Skema Kabel Kipas Angin Maspion

Skema kipas angin Maspion merupakan sekumpulan lilitan kawat tembaga pada 4 kutub magnet sebagai generator listrik di kipas. Tanpa generator (mesin atau motor listrik atau dinamo), baling-baling kipas tidak dapat berputar.

Skema kipas angin maspion

Apabila Anda sangat awam tentang alat-alat listrik seperti generator listrik, skema kawat kipas angin, dan ukurannya, simak artikel ini ya..  Pembahasan berikut untuk pemula yang belum mengenal sama sekali bagian-bagian kipas angin.

Baca Dulu : Diagram Kipas Angin

3 Skema Kipas Angin Maspion, Penjelasan Yang Akan Mudah Dipahami Bagi Pemula

Dengan banyaknya varian model kipas angin, maka skemanya pun berbeda-beda. Terlebih lagi skema kipas angin Maspion cukup rumit untuk dijabarkan secara detail.

Namun secara garis besarnya, dalam setiap generator listrik terdapat kumparan dan tiap ujungnya disebut keluaran kabel. Generator listrik pada kipas angin biasanya memiliki beberapa varian keluaran kabel.

Mulai dari 3, 5, dan 6, tergantung ukuran kipas angin tersebut. Semakin besar baling-baling kipas, semakin besar pula generator yang dibutuhkan, sehingga kabel yang diperlukan pun semakin banyak.

Skala gulungan kipas angin Maspion memiliki 2 model alur. Pertama Alur Low, menggunakan kawat ukuran 0,12 mm dengan jumlah lilitan benang 200 kali.

Sedangkan Alur Medium menggunakan kawat 0,15 mm dengan jumlah lilitan 200 kali dan terdiri atas 4 buah kutub. Berikut penjelasan skema kipas angin Maspion:

1. Skema Kabel Kipas Angin Maspion Tipe Kern 14 mm 16 Alur

Skema Kabel Kipas Angin Maspion Tipe Kern 14 mm 16 Alur

Ukuran kawat 0,12 mm dengan 4 buah kutub dan jumlah lilitan 550x di gulungan kipas Starting. Hal ini adalah lilitan bantu pada generator kipas angin.

Ukuran kawat 0,15 mm dengan 4 buah kutub dan jumlah lilitan 800x di gulungan kipas Running. Dimana lilitan utama pada kipas dinamo kipas angin.

Ukuran kawat 0,12 mm dengan 4 buah kutub dan jumlah lilitan 200x di gulungan kipas Low. Merupakan alur kecil atau rendah pada lilitan bantu.

Ukuran kawat 0,12 mm dengan 4 buah kutub dan jumlah lilitan 200x di gulungan kipas Medium. Hal ini berarti alur lilitan sedang pada kumparan generator.

Baca Juga :

2. Skema Gulungan Kipas Angin Maspion Tipe Kern 16 mm 16 Alur

  • Ukuran kawat 0,15 mm dengan 4 buah kutub dan jumlah lilitan 450x di gulungan kipas Starting. Hal ini berarti lilitan bantu pada generator kipas angin.
  • Ukuran kawat 0,15 mm dengan 4 buah kutub dan jumlah lilitan 900x di gulungan kipas Running. Merupakan lilitan utama pada kipas dinamo kipas angin.
  • Ukuran kawat 0,15 mm dengan 4 buah kutub dan jumlah lilitan 150x di gulungan kipas Low. Hal ini berarti alur kecil atau rendah pada lilitan bantu.
  • Ukuran kawat 0,15 mm dengan 4 buah kutub dan jumlah lilitan 150x di gulungan kipas Medium. Dimana alur lilitan sedang pada kumparan generator.

Penting untuk diketahui, semakin tebal ukuran kawat kipas dan ukuran kern, akan membuat kipas lebih tahan panas. Oleh karena itu, ketika sebuah kipas menggunakan 1000x lilitan, tapi kawat dan kernnya berukuran 0,10 mm, akan cepat rusak.

3. Skema Kipas Angin Maspion 6 Kabel

Skema Kipas Angin Maspion 6 Kabel

Merupakan skema kipas pada umumnya, mempunyai 3 kumparan dimana masing-masingnya memiliki 2 ujung, yang berarti terdapat 6 keluaran kabel.

Tipe ini merupakan yang paling banyak tersedia di pasaran, dengan fungsi satu keluaran kabel netral. Fungsi lainnya dua keluaran kabel kapasitor, dan tiga keluaran kabel kontrol speed.

Ketahui :

Skema kipas angin Maspion sama seperti kipas merk lainnya. Poin yang membedakan biasanya terletak pada ukuran kern dan kawat.

Leave a Comment