Gambar Skema Mesin Regulator TV Polytron U Slim 21 Inch

Apakah kalian memiliki Televisi Polytron U Slim? Jika iya, maka kalian harus mengetahui beberapa tips jika sewaktu-waktu tv kalian mengalami kerusakan seperti bagaimana cara mengukur tegangan TV Polytron U Slim, bagaimana bentuk skema regulator Polytron U Slim, hingga bagaimana cara mengatasi TV Polytron U Slim tegangan b+ over.

 Skema TV Polytron U Slim 21 Inch

Baca Dulu : Skema Regulator TV LCD Polytron

Cara Mengukur Tegangan TV Polytron U Slim dengan 6 Langkah

  1. Pertama – tama, siapkan alas seperti karpet plastik atau jika ada lebih baik menggunakan trafo isolasi.
  2. Jika sudah menyiapkan barang – barang tersebut gunakanlah sebagai alas. Tujuannya adalah supaya tidak menghantarkan listrik.
  3. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan televisi dan atur posisi mesin televisi agar dapat dengan mudah dijangkau baik itu menghadap ke bawah atau pun menghadap ke atas.
  4. Setelah itu hubungkanlah probe hitam atau probe negatif pada chasis televisi yang meliputi tuner, heatsing kawat ground tabung dan lain – lain. Tujuan dari tahap ini adalah supaya tidak mudah terlepas. Oleh karena itu sebaiknya gunakan jepit buaya agar kuat.
  5. Jika sudah maka hubungkan probe merah atau probe positif multimeter pada tes poin atau jalur mesin televisi yang akan diukur. Hal yang perlu kalian ingat adalah jangan lupa kerjakan dengan hati – hati karena rawan konslet. Oleh karena itu tetaplah berhati – hati jangan sampai menyentuh jalur lain sehingga konslet.
  6. Langkah terakhir adalah dengan mencatat hasil pengukuran yang kemudian membandingkannya dengan data standar pada tegangan televisi normal.

Cara Mengatasi TV Polytron U Slim Tegangan B+ Over

Apabila hasil pengukuran menunjukkan bahwa tegangan pada TV Polytron mengalami tegangan over, maka lakukanlah langkah – langkah berikut ini:

  1. Langkah yang pertama adalah memeriksa Optocoupler karena bagian ini biasanya paling banyak menyebabkan tegangan menjadi naik jika komponen satu ini putus. Jika kalian ragu untuk memperbaikinya, sebaiknya ganti dengan Optocoupler yang baru.
  2. Langkah kedua adalah dengan memeriksa transistor. Transistor ini biasanya mengalami kerusakan atau bahkan putus sehingga dapat menyebabkan tegangan menjadi naik.
  3. Langkah ketiga adalah dengan memeriksa resistor. Resistor merupakan salah satu komponen pada televisi yang memiliki fungsi sebagai pengatur kecil atau besarnya tegangan akhir yang dikendalikan oleh trimpot. Nah, apabila resistor putus atau bahkan ukurannya menjadi besar, maka akan menyebabkan tegangan menjadi naik atau tegangan over dan sudah tidak bisa dikecilkan oleh trimpot.
  4. Langkah keempat adalah dengan memeriksa bagian trimpot. Trimpot merupakan salah satu komponen televisi yang berfungsi untuk mengatur kecil atau besarnya tegangan akhir ketika masih normal. Namun, jika tegangan sudah tidak bisa dikecilkan lagi dengan trimpot, maka trimpot akan mengalami kerusakan sehingga harus diganti. Apabila kalian tidak memiliki trimpot, maka bisa diakali dengan menggantinya menggunakan resistor 10 K.
  5. Langkah terakhir adalah dengan memeriksa bagian Elco. Elco merupakan salah satu bagian dari komponen televisi yang harus senantiasa dijaga agar tidak kering atau pun bocor. Jika komponen ini dibiarkan menjadi kering atau bocor maka akan terjadi tegangan naik.

Baca Juga :Cara Mencari TV Samsung Smart Manual

Skema Regulator TV Polytron U Slim

Skema Regulator Tv Polytron U Slim

Mengetahui skema regulator tv Polytron tipe U-Slim ini sangat perlu untuk dilakukan agar dapat mengetahui tata letak dan komponen yang ada di dalamnya sehingga akan mempermudah pekerjaan.

Skema ini juga berlaku untuk semua jenis televisi.

****

Gambar Skema mesin TV Polytron U Slim 21 semakin dicari oleh banyak orang. Dengan semakin berkembangnya dunia internet seperti sekarang ini, kamu bisa dengan mudah menemukan informasi lengkap tentang gambar mesin TV Polytron U Slim 21, cara download skema TV Polytron U Slim yang lengkap, dan skema horizontal TV Polytron U-Slim 21.

skema mesin tv polytron u slim 21

Pada dasarnya, skema ini akan sangat dibutuhkan agar ketika TV tersebut rusak, kalian bisa mengatasinya secara lebih mudah. Untuk membantu kalian dalam mengetahuinya dengan baik, di sini kami akan membagikan informasi lengkapnya. Maka dari itu, kamu perlu menyimak isi artikel ini dengan baik dan teliti.

Gambar mesin TV Polytron U Slim 21 yang baik dan benar

Seperti yang sudah kamu lihat sendiri di gambar tersebut, skema mesin TV Polytron tipe U Slim 21 ini berbeda dengan skema mesin TV Polytron jenis lainnya. Umumnya, semakin muda model TV yang kamu miliki, maka semakin banyak fitur yang tersedia di dalamnya.

gambar mesin tv polytron u slim 21
Gambar mesin TV Polytron U Slim 21

Jadi, setiap pemilik TV Polytron harus bisa mengenali skema mesinnya masing-masing. Jangan sampai tertukar, karena itu akan sangat berpengaruh jika TV sedang mengalami kerusakan tertentu.

Cara download skema TV Polytron U Slim yang benar

skema mesin tv polytron u slim 21
Skema mesin TV Polytron model HBT 00-02G = HBT 00-04G

Sekarang sudah ada banyak pihak yang menyediakan contoh gambar skema TV Polytron U Slim secara lengkap dalam file berformatkan pdf. Untuk melihat isi dari file tersebut, tentu kamu harus mengunduhnya terlebih dulu. Kamu tidak perlu khawatir caranya akan sulit untuk dilakukan, karena caranya sendiri sangat mudah yang antara lain:

  • Pertama-tama, kamu bisa memasukkan kata kunci “Skema mesin TV Polytron U Slim lengkap” ke kolom pencarian internet. Namun, jika kamu memilih cara yang lebih praktis, maka kamu bisa langsung masuk ke sini.
  • Nantinya, kamu bisa memilih salah satu skema yang menurutmu sesuai dengan tipe TV milikmu. Kemudian, tekan tombol “Download” yang ada di halaman tersebut.
  • Tunggu sampai proses pengunduhan file tersebut berhasil dilakukan, dan jika proses itu sudah berhasil dilakukan, maka file skema mesin TV Polytron U Slim tersebut akan tersimpan secara otomatis ke perangkat yang kamu gunakan.
  • Selesai, jika file sudah tersimpan secara otomatis, maka kamu bisa langsung melihat dan memperhatikannya dengan teliti.

Baca Dulu: Kode Remot TV Polytron LED 32 Inch

Skema horizontal TV Polytron U-Slim 21

Ada beberapa jenis kerusakan yang bisa terjadi ketika mesin horizontal TV Polytron U-Slim 21 ini mengalami masalah, dan beberapa jenis kerusakan tersebut adalah:

  • Kerusakan yang terjadi pada C812/15n 1,6kv akan menyebabkan TR horizontal jebol atau korslet. Umumnya, kerusakan ini akan ditandai dengan indikator yang mati.
  • Kerusakan yang terjadi pada C817/82n 630v akan menyebabkan gambar menjadi lebih besar atau ngezoom, sehingga logo dari siaran TV hanya bisa terlihat setengahnya saja.
  • Kerusakan yang terjadi pada C801/300n 800v akan menyebabkan gambar mengecil dan hanya terlihat satu garis vertikal saja. Jika kondisi ini terus diabaikan, maka TR horizontal akan rusak juga.
  • Kerusakan yang terjadi pada bagian flyback akan menyebabkan B+ mengalami drop, sehingga TR Hor juga akan cepat panas dan risiko terjadinya korslet akan semakin tinggi.

Baca juga:

Dengan melihat skema mesin TV Polytron U Slim 21 yang ada di atas, kamu bisa lebih mudah mengenali spesifikasi dari TV yang kamu miliki. Jadi, ketika ada kerusakan yang dialami TV tersebut, kamu bisa langsung mengatasinya dengan cara yang tepat.

Cara Mengukur Tegangan Tv Polytron U Slim sudah dijelaskan secara rinci dan semoga dapat bermanfaat.

Leave a Comment