Skema Gulungan Kipas Angin Miyako

Kali ini kami akan membahas tentang skema kipas angin Miyako. Kipas angin adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan angin. Kipas angin mempunyai fungsi umum untuk pendingin udara, menyegarkan udara, ventilasi atau exhaust fan, serta pengering (umumnya memakai part tambahan penghasil panas).

Skema kipas angin miyako

Umumnya kipas angin dibedakan menjadi dua, yaitu kipas angin bertenaga listrik dan kipas angin tradisional. Pada pemanfaatannya, tentu sangat penting untuk memahami skema kipas angin.

Warna Kabel Kipas Angin Miyako

1. Kipas Angin Remote Miyako

Skema kipas angin ini menggunakan remote yang diaplikasikan untuk produk kipas angin Tejari 101. Kipas angin itu memiliki dua motor listrik yaitu satu untuk memutar kipas dan satu motor lainnya dengan ukuran lebih kecil untuk menggerakkan kipas ke arah kanan dan kiri.

Dalam pengoperasian kipas angin ini bisa dilakukan dengan mudah yaitu memakai remote. Rangkaian kontrol pada kipas angin ini menggunakan IC utama SC8206 dan triac yang nantinya mengontrol motor listrik. Tentu bila rangkaian dan motor listrik kipas angin remote ini kondisinya normal maka kipas ini dapat bekerja secara optimal.

2. Teknologi Pada Kipas Angin Remote Miyako

Berdasarkan warna kabel kipas angin Miyako pada rangkaiannya secara sederhana bisa terbagi menjadi tiga bagian, yaitu power supply, IC utama, serta triac power supply. Hasil output pada power supply harus sesuai dan stabil agar rangkaian berikutnya bisa bekerja secara normal.

3. Mengatasi Kerusakan Kipas Angin Miyako

Bila Anda tak ingin dipusingkan tentang service, maka carilah komponen yang mengalami kerusakan. Terlebih saat ini telah tersedia modul jadi pada kipas angin Miyako. Hanya dengan mengganti satu modul, kipas angin pun sudah beres. Akan tetapi dengan catatan jika Anda sudah merasa yakin bagian modul sistem kontrol mengalami kerusakan.

Nah itu tadi pembahasan tentang skema kipas angin. Informasi tentang hal ini nantinya mempermudah Anda dalam menggunakan perangkat kipas angin.

Skema Gulungan Kipas Angin

Skema Gulungan Kipas Angin

Untuk running (lilitan utama) terdapat kapasitor serta AC 220V. Sementara untuk lilitan buntu terdapat kapasitor, strating, low, medium dan high.

  • Cara Menggulung Dinamo Kipas Angin

Skema kipas angin tiga kecepatan setelah dilakukan penyambungan sesudah digulung terdapat lima ujung kabel sisa pada kipas angin. Umumnya menggunakan kabel berwarna putih untuk input dan digabungkan kabel berwarna biru sebagai salah satu kabel kapasitor.

Sesuai skema kipas angin, saat menggulung dinamo jika Anda melakukannya secara manual maka diperlukan kesabaran, keterampilan dan keinginan yang nantinya benar-benar diuji agar tak keliru untuk proses perhitungan dan memasukkan kawat pada keren yang dapat menyebabkan dinamo tak bekerja optimal.

Maka skema gulungan kipas angin tentang cara menggulung dinamo harus dilakukan secara teliti. Secara umum ada 6 kabel pada kipas angin dan 2 kabel pada AC 0V yang dikopel menjadi satu maupun memakai thermofuse 1 yang langsung terhubung ke AC 0 220V.

Sementara satunya melalui thermofuse pada kapasitor 3 kabel ke gulungan bantu dan satu kabel sisanya ke kapasitor semua kabel jika dicek dengan multitester dengan minimal skala 10 kali.

Baca Juga : Diagram Kipas Angin

  • Konstruksi Sistem Kelistrikan Kipas Angin

Motor listrik atau yang disebut juga sebagai dinamo atau mesin pada kipas angin. Kabel yang tersambung melalui saklar kapasitor dan sumbernya akan menumpuk pada bagian ini. Umumnya motor listrik kipas angin nantinya mengeluarkan enam output. Akan tetapi, ada pula yang tiga dan lima output bergantung dari jenis kipas angin dan fungsinya.

Leave a Comment