Skema Rangkaian Kipas Angin 3 Kecepatan

Kamu pasti tau dengan kipas angin bukan. Kipas angin ini adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghasilkan angin melalui tenaga listrik. Digerakkan menggunakan dinamo yang disambungkan dengan saklar kipas angin 3 kecepatan. Mulai dari komputer yang menggunakan kipas untuk mendinginkan bagian penting. Seperti CPU yang menggunakan kipas, atau AC yang menggunakan kipas angin juga. Kipas angin yang memiliki 3 kecepatan adalah salah satu kipas yang paling banyak dipasaran. Umumnya rangkaian kipas angin 3 kecepatan ini memiliki 3 bagian utama.

skema rangkaian kipas angin 3 kecepatan

3 bagian utama tersebut adalah badan, kelistrikan dan mesin. Seperti bagian body ada bagian sangkar, bagian wadah, bagian leher, bagian tempat keluar masuknya sumber arus biasanya berupa saklar tekan atau tarik. Lalu ada bagian bawah yang menyangga atau membuat kipas dapat berdiri tegal.

Skema Rangkaian Kipas Angin 3 Kecepatan

rangkaian kipas angin 3 kecepatan

Dalam skema rangkaian kipas angin 3 kecepatan ini kamu perlu mengetaui rangkaian kelistrikan. Bagian dari skema ini sangatlah penting sekali ketika kamu perlu mengetahui tentang kelistrikan atau lain sebagainya. Untuk kipas angin yang punya 3 rangkaian kabel tentu lebih mudah mengenalnya.

Kabel Hitam

Biasanya kabel dengan warna hitam itu adalah sumber langsung ke stop kontak. Ini adalah kelistrikan utama, pada bagian inilah kabel yang terhubung langsung antara kipas angin dengan sumberl listrik. Dalam hal ini sumber listrik bisa kamu dapatkan melalui PLN atau juga genset. Kipas angin akan bisa menyala ketika terhubung dengan sumber energi listrik. Kabel ini juga biasanya disebut dengan kabel netral.

Kabel Putih

Biasanya pada bagian rangkaian kipas angin 3 kecepatan memiliki warna kabel yang berbeda, tergantung dengan mrek yang digunakan, untuk itu jangan asal menyambungkan kipas angin, dikhawatirkan dapat mengakibatkan terbakar. Seperti kabel dengan warna putih biasanya langsung mengarah pada bagian listrik langsung dan juga kapasitor.

skema rangkaian kipas angin 3 kecepatan
Skema rangkaian kipas angin 3 kecepatan

Kapasitor ini memiliki beberapa ukuran seperti 1.5 micro farad. Fugsinya itu ialah memisahkan kabel antara saklar dan dinamo. Sebenarnya tidak semua jenis kipas angin memiliki ukuran 1,5 micro farad. Ada juga yang memiliki ukuran sebesar 1,2-2 ini semua tergantung dari mrek kipas angin tersebut yang kamu gunakan.

Baca Dulu: Skema Kipas Angin Miyako

Kabel Merah

Lalu untuk kabel yang berwarna merah biasanya sebagai sambungan pada kapasitor saja. Kalau pada rangkaian kipas angin memang lebih mudah dibandingkan rangkaian sekma kabel lainnya. Namun perlu kamu ketahui terlebih dahulu setiap kabel tersebut dan tentunya saklar kipas angin 3 kecepatan.

Baca Dulu: Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel Listrik

Fungsi Kapasitor Pada Kipas Angin

Kapasitor pada sebuah rangkaian memiliki peran yang cukup penting. Meski pada dasarnya hanya untuk menyimpan arus listrik atau muaan listrik. Pada prakteknya rangkaian ini ada banyak kegunaan. Seperti fungsi kaspasitor pada kipas angin memiliki fungsi sebagai arus penyimpanan arus dalam serta membantu proses start pada kipas angin.

fungsi kapasitor pada kipas angin
Fungsi kapasitor pada kipas angin

Pada awal proses kipas memutar, maka dinamo yang memutarkannya. Namun, dinamo perlu energi arus listrik yang cukup besar. Itu sebabnya perlu adanya kapasitor untuk kipas angin yang bertugas menyimoan arus listrik. Jadi dinamo nantinya akan mengimbil arus listrik pada kapasitor untuk mulai melakukan strat. Pentingnya kapsitor adalah hal tersebut, jika tidak ada kapasitor maka kipas tidak akan bisa berputar.

Baca Juga: Cara Menyambungkan Kabel Dinamo Kipas Angin

Sekarang kamu sudah mengerti seperti apa skema dari rangkaian kipas angin 3 kecepatan. Apabila kamu ingin memperbaiki kipas yang telah rusak. Pastikan terlebih dahulu kamu paham akan bagian dan komponen kipas angin tersebut. Kamu juga perlu memahami skema rangkaian kipas angin 3 kecepatan.

Leave a Comment