Penyebab Oli Kompresor Kulkas Naik & Ciri-ciri Oli Kompresor Kulkas Habis

Electronic Evo — Kulkas Anda dirumah mulai menunjukkan tanda kerusakan seperti tak bisa mendinginkan makanan dan minuman sebagaimana biasanya? Itu merupakan salah satu hal yang terjadi jika oli kompresor kulkas naik. Umumnya Penyebab oli kompresor kulkas naik jika evaporator yang ada di kulkas mengalami kebocoran namun pemilik kulkas tetap memaksakan penggunaan kulkas seperti biasanya.

Penyebab oli kompresor kulkas naik

Baca Dulu : Penyebab Kompresor Kulkas Overload

Ciri-ciri Oli Kompresor Naik dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri Oli Kompresor Naik dan Cara Mengatasinya

Oli yang terdapat pada komponen kompresor memiliki fungsi untuk memberikan pelumas pada semua komponen yang ada di kulkas sehingga bisa dingin secara maksimal. Jika oli kompresor naik ke bagian evaporator maka akan menyebabkan oli tercampur dengan bahan pendingin kulkas yang akhirnya membuat kulkas pun tak bisa dingin.

Di bawah ini adalah beberapa ciri ciri oli kompresor kulkas habis kemudian naik, yaitu:

  • Kompresor terdengar mengeluarkan suara berisik atau berdenging
  • Kulkas tak bisa mendinginkan makanan dan minuman yang akhirnya berakibat pada rusaknya bahan yang disimpan dalam kulkas

Penggunaan kulkas yang berlebihan dan tak sesuai petunjuk penggunaan juga bisa menjadi penyebab oli kompresor kulkas naik. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan cepat dan tepat.

  1. Tahap pertama adalah dengan mematikan kulkas dengan cara mencabut kabel power dari stop kontak. Selain untuk menghindari korsleting listrik, juga untuk melakukan perbaikan kulkas dengan aman.
  2. Tahap yang kedua adalah dengan melakukan identifikasi apakah terjadi kebocoran pada komponen evaporator kulkas. Jika ditemukan ada kebocoran maka lakukan perbaikan kebocoran terlebih dahulu dengan cara menutup kebocoran dengan bantuan las.
  3. Tahap yang ketiga adalah dengan membersihkan evaporator dari oli yang naik dan bercampur dengan bahan pendingin. Adapun untuk cara membersihkan oli dari evaporator adalah dengan menggunakan bantuan semprotan angin dari kompresor hingga seluruh oli yang ada di dalamnya bersih.
  4. Tahap yang keempat adalah dengan memasukkan gas freon ke kompresor sebelum kemudian memasukkan oli kompresor yang sebelumnya sudah dikuras habis.
  5. Jika oli kompresor naik karena adanya sumbatan pada pipa saluran kompresor maka Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan cairan pembersih khusus yang bernama towzone atau metil.

Baca Juga :

Penyebab Umum Kompresor Kulkas Naik

Penyebab oli kompresor kulkas naik

Setelah membaca ulasan di atas, sangat penting untuk dipahami bahwa jika terjadi kerusakan seperti gagal mendinginkan pada kulkas maka salah satu penyebabnya adalah karena kerusakan yang terjadi pada kompresor. Lalu apa lagi penyebab kompresor kulkas keluar oli? Berikut penjelasan singkatnya.

  • Pipa komponen evaporator mengalami kebocoran yang kemudian menyebabkan terjadinya endapan sehingga sirkulasi pada bahan pendingin yang dimiliki kulkas pun menjadi tidak bisa bekerja maksimal.
  • Komponen evaporator yang mengalami kebocoran yang kemudian menyebabkan bahan pendingin yang ada di dalamnya habis sehingga kulkas pun mengalami prosedur mendinginkan yang gagal.
  • Terjadi ketidakcocokan penggunaan oli yang dipakai pada kompresor. Umumnya hal ini terjadi ketika jenis oli yang digunakan salah.

Ketahui :

Itulah beberapa informasi yang bisa Kami bagikan terkait penyebab dari oli kompresor yang alami kenaikan serta bagaimana cara mengatasinya. Namun penting untuk diperhatikan bahwa meski cara untuk mengatasi oli kompresor yang naik terlihat mudah, disarankan untuk menggunakan jasa servis kulkas yang berpengalaman sehingga kulkas bisa segera berfungsi dan diperbaiki dengan benar. Khususnya untuk menghindari terjadinya kerusakan pada kulkas yang jauh lebih parah hanya karena Anda keliru melakukan perbaikan pada kulkas.

Leave a Comment