Skema & Cara Tes Kompresor Kulkas Inverter

Skema kompresor kulkas inverter pada setiap kulkas yang dijual di pasaran memiliki konsep yang tak jauh berbeda. Kompresor yang dimiliki kulkas inverter sebenarnya adalah pusat kendali sistem pendinginan saat kulkas beroperasi menghasilkan suhu yang stabil. Cara melakukan tes kompresor kulkas inverter tiap tipenya juga tak jauh berbeda karna konsep tiap brand yang hampir sama.

skema kompresor kulkas inverter
Modul/PCB Kulkas Inverter

Salah satu alat rumah tangga dengan kompresor inverter ini sedang banyak dibeli dan diminati banyak orang di pasaran. Pasalnya, banyak masyarakat yang mengerti penghematan daya listrik yang terletak pada kompresor.

Kebanyakan kulkas rumah tangga yang digunakan memiliki satu kompresor yang bekerja dengan satu kecepatan saja. Maka dari itu, artikel ini akan membahas skema dan cara tes kulkas dengan kompresor, simak terus ya!

Skema Umum Kompresor Kulkas Inverter

skema kompresor kulkas inverter
Skema kompresor kulkas sederhana

Kompresor inverter linier berfungsi mengurangi kehilangan mekanis dengan menggunakan piston bebas. Dengan penggerak magnet permanen yang digunakan dalam kompresor ini, ia akan bekerja lebih efisien yang mengartikan penghematan daya listrik. Kapasitas pendinginan dapat memperngaruhi skema kompresor kulkas inverter dari segi kecepatannya.

skema kompresor kulkas inverter

Jadi jika kulkas terbuka dalam waktu yang lama, kecepatan kompresor akan lebih cepat karena kulkas akan memberikan suhu yang lebih rendah saat suhu lemari es mengalami kenaikan. Saat suhu di dalam kulkas sudah dalam keadaan stabil, kompresor akan bekerja secara lambat karena sudah mendapatkan suhu yang diinginkan. Inilah yang menjadi faktor penghemat dalam penggunaan kulkas dengan kompresor.

skema kompresor kulkas inverter

Baca Dulu: Kompresor Kulkas Tidak Mau Start

Cara Tes Kompresor Kulkas Inverter dengan Mudah

Cara tes kompresor kulkas inverter  bisa dikatakan mudah. Anda hanya membutuhkan obeng, avometer, dan tang ampere. Cara ini bisa dilakukan sebelum membawa lemari es Anda ke tempat perbaikan kulkas. Namun, kemungkinan tempat yang bisa memperbaiki kompresor hanyalah sedikit karena jarang ada yang mau menerma order seperti itu. Inilah pembahasannya.

cara tes kompresor kulkas inverter
Cara tes kompresor kulkas inverter

Ukur Besaran Ohm

Mengukur besaran ohm dilakukan dalam keadaan kulkas mati yang ada di antara body, terminal, dan grounding. Tempelkan avometer pada bagian body yang terbuka dan lantai kompresor Jika nilai yang ditunjukkan adalah ohm kecil, maka itulah indikasi adanya kerusakan pada bagian dinding hermetic. Namun jika nilai ohm tinggi atau tak terhingga, maka tidak ada kerusakan yang terjadi.

Ukur Tiga Pin

Ukur tahanan antara pin C dengan pin R dengan avometer skala Ohm. Hasil yang harus ditunjukkan saat oengukuran ini adalah 3 – 5 Ohm. Selanjutnya, ukur tahananantara pin C dengan pin S dengan hasil yang harus menunjukan angka 15 – 20 Ohm. Jika hasil dari cara tes kompresor kulkas inverter ini melebihi atau kurang dari angka-angka diatas, maka dapat dikategorikan adanya konslet atau terputusnya gulungan motor.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetes kompresor pada kulkas inverter Anda. Tang amphere biasanya digunakan untuk mengukur berapa besarnya listrik yang diperlukan pada sebuah kompresor. Sebuah kompresor dikatakan bagus jika memiliki besaran yang sama pada label yang tertulis. Jika lebih besar atau lebih kecil, maka terindikasi adanya masalah pada kompresor.

Baca Dulu:

Itulah skema kompresor kulkas inverter dan cara melakukan pengetesannya yang bisa Anda terapkan. Kelebihan kulkas tersebut tak lain adalah konsumsi daya listrik yang lebih sedikit. Kompresor ini juga tidak menimbulkan kebisingan pada kerjanya dalam kecepatan yang tinggi. Sekitar 25% komsumsi daya listrik dapat berkurang dengan penggunaan kompresor ini.

Leave a Comment