Perbedaan Pipa Hisap Kompresor Kulkas 1 Pintu & 2 Pintu

Kulkas menjadi salah satu perangkat pendingin makanan dan minuman yang harus ada di rumah tangga. Namun sebelum Anda memutuskan buat membelinya, tentu ada banyak hal dimana perlu diperhatikan terlebih dahulu. Salah satunya adalah mengetahui perbedaan kompresor kulkas 1 pintu dan 2 pintu. Hal tersebut sangat penting karena nantinya akan berpengaruh terhadap banyak hal.

Perbedaan Kompresor Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu

Bagi masyarakat awam, kompresor pada perangkat ini sendiri memang sering dianggap sama baik pada satu pintu ataupun dua pintu. Padahal jika dilihat lebih detail lagi ternyata kompresor kulkas 1 ph dan 2 mempunyai perbedaan cukup signifikan. Nah, untuk memahami hal tersebut itulah, kami telah menyiapkan ulasan pentingnya untuk Anda dibawah ini.

Baca Dulu : Penyebab Kompresor Kulkas Overload

Perbedaan Kompresor Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu

Perbedaan Kompresor Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu

Kompresor pada kulkas sendiri adalah komponen paling utama pada perangkat elektronik rumah tangga ini. Fungsinya sendiri adalah sebagai sistem heat exchange. Dimana cara kerjanya adalah dengan mengambil udara panas yang terdapat didalam kulkas. Kemudian akan langsung mengirimkan cairan dan gas dingin via kumparan didalamnya.

Untuk Anda yang berencana akan membeli kulkas maka akan dihadapkan dengan dua pilihan nantinya yakni pendingin dengan 1 ataukah 2 pintu. Untuk membantu menemukan yang terbaik, maka penting buat mengetahui perbedaan dari bagian kompresornya terlebih dahulu. Sebab bagian kompresor inilah akan berpengaruh terhadap pipa hisap kompresor kulkas ataupun lainnya.

1. Jenis

Perbedaan pertama dari kompresor 1 dan 2 pintu adalah terletak dari jenisnya. Dimana pada tipe satu pintu lebih sering menggunakan jenis piston. Ini adalah kompresor dimana mempunyai -5 buah pipa dan masing-masing memiliki fungsi berbeda-beda.

Sedangkan pada kulkas 2 pintu biasanya akan menggunakan jenis rotary. Jika dilihat dari bentuknya mempunyai kemiripan dengan tabung ukuran minimalis. Disamping itu, keberadaannya biasanya juga dilengkapi oleh dudukan sehingga membedakan dengan jenis kompresor sebelumnya.

Baca Juga :

2. Daya Listrik

Untuk daya dan ukuran kompresor pada kulkas dengan satu pintu maka daya listriknya ternyata jauh lebih rendah. Hal tersebut dikarenakan penggunaan kompresor tidak terlalu besar didalamnya. Selain itu, daya yang dibutuhkan biasanya adalah 150-350 watt.

Tentu saja spesifikasi diatas berbanding terbalik dengan tipe 2 pintu dimana kompresornya akan membutuhkan daya lebih besar. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena kompresornya punya kapasitas lebih besar dimana menyebabkan heater sekaligus kompresor akan menyedot daya besar. Terlebih lagi jika didalam kulkas ini dibekali oleh fitur pencair bunga es.

3. Harga

Perbandingan tersebut juga berkaitan dengan harga kedua kulkas tersebut. Sebenarnya untuk masalah harga, Anda akan menemukan adanya harga cukup variative. Aspek yang membedakan biasanya adalah merk, tipe sekaligus ukuran dari kompresornya.

Semakin besar ukuran dari komponen kulkas tersebut maka harganya juga akan semakin tinggi juga. Oleh sebab itulah harga dari kompresor kulkas 2 pintu biasanya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan satu pintu.

Manakah Yang Paling Terbaik?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, tentu harus kembali lagi dengan kebutuhan masing-masing dari para konsumen. Namun, kompresor menjadi bagian penting yang harus diperhatikan saat akan membeli sebuah mesin pendingin sehingga didalamnya cepat dingin dan beku.

Namun perlu diingat juga bahwa kulkas dengan 2 pintu memang mampu memenuhi kebutuhan, tetapi harganya jauh lebih mahal sekaligus akan menguras daya listrik di rumah Anda tersebut. Oleh sebab itulah tentu balik lagi dengan kebutuhan setiap konsumen.

Ketahui :

Ketika Anda ingin menyimpan makanan agar tetap segar dan tidak basi maka kulkas adalah pilihannya. Namun sebelum memutuskan buat membelinya, caritahu dahulu perbedaan kompresor kulkas 1 pintu dan 2 pintu dahulu.

Leave a Comment