Cara Cek Starter Rangkaian Lampu Neon Philips

Rangkaian lampu neon Philips yakni LED Philips dan Lampu TL, menjadi salah satu lampu yang banyak digunakan di masyarakat. Kali ini kami akan berikan cara pasang lampu neon LED panjang dan beberapa cara cek starter lampu tl.

Rangkaian lampu neon Philips

Lampu TL menggunakan teknologi LED yang membuat pemakaian lampu ini lebih tahan lama dan cahaya lebih terang. Dengan lampu TL LED ini, kamu bisa lebih irit bayar listrik karena dayanya yang cukup kecil.

Banyak orang yang lebih memilih rangkaian lampu neon Philips TL LED karena banyak keuntungan yang didapatkan dibandingkan TL biasa. Meskipun harganya lebih mahal, namun dengan teknologi LED kamu bisa lebih irit listrik dan mendapat pencahayaan yang lebih terang.

Cara Pasang Lampu Neon LED Panjang

Cara Pasang Lampu Neon LED Panjang

Sebelum kamu memasang TL LED, berikut ini beberapa alat-alat yang harus disiapkan:

  • Kap atau casing Lampu
  • Fitting
  • Sekring
  • Obeng
  • Trafo
  • Kabel

Jika sudah menyiapkan alatnya, berikut ini cara memasang rangkaian lampu neon Philips:

1. Tentukan Lokasi

Langkah pertama yakni menentukan lokasi dimana akan dipasang lampu. Perkirakan lokasi lampu agar memberikan pencahayaan dengan maksimal.

2. Pasang Komponen Lampu

Sebelum memasang lampu, kamu perlu memasang seluruh komponennya seperti sekring, trafo, fitting dan komponen lain. Selain itu kamu juga harus mengetahui cara cek starter lampu tl sebelum memasangnya.

3. Cara Cek Starter Lampu TL

Starter kapasitor dalam lampu TL LED ini berperan untuk menyalakan lampu saat pertama kali lampu akan dinyalakan atau sesaat setelah lampu terpasang.

Untuk mengecek starter lampu TL berfungsi dengan baik atau tidak, bisa dilihat dari pencahayaan yang diberikan lampu. Jika pertama kali dinyalakan lampu tidak bisa menyala dengan penuh dan redup pada ujung lampu, kemungkinan besar starternya rusak.

Untuk memeriksanya, kamu bisa membukanya dan melihat kondisinya. Jika sudah menghitam atau gosong di area dalam starter, maka kamu harus menggantinya dengan starter baru.

Namun lampu TL LED sebenarnya tidak membutuhkan starter dan starter juga bukan bagian penting dari lampu TL LED. Namun di beberapa kasus, masih ada yang membutuhkan starter lampu.

4. Pasang Rangkaian Lampu Neon Philips

Pasang Rangkaian Lampu Neon Philips

Jika seluruh rangkaian lampu TL LED sudah terpasang, selanjutnya kamu perlu memasang casing atau kap lampunya terlebih dahulu. Pasang casing ke area yang sudah kamu tandai.

Untuk memasang casing lampu TL LED, kamu bisa menggunakan bor dan baut yang ada pada casing. Pasangkan casing dan cari pegangan yang kuat agar lampu tidak akan terjatuh.

Kamu harus benar-benar memastikan bahwa baut sudah terpasang dengan aman. Jika pegangan tidak kuat atau baut tidak kencang, maka bisa jadi lampu kamu akan terjatuh sewaktu-waktu.

Jika casing sudah terpasang, maka kamu bisa langsung pasangan lampu TL LED. Pastikan seluruh kabel sudah terpasang dengan aman dan sesuai.

Bereskan kabel sebelum kamu turun dari tangga dan pastikan semua kabel sudah terpasang serta lampu TL LED sudah terpasang dan menempel dengan sempurna di atap.

5. Uji Coba

Setelah lampu terpasang, lakukan uji coba dengan menyalakan lampu TL LED. Jika sudah menyala, maka kamu berhasil memasangnya dengan sempurna.

Baca Juga :

Demikian cara pasang lampu neon LED panjang yang sebenarnya tidak membutuhkan keahlian khusus. Asalkan kamu mempelajari cara yang benar dan lakukan langkah yang tepat untuk memasang rangkaian lampu neon Philips agar menyala dengan sempurna.

Leave a Comment