Skema Kulkas Inverter Universal LG & Cara Cek Tanpa Modul

Skema kulkas inverter setiap kulkas yang dijual di pasaran elektronik mempunyai konsep skema yang tidak terlalu jauh berbeda termasuk kulkas merk LG. Pada kulkas inverter, kompresor yang dimiliki sebenarnya merupakan pusat kendali sistem pendingin saat kulkas beroperasi menghasilkan suhu yang stabil.

Skema Kulkas Inverter

Penggunaan kompresor inverter ini termasuk salah satu barang yang diminati dengan alasan bisa melakukan penghematan daya listrik. Oleh karena itu, keberadaan kompresor ini bisa Anda temukan dan bisa Anda beli dengan mudah di pasaran.

Baca Dulu : Wiring Diagram Kulkas 2 Pintu

Skema Kulkas Inverter LG dan Merk Lainnya

Hampir semua merk mempunyai skema yang sama. Informasi ini akan menjelaskan secara umum bagaimana skema yang ada dari kulkas inverter. Kompresor inverter sendiri mempunyai fungsi untuk mengurangi kehilangan mekanis dengan adanya piston bebas.

Dalam hal ini, magnet permanen yang digunakan akan bekerja lebih efisien dan bisa terjadi penghematan daya listrik. Kapasitas dari pendinginan juga bisa mempengaruhi skema kompresor inverter dari sisi kecepatannya.

Saat kulkas dalam kondisi terbuka dengan waktu yang lama, kecepatan kompresor biasanya akan meningkat lebih cepat sebab kulkas akan membuat suhu yang lebih rendah saat suhu di dalam kulkas mengalami kenaikan.

Suhu di dalam kulkas ini harus dipastikan dalam kondisi stabil, sehingga kompresor bisa berjalan lebih lambat karena sudah mendapatkan suhu yang sesuai. Kondisi inilah yang menjadi faktor penghemat saat penggunaan kulkas dengan kompresor.

Cara Tes Kompresor Kulkas Inverter Tanpa Modul

Cara Tes Kompresor Kulkas Inverter Tanpa Modul

Selanjutnya untuk bisa tes kompresor bisa dilakukan dengan mudah. Anda akan membutuhkan alat seperti obeng, AVOmeter, dan tang ampere. Berikut ini, cara yang bisa Anda lakukan dalam menguji kompresor kulkas :

1. Lakukan pengukuran dari besaran Ohm

Saat melakukan pengukuran besaran Ohm, pastikan kulkas dalam keadaan mati yang ada di antara grounding, terminal, dan body kulkas. Setelah itu Anda bisa tempelkan AVOmeter pada bagian body. Ketentuan hasil yang didapatkan, yaitu :

  • Jika hasil ohm kecil, maka diindikasi ada kerusakan pada bagian dinding hermetic
  • Jika hasil ohm besar, maka dinilai tidak ada kerusakan

2. Lakukan pengukuran tiga pin

Selanjutnya Anda ukur tahanan di antara pin C dengan pin R menggunakan AVOmeter. Hasil yang memenuhi harus berada di nilai 3 – 5 Ohm. Kemudian dilanjutkan dengan pengukuran tahanan antara pin C degan pin S, dimana hasilnya harus berada di nilai 15 – 20 Ohm.

Jika Anda mendapatkan nilai yang lebih dari range nilai di atas, maka bisa diindikasi bahwa ada konslet atau terputusnya gulungan motor.

Langkah ini mudah sekali bukan untuk dilakukan tanpa modul. Anda sudah bisa mengetahui kompresor dalam keadaan baik atau tidak.

Artikel Terkait :

Dimana Dapatkan Modul Kulkas Inverter Universal

Tentunya untuk mendapatkan modul kulkas yang sesuai merk pasti akan sulit didapatkan. Anda bisa mengganti modul dengan yang universal. Anda bisa mendapatkan modul universal pada :

  1. Toko elektronik khusus penjualan Dengan membeli langsung ke toko, Anda bisa melihat secara langsung bagaimana kondisi barangnya dan banyak kualitas yang dimiliki.
  2. Pembelian online melalui Ketika membeli secara online, maka Anda harus mencari toko yang tepat dengan barang yang terjamin bagus.

Sudah tidak sulit untuk bisa mendapatkan barang tersebut, sehingga Anda bisa mengganti modul kulkas Anda tanpa kesulitan.

Kesimpulan Cara Cek Kompresor Kulkas Inverter

Singkatnya, untuk bisa mengetes kompresor pada kulkas yang sudah Anda buat menjadi inverter adalah dengan cara mengukur berapa besar listrik. Anda akan membutuhkan alat seperti tang amphere dan AVOmeter untuk mengerti berapa besarannya.

Kompresor akan dikatakan baik atau bagus jika besarnya sama dengan label yang tertulis. Jika besarnya tidak sesuai, baik itu besar maupun kecil diartikan adanya masalah pada kompresor.

Itulah informasi terkait skema kompresor kulkas inverter dan juga cara pengetesan yang bisa Anda lakukan sebelum dibawa untuk dilakukan reparasi. Kulkas inverter memang mempunyai kelebihan dari sisi menghemat daya listrik dari kulkas umum.

Ketahui :

Selain itu, kompresor inverter juga tidak menimbulkan kebisingan pada kerja yang kecepatannya lebih tinggi. Jadi, tertarik untuk mengganti kulkas Anda menjadi inverter? Anda bisa coba untuk menekan biaya listrik rumah Anda.