. Saluran bahan pendingin mengalami sumbatan sehingga tak lancar

Jika saluran bahan pendingin atau freon mengalami sumbatan yang kemudian menyebabkan komponen kompresor pun bekerja lebih keras. Tak heran jika kemudian kompresor akan mengalami overload. Untuk mengatasinya Anda perlu mengecek dan melakukan pembersihan serta perbaikan pada pipa juga komponen kompresor agar supaya bisa berfungsi dengan benar.

Baca Dulu :

3. Komponen Relay Kompresor yang rusak

Komponen Relay yang terdapat pada kompresor akan berfungsi untuk menjadi alat penggerak sehingga jika komponen ini tak bisa bekerja atau berfungsi secara otomatis kompresor akan menahan. Jika kompresor tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya namun justru menahan maka akibatnya adalah kompresor akan mengeluarkan panas yang overload.

4. Oli kompresor habis dan kering

Keberadaan oli pada kompresor adalah untuk memberikan pelumas pada semua bagian kompresor sehingga bisa bekerja dengan benar. Namun jika oli pada kompresor habis bahkan terjadi kekeringan maka yang akan terjadi adalah muncul panas berlebihan pada kompresor karena dipaksa untuk bekerja lebih keras lagi.

5. Kerusakan pada komponen

Jika kompresor panas karena relay kompresor kulkas panas maka itu berarti ada kerusakan yang terjadi pada komponen Relay. Solusinya Anda harus menggantinya dengan yang baru. Saat ini sparepart barang elektronik banyak yang dijual secara online, Anda pun akan lebih leluasa untuk memilihnya sesuai kebutuhan dan anggaran biaya yang tersedia.

Cara Mengatasi Kompresor Kulkas yang Panas

Cara Mengatasi Kompresor Kulkas yang Panas

Dan untuk cara mengatasi kompresor kulkas panas ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

  1. Kuras dan buang oli yang terdapat di kompresor
  2. Buka komponen kompresor dengan cara membukanya menggunakan alat khusus.
  3. Aliri bagian as dan piston yang ada di dalam kompresor dengan oli sambil coba digerakkan sampai terasa lancar serta mudah untuk digerakkan.
  4. Coba putar bagian kompresor dengan bantuan tangan Anda. Jika sudah terasa bagus putarannya dan Anda juga sudah melakukan cek pada ampere serta tekanan yang dimiliki kompresor maka itu pertanda kondisinya sudah kembali normal.

Ketahui :

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang penyebab kompresor mengalami overload dan cara mengatasinya. Pastikan untuk menggunakan jasa service atau perbaikan kulkas yang berpengalaman sehingga bisa memberikan layanan terbaik untuk membuat kulkas Anda kembali normal. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment