Skema Rangkaian Magic Com Miyako & Cosmos

Kalian butuh untuk memahami dan mengerti skema Magic Com Miyako ketika kalian ingin melakukan perbaikan pada Rice Cooker. Skema kelistrikan ini mungkin sangat penting, agar kalian bisa benar-benar memahami kerusakan dan bisa memperbaikinya dengan baik. Cara memperbaiki Rice Cooker Miyako itu dasarnya adalah informasi soal skema kelistrikan dari peralatan elektronik tersebut.

Skema Magic Com Miyako

Ketika kalian tahu soal skema Magic Com Cosmos atau Miyako, maka kalian tahu jalur kelistrikannya seperti apa dan jalur dayanya. Jadi kalian bisa melihat komponen mana yang mungkin sudah tidak berfungsi dan perlu diganti untuk bisa memperbaik Rice Cooker. Berikut kami akan jelaskan Rangkaian Magic Com digital agar kalian bisa memperbaiki kerusakan dengan lebih efisien.

Rincian Skema Magic Com Miyako

Rincian Skema Magic Com Miyako

Skema dari Rice Cooker memang harus diketahui, dan memang biasanya setiap Rice Cooker memiliki skema yang berbeda. Secara umum sebenarnya skemanya itu hampir sama, di mana komponen yang ada di dalamnya biasanya sama saja. Berikut ini kami akan jelaskan setiap komponen dan juga alur daya yang akan dialirkan ke setiap komponen supaya bisa berfungsi dengan baik.

1. Leaf Switch

Leaf Switch ini adalah sebuah saklar utama yang akan menjadi tuas pemindah posisi dari pilihan warm untuk menghangatkan dan cook atau memasak. Apabila Leaf Switch ini dipindahkan ke bawah ke posisi cook, maka sumber AC 220V ini akan dialirkan ke heating element. Ini adalah saklar penting yang akan membuat Rice Cooker ini akan bisa berjalan dengan baik.

2. Sensor Panas Magnetik

Sensor Panas Magnetik ini adalah sensor yang berada di bagian tengah lubang logam yang menjadi tempat dudukan panci. Sensor ini akan menempel pada bagian tengah panci karena memang ada sifat magnetik pada sensor tersebut. Sensor panas ini akan terkait juga dengan posisi Leaf Switch untuk menahan pada posisi cook atau melepaskan ke posisi warm.

3. Heating Element

Heating element itu adalah bagian logam yang menjadi tempat dudukan panci untuk memasak beras menjadi nasi. Elemen panas atau heating element ini akan memberikan panas yang tinggi pada panci beras agar memasak beras tersebut. heating element ini akan mendapatkan daya panas setelah Leaf Switch masuk ke posisi cook.

4. Thermofuse

Komponen berikutnya adalah Thermofuse, ini akan menjaga suhu dari setiap elemen penghantar panas dari Rice Cooker. Jadi pada saat panas yang keluar itu sudah mencapai batas dari Thermofuse, maka listrik akan diputus agar tidak melebihi. Ini dipakai di 2 tempat yakni di heating element dan juga elemen penghangat untuk kondisi warm.

5. Lampu Indikator

Terakhir ada yang tidak kalah penting juga yakni adalah lampu indikator yang menunjukkan Cook atau Warm. Ini adalah bagian penting juga untuk memberi informasi apakah proses memasak sudah selesai atau belum.

Sistem Kerja Skema Magic Com Cosmos

Kalian pun harus mengetahui dan juga memahami sistem kerja dari skema kelistrikan dari Rice Cooker tersebut ya. Berikut ini kami akan coba jelaskan bagaimana sih sistem kerja dari Rice Cooker satu per satu.

  1. Pertama pada saat kalian menekan Leaf Switch ke posisi cook, maka daya listrik akan dihantarkan ke logam heating element. Pada saat itu, heating element akan menghantarkan panas yang tinggi yang menjadi tempat beras akan dimasak. Sensor magnetik pun akan langsung menempel di tengah panci selama proses memasak.
  2. Setelah sekian waktu heating element dan sensor magnetik menempel di panci, maka akan membuat air akan berkurang. Pada saat air sudah berkurang berarti nasi sudah matang, dan panas ke panci itu akan berpindah ke sensor magnetik seluruhnya. Pada saat itulah sensor magnetik akan terlepas dan memindahkan tuas Leaf Switch ke Warm.

Demikianlah skema kelistrikan dari Rice Cooker yang juga akan menunjukkan sistem kerja dari Rice Cooker tersebut. Skema ini sangat diperlukan untuk memperbaiki Rice Cooker yang mungkin mengalami kerusakan dan tidak berfungsi. Perhatikan skemanya, komponen, dan juga kabel, kalian bisa menemukan permasalahan dari kerusakan itu apa.