Bagaimana Cara Membuka Remote AC Terkunci ?

Remote AC terkunci kini hal yang umum, karena setiap merk AC sudah menerapkan teknologi pengunci pada remote controlnya. Fitur yang sangat berguna, terutama ketika secara tak sengaja anak kecil memainkan remote AC.

Remote AC terkunci

Anda tak perlu khawatir lagi remote atau unit AC akan rusak, karena unit tidak akan merespon meski tombol terus-menerus ditekan. Teknologi yang keren, bukan?

Baca Dulu : Pengaturan Remote AC Sharp

3 Cara Buka Remote AC Terkunci Dengan Mudah Dan Dijamin Berhasil, Bahkan Bagi Pemula!

Remote AC merupakan perangkat paling penting untuk menyalakan atau mematikan unit, mengatur suhu juga beragam fiturnya. Unit AC tidak akan pernah berfungsi tanpa remote, sehingga peran benda satu itu begitu vital.

Namun sebagaimana benda elektronik lainnya, remote AC pun ada kalanya tidak berfungsi atau unit AC nya yang tidak merespon. Jika Anda mengalaminya, tak perlu panik, karena bisa jadi baterai remote habis.

Cek baterai terlebih dahulu dan ganti dengan yang baru, lalu coba lagi. Apabila hal ini tidak berpengaruh, pastikan remote tidak dalam keadaan terkunci. Berikut cara mengetahui remote AC terkunci atau rusak:

1. Remote AC Polytron Terkunci

Apabila Anda ingin menggunakan remote AC Polytron, namun setelah tombol beberapa kali ditekan tetap tidak berhasil, jangan panik dulu. Bisa jadi karena remote telah dikunci, sehingga berapa sering pun tombol ditekan, unit AC tidak akan merespon.

Perhatikan layar remote, jika terkunci maka di pojok kanan bawah layar akan ada ikon gembok. Jika ini terjadi, tak perlu panik lagi, karena untuk membukanya cukup mudah.

2. Bagaimana Cara Membuka Kunci Pada Remote AC?

Bagaimana Cara Membuka Kunci Pada Remote AC?

Fitur Kunci pada AC sangat berguna untuk menjaga setting suhu yang sudah diatur sesuai dengan keinginan pemilik.

Dengan Kunci, parameter suhu tidak akan dapat diubah baik dengan sengaja ataupun tidak. Namun jika Anda lupa password, atau sengaja lupa karena ada yang memperhatikan, gunakan beberapa cara berikut:

  • Tombol Timer ON dan Timer OFF

Cara mengatasi remote AC Polytron yang terkunci hanya dengan menekan tombol Timer ON dan Timer OFF bersamaan selama 3 detik. Setelah itu, kunci remote akan terbuka, dan Anda dapat menggunakannya lagi seperti biasa.

Mudah bukan? Anda dapat menguncinya kembali dengan cara yang sama, yaitu menekan tombol Timer ON dan Timer OFF bersamaan.

Baca Juga :

  • Tombol Plus dan Minus

Cara lainnya yaitu menyalakan unit AC dengan menekan tombol power pada unit. Selanjutnya, menggunakan remote asli, tekan dan tahan tombol plus juga minus secara bersamaan hingga ikon gembok menghilang.

Setelah itu lepaskan tombol. Kini remote AC sudah bisa digunakan kembali. Untuk menguncinya, lakukan hal yang sama.

  • Reset Pabrik

Cara ketiga, membuka kunci remote dengan melakukan Reset Pabrik. Dengan mengembalikan pengaturan ke setelan pabrik, fitur Kunci pun akan kembali dalam posisi belum disetting.

Pertama, lepas baterai dan biarkan selama 5 menit, lalu pasang kembali baterai. Cari tombol Reset dengan ikon bulatan kecil. Tekan dan tahan tombol sampai indikator layar berkedip terus – menerus hingga padam sendiri.

Selanjutnya lepaskan tombol, kunci remote AC akan terbuka, dan ikon gembok hilang. Kini remote AC sudah dapat digunakan kembali.

3. Remote AC Tidak Berfungsi

Remote AC Tidak Berfungsi

Ketika AC tidak bisa dihidupkan meski tidak ada ikon gembok dan baterai baru diganti, maka kemungkinannya remote atau unit rusak.  Pada saat remote ditekan, maka sinyal akan dikirimkan pada sensor di unit AC, yang kemudian diproses dan dikerjakan oleh unit.

4. Apa Penyebab Remote AC Tidak Berfungsi?

Ada beberapa penyebab mengapa AC tidak bisa dihidupkan dengan remote, yakni remote AC rusak atau masalahnya terletak pada unit AC.

Contohnya, sensor AC, PC modul, Thermistor, atau IC control rusak, juga power supply atau regulator mati. Apabila ini terjadi, segera hubungi tehnisi dari service center.

Ketahui :

Remote AC terkunci dapat dibuka minimal dengan tiga cara di atas. Namun bila ternyata remote atau unit rusak, jangan mencoba memperbaiki sendiri, karena dikhawatirkan hanya akan memperparah kerusakan.

Categories AC

Leave a Comment